Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 23 November 2020

Selain Iritasi dan Kebutaan, Dokter Spesialis Ini Ungkap Hal Lain Pemakaian Air Daun Sirih

 Sebagian masyarakat telah mengenal manfaat tanaman dan tumbuhan sekitar lingkungan untuk pengobatan dan menyembuhkan gejala penyakit tertentu. Salah satu bahan alami yang cukup populer adalah Daun Sirih.

Masyarakat yang mengalami masalah gangguan kesehatan pada umumnya datang ke dokter terdekat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau rumah sakit. Namun sebagian lagi sering menggunakan pengobatan herbal dari daun sirih untuk meredakan problem antiseptik, analgesik dan menggurangi darah yang keluar akibat luka. 

Daun sirih yang sering dipakai manusia dengan mengonsumsi secara langsung atau mengoleskan, terkadang direbus untuk memperoleh air rebusan yang dianggap bisa mengatasi peradangan dan mempercepat pemulihan luka.

Dilansir Liputan6 seperti yang diungkapkan dokter spesialis mata Ferdiriva Hamzah, SpM(K) melalui media sosial Twitter @ferdiriva, ternyata air rebusan atau rendaman daun sirih bisa menyebabkan masalah kesehatan, khususnya mata.

Dok Pixabay

Kandungan zat yang terdapat dalam daun sirih yang sering dipakai untuk pengobatan luka luar, rata-rata digunakan untuk gatal, penyakit mata belek hingga mata merah.

Pengobatan herbal air rendaman daun sirih tidak jarang diberikan pada anak kecil oleh sebagian orang tua karena mendapat informasi sejak turun temurun.

Kegunaan daun sirih yang sering tidak tepat dan belum teruji secara klinis, ternyata bisa meningkatkan resiko fungsi mata menjadi berkurang.

Menurut dr. Ferdiriva Hamzah dokter spesialis mata, air rendaman berasal dari daun sirih atau dari jenis bunga lain sebaiknya dihentikan untuk mencegah timbul masalah lain.

Saat kornea mata yang terluka terkena air rendaman bisa mengundang jamur berkembang biak. Korban kerusakan mata permanen sudah cukup banyak terjadi, tambahnya.

Penjelasan senada diungkapkan dr. Valda Garcia dalam tulisannya di KlikDokter. Menurutnya pH yang terdapat dalam air rendaman atau rebusan daun sirih tidak sama dengan pH normal untuk permukaan mata.

Beberapa kemungkinan dari perbedaan pH tersebut akan menimbulkan tingkat keasaman dan bisa berbahaya jika mengenai luka pada kornea atau ulkus kornea.

Jika tidak ditangani secara medis dengan cepat, infeksi yang terjadi dari microorganisme dapat menyebabkan kebutaan.

Pengobatan tradisional dengan bahan alamiah seperti daun sirih sudah dipakai sejak lama secara turun temurun. Namun bahan pengobatan yang tidak bersih dan dipakai pada permukaan sensitif, justru membawa masalah baru yang tidak diinginkan. 

Cara yang paling efektif memilih pengobatan tradisional, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kesehatan seperti dokter spesialis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar