Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 16 November 2020

Cara menyimpan cabai tahan lama

Sumber Pixabay

Ibu rumah tangga sering kerepotan menjaga sumber bahan makanan agar bisa tahan lama setelah di beli di pasar modern atau pasar tradisional. Munculnya masalah ini, biasanya dari tidak tahunya cara menyimpan beberapa jenis bahan dapur yang lebih tepat.

Salah satu bahan yang mudah busuk dan kesegaran menjadi berkurang dibanding awal membeli adalah cabai.

Jika Anda termasuk salah satu penikmat masakan menggunakan cabai di rumah, berikut cara menyimpan cabai tahan lama dan awet sehingga bisa selalu segar berkisar 2 minggu hingga beberapa bulan ke depan.

Cara menyimpan cabai tahan lama


Untuk menyimpan cabai yang baru dibeli dalam jumlah banyak. Anda butuh tempat penyimpan yang memiliki wadah penutup kedap udara.

Selain penggunaan wadah yang sesuai dengan stok cabai yang akan disimpan nanti. Beberapa tips lainnya yang perlu dipakai sehingga cabai lebih tahan lama dan tetap segar.

1. Wadah dengan penutup

Cara menyimpan cabai yang paling efektif menjaga kesegaran bahan tersebut selalu prima dengan memasukkan ke dalam wadah penutup rapat. 

Setelah ditutup dengan wadah yang tepat dan sesuai dengan banyaknya stok cabai. Selanjutnya memasukkan ke dalam kulkas bagian tengah.

2. Menambah masa awet cabai beberapa bulan

Sementara sebagian ibu rumah tangga yang membeli cabai dalam jumlah besar. Waktu beberapa minggu bisa kurang maksimal menjaga bentuk cabai tersebut selalu segar.

Jika ingin menjaga kesegaran cabai tetap awet dan tahan lama lebih dari beberapa minggu, kita perlu menambahkan bahan lain.

Kupas beberapa siur bawang putih dan siapkan tisu kering sebagai alas dalam wadah.

Cara membuat cabai lebih awet dan tahan lama hingga beberapa bulan dengan menambah kupasan bawang putih di bagian atas cabai.

Manfaat pemakaian bawang putih yang dikupas tadi adalah menyerap udara lembab yang berada dalam wadah penyimpanan cabai.

3. Menggunakan freezer

Cara menyimpan cabai agar awet dan tahan lama sebelum digunakan bisa memakai cara alternatif lain. 

Jika stok cabai yang dibeli di pasar modern atau pasar tradisional sangat banyak. Pilih penyimpanan cabai yang sudah tertutup dengan bawang putih dan tisu kering di bagian freezer kulkas.

Cabai yang sudah disimpan dan diletakkan di freezer lebih awet dan tahan lama karena mengalami proses pembekuan menjadi seperti es batu. 

Alat pendukung lain untuk menyimpan cabai selalu segar dan tahan lama


Selain memakai wadah yang memiliki penutup kedap udara. Jika stok cabai kurang maksimal menggunakan alat rumah tangga seperti ini, bisa juga dengan alternatif lain.

Cabai yang disimpan dengan wadah bisa menyulitkan pemakaian tempat, ditambah lagi stok wadah yang mungkin saja tidak begitu banyak pilihan.

Alternatif cara menyimpan cabai selalu segar terbebas busuk adalah menggunakan plastik mode klip dengan tips yang sama seperti diatas.

Pilihan lainnya menyimpan cabai di rumah bebas dari busuk dan tahan lama dengan memakai alumium foil.

Terapan pemakaian alumium foil pada bahan cabai, biasanya efektif untuk wadah yang lebih ceper seperti piring. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar