Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 05 November 2020

Selain Bagus untuk Penderita Diabetes, Manfaat Kesehatan Lainya Mengonsumsi Pare


Siapa yang tak kenal dengan Pare? Pare atau sering disebut Peria merupakan tumbuhan merambat yang mudah kita temui dalam wilayah tropis seperti Indonesia. Penggunaan pare dalam dunia kesehatan tradisional sudah terkenal memberi manfaat besar bagi dunia pengobatan. Selain banyak dikonsumsi sebagai sayuran di rumah, tren makanan tertentu juga menggunakan Pare sebagai bahan utama menu resep mereka.

Selain Bagus untuk Penderita Diabetes, Manfaat Kesehatan Lainya Mengonsumsi Pare



Tumbuhan merambat Pare sudah digunakan negara Asia Timur seperti Jepang, Korea hingga Cina sebagai bahan pengobatan penyakit tertentu. 

Pare biasanya sangat bagus untuk menyembuhkan masalah gangguan pencernaan sampai di olah menjadi sejenis minuman khusus untuk meningkatkan semangat.

Selain kandungan Pare yang lebih besar dua kali dari brokoli untuk mencegah penyakit serangan jantung dan penyakit kanker, tumbuhan merambat ini bisa menyembuhkan mencret untuk usia anak kecil hingga menurunkan demam.

Kaitan Pare dengan Diabetes


Penyakit diabetes juga dikenal sebagai penyakit kencing manis dalam masyarakat luas. Manfaat pare untuk penderita diabetes sudah terbukti dalam mengurangi kadar gula dalam darah sehingga membawa khasiat yang besar dalam dunia kesehatan.

Ciri khas yang paling mudah dikenali dari Pare saat memakan adalah rasa yang pahit. Dari rasa pahit pare inilah kandungan nutrisi, vitamin hingga zat penting lainnya berguna mengurangi dan meredakan berbagai penyakit tertentu.

Dilansir dari situs kesehatan Healthline, kelebihan dari tanaman merambat ini sangat banyak. Mulai dari bahan pengobatan penyakit darah tinggi, kanker dan diabetes.

Keunggulan Pare mengatasi Diabetes


Ada banyak keunggulan yang bisa kita manfaat dari tumbuhan merambat ini. Pare memberi banyak manfaat kesehatan yang besar selain untuk bahan obat secara tradisional.

Rangkuman beberapa kelebihan tanaman Pare bagi kesehatan manusia, diantaranya:
  1. Membuat stabil kadar gula dalam darah
  2. Meningkatkan produktivitas insulin
  3. Menjaga berat badan ideal dari kegemukan

Membuat stabil kadar gula dalam darah


Alasan tanaman pare bisa efektif sebagai menu yang dikonsumsi sebagai penderita diabetes adalah kandungan senyawa yang ada dapat mengontrol kadar gula dalam darah menjadi stabil.

Penelitian tentang manfaat pare membawa kegunaan cukup penting adalah senyawa charantin dan polipeptida-P. Dalam formulasi pengobatan menggunakan kedua senyawa ini, juga sebagai obat anti diabetes di toko obat.

Manfaat senyawa charantin untuk memberi stimulasi kemampuan kelenjar pankreas tetap produktif menghasilkan insulin. Bagi penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi, insulin akan melakukan stimulasi glukosa menjadi senyawa glikogen.

Manfaat senyawa polypeptida-P adalah fungsi untuk menurunkan kadar glukosa yang terdapat dalam darah.

Meningkatkan produktivitas insulin


Kelebihan senyawa yang ada dalam tanaman perambat pare sering menjadi pengobatan secara tradisional hingga modern. 

Studi Departemen Kesehatan Filipina, 2007 mengungkapkan pare yang menjadi konsumsi setiap 100 mg sesuai berat badan manusia, memiliki fungsi yang hampir sama dengan 2,5 mg obat anti diabetes, yang biasanya diminum 2 tablet dalam sehari.

Tidak heran jika dukungan dunia industri pada tanaman tersebut, tumbuhan merambat pare telah di produksi dalam kemasan tablet di ekstrak ke berbagai toko obat.

Menjaga berat badan ideal dari kegemukan


Kelebihan mengonsumsi buah dan sayuran telah banyak bukti kesehatan yang didapatkan menjaga kondisi tubuh manusia. Sama halnya pare jika menjadi menu makanan sehari-hari akan memberi kandungan serat yang kaya serat.

Keseimbangan serat bagi tubuh penderita diabetes bisa efektif menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Serat yang cukup bagi tubuh seseorang akan bertugas mengusir racun yang bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Serat sangat baik mengolah asupan lemak dan kolesterol dalam darah, selain itu masakan yang menggunakan bahan pare mudah dicerna usus pencernaan.

Cara memasak pare



Ciri khas pare yang memiliki rasa pahit, mungkin kurang disukai oleh sebagian anggota keluarga untuk mengonsumsi menjadi kebutuhan pokok sebagai makanan.

Cara memasak pare agar tidak terlalu pahit bisa memanfaatkan taburan garam sebelum mengolahnya.

Cara menghilangkan rasa pahit dalam pare sebelum dimasak adalah mencuci bersih terlebih dahulu. Biji-bijian dari pare dibuang dan kita potong dalam bentuk sesuai keinginan irisan maupun potongan kotak. 

Kemudian taburan garam secukupnya pada bagian pare yang terpotong tersebut di aduk hingga merata. Nantinya getah yang terdapat dalam pare akan keluar. 

Selanjutnya bilas dengan air bersih agar getah pare bisa menyingkir dan siap di olah menjadi masakan di rumah.

Cara menghilangkan pahit dari pare dapat menggunakan cara kombinasi jika dianggap perlu untuk menguatkan rasa yang berbeda.

Misalnya menaburkan gula secukupnya agar masakan lebih nikmat dengan rasa tambahan.

Cara menghilangkan rasa pahit pare dengan metode lain adalah daun jambu biji.

Ambil beberapa lembar daun biji untuk kita pakai sebagai rebusan setelah pare dipotong sesuai keinginan.

Demikian tulisan tentang manfaat kesehatan pare untuk penderita diabetes, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar