Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 02 November 2020

Cara Menjaga Layar Ponsel Touchscreen Lebih Awet

Kredit foto: Pixabay.com

Perkembangan dunia informasi yang diberikan pada peralatan, jauh semakin canggih meninggalkan cara pemakaian yang lebih rumit saat era sebelumnya. Salah satu contohnya yang bisa kita lihat dari ponsel terbaru dikeluarkan, rata-rata mengandalkan teknologi layar sentuh di smartphone.

Banyak manfaat yang didapat dari ponsel layar sentuh dari ponsel yang menggunakan keyboard secara fisik. Beberapa keunggulan utama pada layar ponsel sentuh, misalnya tampilan layar lebih luas sehingga dapat menciptakan kenyamanan mata saat bermain game online, streaming dan aktivitas lain.

Aktivitas yang paling lama menggunakan ponsel layar lebar cukup digandrungi masyarakat, seperti memainkan game online, game offline sampai kepada tontonan yang disajikan dalam Youtube.

Cara menjaga layar ponsel Touchscreen lebih awet


Produksi peralatan sejenis smartphone, kita tahu biaya untuk memiliki juga tidak murah. Tidak ada salahnya jika kita lebih berhati-hati menjaga kondisi HP yang dimiliki lebih awet dan tahan lama.

Cara menjaga layar sentuh ponsel agar tahan lama digunakan, bisa dari kebiasaan sehari-hari memperlakukan ponsel tersebut. 

Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan pada ponsel meletakan sembarangan. Untuk memilih tempat yang aman meletakan ponsel saat tidak digunakan, yakni mencari tempat yang aman dari kemungkinan benda tersebut jatuh.

Penyebab ponsel beresiko jatuh seperti terguncang saat diletakan di area miring, tersenggol tidak sengaja oleh orang lain atau menaruknya di tempat yang rawan kena tumpahan cairan seperti kopi dan minuman lainnya.

Dilansir dari situs tentang cara merawat dan menjaga layar sentuh ponsel tahan lama dan awet, ada beberapa tips yang bisa kita gunakan. Beberapa ringkasan singkat cara menjaga ponsel Touchscreen lebih awet, diantaranya:
  • melapisi bagian kaca dengan lapisan pelindung
  • rutin membersih layar sentuh dengan kain halus
  • pasang pelindung tambahan pada bodi ponsel

Melapisi layar sentuh dengan lapisan pelindung tambahan


Salah satu fitur yang terdapat dalam ponsel terbaru, rata-rata sudah menggunakan kaca yang kuat. 

Anda bisa membuat layar sentuh lebih awet dan tahan lama dengan memasang tempered glass tambahan seperti screen protector.

Lapisan pelindung kaca dalam ponsel tersebut akan memberi manfaat ganda sebagai pengamanan lebih dari kerusakan fisik tidak sengaja.

Kita tak pernah tahu, kapan musibah kecil datang secara tak terduga, yakni saat ponsel jatuh dan membuat layar sentuh menjadi pecah ataupun tergores halus.

Seandainya smartphone tersebut jatuh dan membuat goresan pada layar sentuh, alternatif penganti lebih murah, yakni hanya mengganti layar pelindung kaca Touchscreen dengan harga yang lebih murah dibanding mengganti kaca ponsel tersebut.

Manfaat lainnya memakai lapisan pelindung pada layar sentuh HP adalah menjaga pecahan kaca agar tidak tajam sehingga membahayakan dan melukai diri sendiri.

Perekat yang kuat disediakan lapisan pelindung kaca tersebut, mampu menahan pecahan kaca menjadi potongan yang kecil dan menempel di sisi lapisan.

Rutin membersih layar sentuh dengan kain halus


Aktivitas yang selalu sibuk ditambah lagi waktu bersama ponsel tersebut banyak di luar ruangan bisa membuat bagian layar sentuh mudah kotor. Debu, keringat, noda dan kotoran yang tidak terlihat secara langsung, selain membawa resiko penyakit untuk wajah, juga mempengaruhi kenyamanan saat menggunakan layar sentuh.

Layar sentuh ponsel yang kotor berisikan debu, keringat dan noda akan membuat rasa tidak nyaman digunakan.

Cara menjaga layar ponsel Touchscreen tetap awet dan tahan lama, salah satunya adalah menjaga kebersihan layar. 

Anda bisa membersihkan layar sentuh pada ponsel dengan bahan dasar microfiber cloth. Biasanya kain bahan microfiber cloth digunakan untuk membersihkan kacamata karena tekstur kainnya lembut. 

Kebiasaan buruk pengguna smartphone layar sentuh, sering membersihkan bagian layar sembarangan menggunakan kain apa pun. Kain yang kasar dan teksturnya kaku, bisa saja membuat goresan halus secara tidak sengaja.

Cara membersihkan layar sentuh yang ada pada HP, pola membersihkannya dengan teknik mengusap sambil memutar.

Pasang pelindung tambahan pada bodi ponsel


Cara menjaga layar sentuh ponsel tetap awet adalah memberi pelindung tambahan pada casing bodinya. 

Salah satu alasan pemilik ponsel jarang memakai casing pelindung, rata-rata akibat tampilannya menjadi lebih besar dan kurang cocok pada sebagian orang yang memiliki ukuran tangan kurang sesuai.

Manfaat memasang pelindung tambahan di bodi smartphone adalah menjaga resiko saat jatuh dengan posisi tegak.

Getaran jatuhnya ponsel dari posisi tegak lebih membawa resiko kerusakan layar sentuh hingga kemungkinan retak bagian sisinya.

Cara menjaga layar sentuh ponsel tetap awet sangat perlu untuk menjaga Touchscreen tidak mudah rusak. Selain itu kebiasaan buruk cara memperlakukan smartphone, perlu kita rubah supaya tidak mudah jatuh dan menjadi rusak.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar