Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 10 November 2020

Cara Mencegah Diabetes Lebih Awal saat Keluarga Punya Riwayat Kesehatan dengan Diabetes

Ilustrasi keluarga mengadakan makan bersama (Dok Pixabay)


Ada banyak faktor pengaruh yang saling berkaitan terhadap kesehatan seseorang. Mulai dari faktor ekonomi, lingkungan, genetik hingga pola makan dan faktor penyebab lain yang bisa membuat individu semakin sehat atau sebaliknya.

Dilansir dari data Internasional Diabetes Federation (IDF), ada sekitar 90 persen penderita diabetes berasal dari jenis diabetes tipe 2. Dalam sebutan dunia kesehatan, diabetes tipe 2 dikenal dengan diabetes melitus.

Ketika kita mengetahui tentang riwayat dalam keluarga, ada yang mengalami diabetes melitus, catatan kesehatan tersebut sebaiknya tidak membuat menjadi panik.

Mengutip penjelasan pakar penyakit dalam, Prof Dr. dr Sidartawan Soegondo, hal ini masih dimungkinkan dicegah meski ada salah satu keluarga yang mengalami penyakit tersebut.

Dalam keterangan yang disampaikan Sidartawan untuk media berita kesehatan, hal terpenting cara mencegah diabetes ebih awal saat keluarga punya riwayat kesehatan dengan Diabetes adalah menggunakan gaya hidup sehat.

Selain menerapkan pola hidup sehat yang dimulai pada makanan yang baik. Jenis makanan yang efektif mencegah timbulnya diabetes adalah menghindari pemicunya. 

Di samping itu pakar penyakit dalam menambahkan, kegiatan olahraga yang rutin sesuai saran ahli kesehatan, juga menghindari rokok.

"Jadi memang harus kembali pada diri kita sendiri dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Diabetes bisa dicegah walau kita ada keturuanan keluarga diabetes," ujar Prof. Sidartawan dalam acara World Diabetes Day 2020 bersama Diabetasol.

Cara Mencegah Diabetes Lebih Awal saat Keluarga Punya Riwayat Kesehatan dengan Diabetes


Apa saja hal yang perlu diketahui seseorang yang memiliki riwayat keluarga diabetes?


Faktor pencegahan adalah langkah awal yang perlu menjadi perhatian seseorang saat keluarga memiliki riwayat kesehatan dengan diabetes.

Menurut pakar kesehatan tersebut, langkah pencegahan bisa di mulai dengan kebiasaan rutin memeriksa kadar gula darah dan beberapa kemungkinan penyakit lainnya.

Pemeriksaan penyakit lain yang memicu gejala diabetes, sebaiknya tidak harus menunggu timbulnya gejala, baru mendatangi pusat pelayanan kesehatan.

Kapan waktu ideal memeriksa kadar gula darah dan pengecekan kesehatan ke dokter?

Dilansir penjelasan Dr. dr. Sony Wibisono, waktu pemeriksaan gula darah bisa dilakukan setiap 1 kali dalam setahun.

Ada banyak pemeriksaan yang perlu dilakukan, seperti gula darah, tekanan darah, kolesterol, trigliserida hingga pola makan.

Namun waktu ideal untuk seseorang yang memiliki faktor resiko diabetes, ada baiknya memeriksa sekitar 3-6 bulan sekali. Sedangkan untuk keluarga yang normal bisa melakukan setiap 1-3 tahun sekali.

Ciri dan gejala Diabetes 


Penyakit diabetes sering terlambat di cegah karena sebagian dari masyarakat belum mengetahui ciri-ciri dan gejala diabetes.

Jika seseorang memulai kebiasaan memeriksa kesehatan secara rutin ke dokter, maka kemungkinan timbulnya diabetes bisa di cegah sehingga membuka peluang kesembuhan dan menurunkan komplikasi penyakit lain makin menurun.

Dilansir situs kesehatan, beberapa ciri dan gejala awal yang sering diabaikan, yakni:
  1. kebiasaan sering buang air kecil
  2. merasa cepat haus
  3. merasa cepat lapar
  4. berat badan menurun tidak normal
  5. permukaan kulit menjadi kering
  6. mengalami proses kesembuhan yang lama pada luka
  7. menurunnya kemampuan indera penglihatan

Kebiasaan sering buang air kecil

Salah satu ciri-ciri yang menjadi gejala awal penyakit diabetes adalah kebiasaan seseorang yang mudah buang air kecil berlebihan. 

Umumnya peningkatan pola buang air kecil ini akan terjadi tidak mengenal waktu. Kecenderungan seseorang buang air kecil, khusus pada malam hari yang berlebihan, bisa mengindikasikan ciri penyakit diabetes awal karena kandungan kadar gula dalam darah terlalu tinggi sehingga ginjal menyalurkan ke organ lain untuk dibuang.

merasa cepat haus

Manusia yang memiliki kebiasaan buang air kecil secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi kekurangan cairan. Metabolisme tubuh yang normal akan mengirimkan sinyal berupa rasa haus sehingga bisa menjadi ciri dan gejala awal diabetes.

Tak jarang pola minum yang dilakukan untuk menghilangkan rasa haus, sering tidak reda meski telah minum banyak air.

Merasa cepat lapar

Pola makan yang sehat manusia bergantung dari banyak faktor yang mempengaruhi waktu makan. Namun beberapa ciri dan gejala awal penyakit diabetes sering ditandai dengan perut yang mudah lapar.

Faktor pendorong yang membuat seseorang menjadi merasa cepat lapar tersebut, yakni kemampuan hormon insulin dalam tubuh yang tidak berfungsi normal sehingga menjadi tidak maksimal.

Berat badan menurun tidak normal

Cara mencegah Diabetes lebih awal saat keluarga punya riwayat kesehatan dengan Diabetes adalah memperhatikan kondisi berat badan. 

Faktor pengaruh berat badan seseorang ditentukan banyak sebab, misalnya usia, konsumsi kalori hingga faktor lain.

Beberapa ciri dan gejala awal yang perlu diantisipasi terhadap penyakit diabetes ini saat penurunan berat badan yang tidak normal. 

Situasi tubuh yang tidak mampu membuat insulin mencukup kebutuhan, sering mengambil dari sumber lain yang didapatkan melalui makanan hingga tubuh mengandung protein, lemak dan otot.

Permukaan kulit menjadi kering

Sering mendapati kulit mudah kering, bisa menjadi ciri dan gejala awal tentang diabetes. Dilansir American Diabetes Association menyebutkan, sekitar 1 dari 3 orang yang mengalami ciri diabetes juga mengeluhkan keadaan kulit yang terasa kering dan gatal.

Mengalami proses kesembuhan yang lama pada luka

Faktor pengaruh yang menjadi ciri dan gejala awal kemungkinan penyakit diabetes adalah proses kesembuhan yang lama dari biasanya.

Misalnya seseorang mendapat gigitan nyamuk hingga menjadi gatal dan bengkak, biasanya proses kesembuhan bisa berlangsung lama. 

Tidak jarang luka yang terjadi akibat gigitan hewan lain, memar akibat terbentur dan luka lain, tak memperlihatkan tanda kesembuhan.

Menurunnya kemampuan indera penglihatan

Kemampuan daya indera penglihat menjadi normal jika menurun saat umur semakin tua. Yang menjadi perbedaan dari ciri dan gejala awal penyakit diabetes, biasanya penurunan kemampuan mata disertai pandangan menjadi buram, bahkan bisa dialami pada usia muda.

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang cukup banyak dialami masyarakat modern. Selain faktor pengaruh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, penyebab lain bisa karena gen keluarga.

Untuk memastikan kondisi kesehatan selalu prima, ada baiknya memeriksakan kesehatan Anda sesuai waktu yang ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar