Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 16 November 2020

Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas tetap Segar saat Dibutuhkan

 
Sumber Pixabay

Kebutuhan harian ibu rumah tangga yang memasak di rumah memerlukan pertimbangan waktu sekaligus menghemat biaya yang bisa dicegah. Salah satu metode paling umum dipilih, biasanya kebutuhan bahan sayuran dibeli dalam jumlah lebih banyak. Pertimbangan lainnya, ketika membeli sayuran di pasar modern atau pasar tradisional lebih banyak, selain harga yang mungkin lebih murah dari toko sebelah, bisa juga tawaran sayuran yang ada saat itu masih sangat segar dan bisa awet serta tahan lama disimpan. Oleh karena itu cara menyimpan sayuran tetap segar dan awet di kulkas perlu Anda ketahui.

Alat rumah tangga yang lumrah terdapat dalam rumah tangga modern seperti sekarang ini. Rata-rata banyak yang sudah memiliki lemari pendingin atau kulkas. Jika ibu rumah tangga ingin menjaga sayuran tetap awet dan segar setelah dibeli, maka kebutuhan alat rumah tangga kulkas menjadi perlu dipertimbangkan dimiliki di rumah.

Untuk mendapatkan tips mudah membeli kulkas atau lemari pendngin, Anda bisa membaca di artikel lain dalam situs infosingkat.com selain tulisan cara menyimpan sayuran tetap segar dan awet di kulkas.

Cara sederhana menyimpan sayuran tetap segar dan awet di kulkas


Kandungan yang terdapat dalam sayuran memiliki kadar air berbeda-beda sesuai jenis sayuran yang ingin disimpan dalam kulkas. Kemampuan kesegaran sayuran setelah berada dalam lemari pendingin inilah menjadi faktor dasar yang mempengaruhi masa penyimpanan sayuran tersebut tetap awet atau menjadi busuk.

Untuk membuat sayuran yang dibeli lebih awet dan tahan lama sebelum digunakan, berikut tips yang perlu Anda ketahui:

  • Cara menyimpan sayuran tetap segar dan awet di kulkas
  • Cara pertama menjaga sayuran segar dan tidak mudah busuk adalah memisahkan jenis sayuran dengan kriteria yang tahan lama dan kurang kuat disimpan
  • Cuci sayuran dari kotoran yang mungkin masih menempel menggunakan air bersih atau bisa juga dengan lap kain bersih yang basuh air
  • Masukan sayuran sesuai jenisnya ke dalam wadah tempat penyimpan yang memiliki tutup kedap udara, plastik klip, atau membungkus menggunakan alumium foil
  • Masukkan ke dalam kulkas jika waktu pemakaian kurang dari 1 bulan dan meletakkan di bagian freezer jika sayuran tersebut butuh waktu hingga beberapa bulan ke depan
  • Pembungkus untuk sayuran dengan kertas atau plastik akan semakin awet dan tahan lama jika diberi beberapa lubang
  • Usahakan menyimpan sayuran dalam bentuk utuh
  • Gunakan suhu ruangan kulkas dengan tepat sesuai jenis bahan

Dilansir situs Aquajapanid, setting suhu ruangan kulkas membutuhkan penyesuaian yang tepat untuk jenis bahan yang akan disampan nanti.

Jika Anda ingin menyimpan bahan makanan menggunakan suhu ruangan kulkas 2 pintu, freezer, atau cooler. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, agar tidak selah memilih tempat penyimpanan untuk bahan makanan.

Beberapa contoh peralatan rumah tangga yang tersedia untuk menjaga keawetan bahan makanan, setiap rumah tangga mungkin punya kapasitas pengaturan suhu berbeda-beda. Jika lemari pendingin Anda dilengkapi pengaturan suhu sesuai ruangan yang tersedia, maka bisa dimaksimalkan pemakaiannya untuk sayuran agar lebih awet dan tetap segar.

Tips dasar mengatur suhu ruangan kulkas berdasarkan jenis sayuran, bahan makanan dan  minuman

Sumber Pixabay


  • Lemari pendingin dengan pengaturan suhu 10°C - 15°C sangat baik menjadi tempat sayuran, minuman, buah, dan makanan yang ingin dipakai dalam kondisi dingin.
  • Lemari pendingin dengan pengaturan suhu 1°C ~ 4°C sangat baik dipakai sebagai tempat makanan siap santap atau telur.
  • Lemari pendingin dengan pengaturan suhu -5°C sangat baik difungsikan pada daging seperti unggas, ikan, dengan waktu tidak lebih dari 3 hari.

Jika ibu rumah tangga ingin cara yang lebih praktis lagi dan efisien menyimpan sayuran, bahan makanan lain dan minuman dalam lemari pendingin pada 1 tempat. Ada pilihan cerdas menggunakan kulkas multi door AQR-IG625AM dari AQUA Japan.

Kelebihan dari kulkas multi door AQR-IG625AM dari AQUA Japan adalah fitur ruang My Zone yang lebih mudah diatur dan ketersedian ruang penyimpanan fleksibel untuk banyak fitur yang terdapat pada kulkas modern.

Misalnya dalam fitur kulkas modern dan kekinian yang cukup banyak dicari calon pengguna dalam rumah tangga, seperti Freezer, Soft Frozen, dan Cooler serta fitur tambahan lain yang dibutuhkan untuk menjaga sayuran, makanan dan bahan lain tetap segar dan tidak mudah rusak.

Jika Anda sempat untuk memeriksa kondisi terkini sayuran dan bahan makanan lain yang disimpan dalam kulkas, jangan lupa untuk melihat minimal beberapa hari ke depan kondisi dan kualitas sayuran tersebut.

Kemampuan lain dalam menata sayuran juga penting. Jika sayuran bisa di tata dengan tepat dan sesuai dengan jenisnya di dalam rak. Anda bisa mendapatkan tempat yang lebih luas menyimpan bahan sayuran, minuman dan makanan lebih banyak sesuai kapasitas lemari pendingin.

Cara memisahkan jenis sayuran sebelum disimpan dalam kulkas agar tetap awet dan segar

Sumber Pixabay


Jenis sayuran yang dibeli bisa berbeda-beda dalam rumah tangga. Untuk menjaga kesegaran dan daya tahan sayuran tersebut tetap awet, maka dibutuhkan waktu tambahan sebelum meletakkan dalam kulkas.

Saat Anda membeli sayuran yang memiliki bagian agar rusak. Jenis sayuran yang memiliki ciri dan tanda seperti menguning dan kecoklatan, menandakan agak menjadi busuk. 

Untuk mendapatkan ciri dan tanda sayuran yang mudah busuk dari warna. Sebaiknya dilihat lebih jelas lagi pada tiap jenis sayuran masing-masing.

Jika sayuran yang akan disimpan tersebut mempunyai tanda sudah rusak atau busuk. Potong atau membuang sebelum dimasukkan dalam lemari pendingin.
Bagian dari sayuran yang busuk dan tidak dibersihkan saat dimasukkan dalam lemari pendingin, mudah menjalar dan membuat sayuran lain menjadi rusak

Membersihkan dan Keringkan Sayuran Sebelum Disimpan
Setelah jenis sayuran telah dibersihkan dari bagian yang memiliki ciri busuk dan rusak. Jangan lupa untuk membersihkan dengan air mengalir menggunakan sabun anti-bakteri. Cara lain untuk membersihkan sayuran bisa dengan kain bersih yang direndam dalam air atau menurut petunjuk ahli kesehatan.

Manfaat membersihkan sayuran sebelum disimpan dalam lemari pendingin untuk membuang bakteri dan kotoran yang mungkin saja masih ada pada permukaan. Kondisi sayuran yang terdapat bakteri hingga kotoran yang disimpan dalam lemari pendingin, menjadi sumber mempercepat pembusukan pada bahan makanan tersebut.

Jika sudah bersih. Sayuran yang akan disimpan dalam kulkas perlu dikeringkan
Bungkus dengan Kertas atau Plastik Berlubang. 

Jika ibu rumah tangga ingin sayuran yang disimpan memiliki waktu lebih lama lagi, pemakaian wadah tertutup untuk sayuran yang tidak cepat dipakai tidak disarankan dengan wadah tertutup rapat.

Alasan menggunakan wadah tertutup untuk sayuran yang tidak terpakai beberapa hari kurang tepat, yakni sayuran tersebut butuh oksigen untuk menjaga kondisi kesegaran. Oleh karenanya sarana yang paling pas dengan memakai kertas atau plastik yang dibuat lubang.

Cara menyimpan jenis sayuran jamur di kulkas

Sumber Pixabay


Mengenal masalah yang mungkin timbul pada jenis sayuran sangat penting menjaga kesegaran bahan tersebut tetap awet dan tidak mudah rusak. Misalnya pemakaian bahan sejenis kertas, bisa menjadi solusi dan mencegah suhu kulkas menyerap mutu sayuran sementara plastik yang dibuat dengan lubang akan memberi akses aliran udara.

Tips dasar untuk sayuran jenis jamur yang disimpan di dalam ruangan kulkas, wajib dibungkus dengan kertas. 

Perbedaan sayuran dan bahan makanan jenis jamur ketika diletakkan di suatu tempat. Rata-rata daya tahannya kurang baik karena mudah lembab dan busuk jika dibungkus dalam plastik.

Cara menyimpan sayuran dan buah-buahan secara khusus

Beberapa dari jenis sayuran dan buah-buahan tertentu, sebagian membutuhkan perhatian yang lebih jeli agar kesegaran terjaga dan tidak mudah busuk. Misalnya pada jenis buah-buahan yang menimbulkan zat etilen selama dalam penyimpanan. Zat etilen ini bisa membuat sayuran dan buahan mudah matang.

Cara menyimpan sayuran tetap segar dan awet di kulkas dengan pilihan yang lebih tepat untuk mendapatkan waktu penyimpan lebih panjang dan tetap awet pada sayuran dalam kulkas. Sebaiknya tiap buah, sayuran dan bumbu dapur seperti bawang dan lainnya di pisahkan sesuai ruangan masing-masing dalam 1 tempat.

Tips lengkap menjaga sayuran selalu segar, awet dan tahan lama dalam lemari pendingin kulkas.

Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas tetap Segar saat Dibutuhkan


  • Simpan sayuran dalam kondisi utuh
  • Menggunakan suhu sesuai jenis sayuran, makanan dan minuman
  • Jika mendapati bagian sayuran yang layu, menguning, kecoklatan atau sudah membusuk, segera di buang untuk mencegah menjalar ke bagian lain. Selain itu mencegah kerusakan pada sayuran lainnya.
  • Menyimpan dan mengatur jenis sayuran sesuai dengan jeni dan rak tersedia. Sayuran dengan warna hijau seperti kangkung, sawi, dan bayam di rak terbawah karena suhu ruangan kulkas ini memiliki tingkat lebih stabil dari faktor pengaruh pintu lemari pendingin saat di buka tutup pengguna.
  • Rak tengah pada lemari pendingin, ideal sebagai tempat untuk sayuran mengandung kadar air rendah seperti wortel, kol, buncis, dan kacang panjang.
  • Rak atas kulkas disarankan untuk jenis sayuran yang memiliki kandungan kadar air tinggi seperti mentimun, cabai, terong, dan paprika.

Jika Anda ingin menjaga sayuran lebih segar dan awet kualitasnya dalam waktu lebih panjang. Bagian ruangan dari lemari pendingin seperti freezer lebih bagus dipakai jika bahan tersebut tidak dipakai dalam beberapa hari ke depan.

Demikian tips sederhana cara menyimpan sayuran tetap segar dan awet di kulkas, semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar