Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 04 November 2020

Deretan Ponsel Terbaru Terlaris Pasar Global Q3 2020, Siapa Paling Banyak?


Pandemi corona yang melanda sebagian besar negara di belahan dunia mengakibatkan sejumlah kegiatan dan kegiatan menjadi turun sangat cepat. Efek yang cukup besar bisa kita lihat pada perekonomian hingga penurunan produktivitas di bidang yang masyarakat tekuni.

Belum lama ini, Lembaga riset Canalys merilis laporan tahunan deretan ponsel terbaru yang laris dalam pasar global. Pertumbuhan permintaan smartphone untuk Q3 tahun 2020 seluruh dunia, kini masuk sekitar 348 juta unit. Dari perbandingan tingkat pengapalan HP ke seluruh dunia, terjadi penurunan 1 persen YoY dengan jumlah peningkatan sekitar 22 persen dari kuartal sebelumnya.

Deretan ponsel terbaru yang terlaris dan diminati sebagian masyarakat Q3 2020, didominasi ponsel segmen low end yang berada dalam puncak HP terbanyak.

Masih dari laporan lembaga riset Canalys, Samsung masih tercatat sebagai merk smartphone yang memimpin dalam pasar global dengan angka kenaikan 2 persen dengan pengiriman sekitar 80,2 juta unit. Posisi pertama yang sempat dikuasai oleh Huawei, harus puas pada urutan kedua dengan angka penurunan sekitar 23 persen dan penjualan sekitar 51,7 juta unit.

Kejutan yang bisa diprediksi sebelumnya, urutan ketiga merk ponsel terlaris di pasar global adalah Xiaomi makin mantap masuk jajaran HP terlaris dalam pasar global pertama kalinya.

Ponsel Xiaomi yang datang dengan fitur andalan dalam kelas masing-masing, sebagian besar dikenal sebagai ponsel yang memberi opsi harga agak lebih murah dari HP kelas yang sama.

Sebutan ponsel Xiaomi sebagai smartphone kekinian dengan harga yang lebih terjangkau terbukti mampu mengapalkan sekitar 47,1 juta unit ke pasar global, yang berarti peningkatan hingga 45% dari produksi sebelumnya.

Merk lain yang harus puas di posisi keempat dalam laporan lembaga riset Canalys adalah iPhone 12 yang mencapai angka penjualan global sekitar 43,2 juta unit. 

Pengumuman smartphone terbaru iPhone 12 dianggap wajar karena saat diluncurkan termasuk baru, sekitar bulan Oktober 2020. Tingkat penjualan iPhone 12 tercatat mencapai hingga 43,2 juta unit.

Deretan ponsel terbaru dan terlaris dalam pasar global yang lainnya adalah Vivo, Oppo, dan Lenevo.

Menurut Analis Canalys Mo Jia, agresifitas Xiaomi membuat kinerja para pesaing utama, seperti Huawei anjlok drastis.

“Ada simetri di Q3, karena Xiaomi menambahkan 14,5 juta unit dan Huawei kehilangan 15,1 juta. Di Eropa, medan pertempuran utama, pengiriman Huawei turun 25%, sementara Xiaomi tumbuh 88%”, ujar Mo Jia.

Produk andalan Xiaomi yang melesat dan mendorong permintaan ponsel terbaru kelas entry level Redmi 9 yang membawa fitur andalan dan spesifikasi dari varian Redmi 8 dengan peningkatan pada beberapa kemampuan lebih baik lagi.

Spesifikasi ponsel Xiaomi Redmi 9


  • Technology GSM / HSPA / LTE
  • Dimensions 163.3 x 77 x 9.1 mm, 198 g 
  • Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Screen 6.53 inches, 1080 x 2340 pixels,, Corning Gorilla Glass 3, Android 10, MIUI 11, Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • CPU Octa-core, GPU Mali-G52 MC2
  • Memory 32GB/3GB RAM, 64GB/4GB RAM, 128GB/6GB RAM
  • Main Camera Quad 13 MP, SELFIE CAMERA 8 MP 
  • Battery 5020 mAh, Fast charging 18W

Tidak ada komentar:

Posting Komentar