Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 03 November 2020

Cara Mudah Melatih Anjing Penurut dan Berperilaku Disiplin

Sumber foto Pixabay

Keunikan merawat hewan peliharaan seperti anjing di rumah adalah majikan dan anggota keluarga bisa berinteraksi dengan mereka. Bentuk sosialisasi dengan hewan peliharaan tersebut jarang ditemukan pada sebagian besar pelihara yang lain. Diluar dari dunia anjing, hewan lain yang bisa diajak bermain dan merespon majikan, terdapat pada sebagian ras kucing tertentu.

Anjing membawa genetik induk mereka yang menjadikan proses merespon pengalaman yang terjadi akan berbeda tiap ras anjing dimiliki pemilik. Selain faktor pengaruh gen induk anjing, karakter dan perilaku anjing akan terbentuk dari cara memperlakukan mereka sebagai hewan peliharaan.

Cara Mudah Melatih Anjing Penurut dan Berperilaku Disiplin


Karakter dan perilaku anjing yang dirawat sebagai hewan peliharaan memiliki pribadi yang menyenangkan. Sementara dalam beberapa cerita disampaikan pemilik anjing yang lain, terselip ungkapan sebagian karakter dan perilaku hewan peliharaan yang tidak disukai.

Untuk merubah karakter dan perilaku anjing di rumah dimungkinkan Anda lakukan secara perlahan hingga terbentuk karakter dan perilaku yang diharapkan dilakukan mereka. 

Solusi alternatif lainnya dalam mengubah dan membentuk karakter dan kepribadian anjing lebih baik adalah melakukan konsultasi dengan pelatih anjing profesional.

Keinginan pemilik hewan peliharaan anjing agar bisa melatih dan mendidik menjadi penurut dan disiplin, bisa juga diterapkan secara mandiri dan konsisten pada hewan peliharaan.

Memahami naluri hewan


Bagian yang cukup penting sebelum memulai cara melatih anjing agar menjadi hewan penurut dengan perilaku disiplin adalah memulai dengan memahami insting mereka yang memberi respons berdasarkan naluri selama dialami.

Untuk memahami pembelajaran pelatihan anjing, 4 dasar terapan kebiasaan memperlakukan mereka sehingga memberikan respon seperti diinginkan oleh majikan.

1. Sikap tegas, tenang tanpa bersikap kasar


Ras anjing tertentu sebagian lahir membawa genetik pemimpin dan rata-rata menjadi pemimpin dalam kehidupan dunia hewan. Sifat dominan dimiliki hewan peliharaan, bisa membuat pemilik kesulitan untuk mengajar dan mendidik mereka menjadi hewan yang penurut dan memiliki perilaku disiplin.

Cara melatih anjing membawa karakter dan gen pemimpin, sikap tegas dan menunjukkan ketenangan dalam situasi yang dihadapi akan menjadi kunci awal melatih mereka.

Sikap tegas pada hewan bukan sama dengan perlakuan kasar dan tidak manusiawi terhadap mereka.

Sikap tenang dibutuhkan pelatih anjing saat berhadapan dengan mereka. Anjing memiliki kemampuan merasa sikap ragu dan cemas yang timbul dalam diri manusia. Sebagai hewan yang memiliki kelebihan pada indera penciuman, reseptor sarat indera penciuman anjing sangat peka membedakan aroma keringat dan bau-bau yang terjadi di sekitar mereka.

2. Memberi pemahaman jelas tentang batasan 


Cara melatih anjing agar bisa menjadi hewan penurut dan memberi respons perilaku disiplin adalah mengajarkan pemahaman yang jelas pada mereka. 

Pengenalan batasan yang menjadi aturan untuk anjing dalam rumah, dibutuhkan pemilik agar mereka tahu batasan yang boleh dilakukan sehingga tidak menjadi bablas dan bersifat menganggu berbuat onar.

Contoh pembentukan perilaku anjing dalam rumah, yakni mengenalkan pada mereka area yang diperbolehkan buang air kecil dan air besar.

Ada banyak pelatihan bisa diberikan untuk anjing Anda sehingga menjadi hewan yang penurut dan disiplin. 

3. Mengenalkan kebiasaan baik


Metode sederhana yang bisa diberikan pada hewan peliharaan menjadi anjing penurut dan disiplin adalah cara memperlakukan mereka secara tepat.

Pengenalan kebiasaan baik untuk anjing dapat dimulai saat pemilik dan anggota keluarga sedang makan. 

Beberapa kebiasaan yang buruk dari majikan atau anggota keluarga adalah memberikan makanan yang sedang dimakan untuk anjing. Banyak penyebab yang mendorong seseorang memberi makanan tersebut, salah satunya karena merasa tidak tega.

Kebiasaan memberi makanan saat pemilik dan anggota keluarga, secara perlahan membentuk perilaku pada anjing untuk menunggu anggota keluarga yang sedang makan.

Cara mencegah perilaku buruk anjing yang selalu menunggu aktivitas acara makan, usahakan memberi mereka makan terlebih dahulu.

Pengaruh buruk pemberi makan pada anjing berupa camilan, khususnya anggota keluarga sedang makan. Selain mendidik mereka selalu menunggu di bawah meja makan, juga mempengaruhi jam makan mereka tidak tepat waktu.

Camilan bisa mengenyangkan perut mereka sehingga tidak timbul rasa lapar. Oleh karena itulah keluhan pemilik anjing pada hewan peliharaan yang malas makan makanan yang diberikan untuk mereka, bisa disebabkan karena camilan yang diberikan sudah mengenyangkan mereka.

4. Olahraga dan kesibukan lain


Untuk mengubah karakter hewan yang terbentuk secara alamiah butuh proses dan sikap yang konsisten melakukannya. 

Cara mudah melatih anjing penurut dan berperilaku disiplin bisa dimulai saat kita melakukan interaksi bersama mereka. Pilih waktu terbaik mengajak mereka olahraga sambil berlatih beberapa trik yang ingin diajarkan pada mereka.

Agar proses melatih anjing lebih maksimal, gunakan waktu terbaik sebelum mereka di beri makan.

Penguatan bentuk latihan yang sudah sesuai, beri mereka hadiah berupa camilan kecil yang memiliki aroma kuat. 

Cara mudah melatih anjing menjadi hewan penurut dan disiplin butuh proses yang cukup panjang untuk individu yang belum berpengalaman. Anda bisa juga mencari solusi lain melatih mereka lewat pelatih anjing profesional yang ada di wilayah terdekat sekitar.

Catatan kecil cara mudah melatih anjing penurut dan berperilaku disiplin, tidak boleh menggunakan cara kasar dan kekerasan. Cara kasar dan cara perlakuan berlebihan pada anjing, tidak membentuk pribadi yang diharapkan. Kekasaran yang diterima mereka hanya menimbulkan rasa takut, bukan sikap respek untuk melakukan sungguh-sungguh. Selain itu, cara melatih anjing yang kasar dan berlebihan bisa mengundang resiko yang fatal saat mereka melihat sebuah peluang perlawanan pada anggota yang dianggap lemah.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar