Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 02 November 2020

Kebiasaan Buruk yang Membuat Layar Ponsel Cepat Rusak


Kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan, ternyata bisa menjadi kebiasaan buruk yang membuat layar ponsel cepat rusak. Secanggih dan sehebat apa pun fitur smartphone yang dimiliki, jika layar ponsel sudah rusak akan membuat peralatan tidak bisa digunakan seperti biasa. Kerusakan yang terjadi pada layar ponsel sekecil apa pun, biasanya membuat fungsi menjadi tidak tepat.

Beberapa kebiasaan buruk bisa membuat layar ponsel cepat rusak, ada baiknya mulai diganti dengan cara memperlakukan ponsel menjadi lebih baik.

Dilansir dari situs mengulas kebiasaan buruk yang membawa resiko layar ponsel rusak, sedikitnya ada 6 tips bisa digunakan pada HP agar layarnya lebih awet dan tahan lama.

Kumpulan tip cara merawat layar ponsel tidak mudah rusak diringkas menjadi 6 tips yang perlu diketahui, diantaranya:
  • Memasang screen protector
  • Setting kalibrasi sesuai kenyamanan individu
  • Tap layar dengan jari
  • Menghindarkan ponsel pada suhu panas
  • Menyimpan ponsel di tempat aman
  • Rutin membersihkan layar sentuh HP

Memasang screen protector

Saat Anda membeli ponsel terbaru, rata-rata layar sentuh belum mendapatkan screen protector tambahan. Sementara ada juga distributor mengadakan promo dan penawaran smartphone terbaru memberikan hadiah secara cuma-cuma seperti pelindung tambahan untuk layar HP.

Jika ponsel terbaru belum mendapat perlindungan tambahan, sebaiknya segera memasangnya agar layar ponsel tidak mudah tergores. 

Manfaat memberi pelindungan pada layar ponsel tersebut cukup banyak. Misalnya menjaga kemungkinan terkena tumpahan air, kopi dan cairan lain, mencegah layar tergores saat terbentur dengan aspal dan bermanfaat menjaga fitur tetap berfungsi sesuai spesifikasi distributor.

Setting kalibrasi sesuai kenyamanan individu

Ponsel terbaru yang diluncurkan untuk pengguna, rata-rata mendapat setting standar dari pabrikan. Beberapa dari pemilik, mungkin saja merasa sensitif layar terlalu lambat atau justru sebaliknya, merasa terlalu cepat.

Jika layar ponsel dirasa kurang pas saat dipakai, kita bisa melakukan setting ulang untuk sensitivitas layar menggunakan kalibrasi layar. 

Tap layar dengan jari

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebagian orang pada ponsel adalah cara memakai tidak sesuai standar yang dibuat untuk smartphone tersebut.

Kebiasaan buruk tersebut misalnya mengoperasikan layar ponsel menggunakan kuku, benda benda lain untuk alasan tertentu.

Layar touch screen yang ada pada ponsel, dibuat secara khusus membawa suhu jari sehingga untuk menggunakan sesuai fungsinya dengan jari.

Kebiasaan buruk memperlakukan layar ponsel menggunakan kuku dan alat pendukung yang tidak sesuai spesifikasi ponsel, bisa merusak dan mengores permukaan Touchscreen.

Kebiasaan buruk lainnya bisa membuat layar ponsel menjadi rusak, yakni saat penekanan dilakukan berlebihan. 

Agar bagian layar sentuh ponsel berfungsi sesuai spesifikasi pabrikan dan juga terhindar dari goresan halus, sebaiknya menyentuh sewajarnya dengan jari tangan.

Menghindarkan ponsel dari suhu panas

Kebiasaan buruk yang tak pernah kita sangka bisa membuat layar ponsel cepat rusak. Salah satu contoh perlakuan smartphone secara sembarangan, ketika meletakan di sembarangan tempat sehingga bagian HP menjadi rusak.

Kredit foto: Pixabay.com

Kebiasaan buruk meletakan ponsel di tempat panas, seperti di atas microwave, CPU komputer, dan tempat lainnya terkena sinar matahari.

Tempat yang buruk sering dipakai meletakan ponsel, biasanya ada sebagian menyimpannya di atas televisi mengandung magnet atau permukaan miring mengundang resiko jatuh. 

Menyimpan ponsel di tempat aman

Kebiasaan buruk pada ponsel bisa membuat layar sentuh mudah rusak. Misalnya cara kita membawanya sembarangan seperti pada saku belakang atau tempat lain yang bisa membuat HP jatuh tanpa sengaja.

Rutin membersihkan layar sentuh HP


Cara menjaga layar sentuh ponsel lebih awet, bisa kita lakukan secara sederhana, yakni rutin membersihkan bagian layar ponsel.

Kebiasaan buruk cara memperlakukan ponsel akan membuat fungsinya menurun hingga akhirnya menyebabkan kerusakan.

Salah satu manfaat membersihkan layar ponsel adalah menghilangkan kotoran, minyak, noda hingga debu menempel pada permukaan layar smartphone.

Untuk membersihkan layar ponsel tersebut, pilih kain halus yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata.

Ada banyak kebiasaan buruk yang bisa membuat layar ponsel cepat rusak. Agar smartphone kita lebih awet, ada baiknya mengganti kebiasaan tersebut untuk membuat ponsel dan bagian lainnya berfungsi normal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar