Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 05 November 2020

Cara Memilih Kulkas Hemat Listrik


Peralatan rumah tangga sudah menjadi kebutuhan tambahan yang sulit ditolak dalam kehidupan sehari-hari masyarakat modern. Berbagai perlengkapan rumah tangga yang sebagian besar berfungsi meringankan pekerjaan ibu rumah tangga, mampu membuat waktu memasak hingga penyimpan bahan makanan dan minuman yang belum di olah lebih awet pada waktu lebih panjang.

Peralatan rumah tangga yang cukup banyak ada dalam hunian modern saat ini, misalnya kulkas atau lemari pendingin. Beberapa manfaat kulkas yang terdapat dalam rumah tangga, bisa berguna untuk menyimpan bahan makanan dan minuman yang dibeli selama belum sempat digunakan.

Mengapa kita perlu kulkas hemat energi?


Kita mungkin sudah tahu cara kulkas menjaga bahan makanan dan minuman tetap awet dan tidak rusak berasal dari sistem pendinginan 24 jam setiap hari. 

Tak mengherankan kulkas yang dibeli sembarangan tanpa memperhitungkan berbagai faktor dapat membawa masalah baru yang tidak pernah terpikirkan calon pembeli peralatan rumah tangga, khususnya lemari pendingin.

Kulkas bekerja 24 jam setiap hari yang berarti butuh sumber daya tenaga listrik yang sesuai kapasitas. 

Jika Anda ingin membeli kulkas hemat listrik, artikel ini sangat tepat dibaca habis sehingga tidak salah membeli kulkas untuk hunian idaman.

Cara memilih kulkas hemat listrik



Cara memilih perlengkapan rumah tangga hemat listrik sebenarnya bukan perkara sulit di jaman modern seperti sekarang. Perkembangan teknologi dunia industri untuk lemari pendingin sudah menawarkan kemudahan yang beragam sesuai kebutuhan calon pembeli.

Kulkas sebagai peralatan rumah tangga yang sering ada dalam hunian, memiliki fungsi tambahan berupa fitur dasar. Salah satunya jenis kulkas hemat listrik hingga jenis kulkas yang menawarkan tempat penyimpan sangat luas.

Tips pertama sebelum membeli kulkas, lemari pendingin yang termasuk hemat energi akan mencantumkan label "Energi Star" atau label lain seperti "Energy Saver."

Bandingkan beberapa merk kulkas terkenal yang sudah Anda ketahui, khususnya pada pemakaian listrik lemari pendingin tersebut.

Masing-masing kulkas hemat energi berdasarkan merk terkemuka bisa berbeda antara satu dengan lainnya, misalnya daya listrik dasar yang dipakai lemari pendingin.

Contoh untuk perbandingan kulkas hemat listrik tersebut menawarkan beberapa varian daya listrik rumah tangga. Misalnya ada peralatan rumah tangga lemari pendingin untuk listrik 900 Va, 1300 VA atau daya listrik yang lebih besar lagi.

Apa perbedaan daya listrik kulkas hemat energi dengan daya pemakaian lebih besar?


Sama-sama dilengkapi fitur hemat listrik, namun kulkas yang diproduksi tiap merek terkenal tersebut menjadi berbeda menyesuaikan kemampuan listrik rumah tangga.

Kelebihan yang terdapat pada peralatan rumah tangga hemat listrik kapasitas pemakaian lebih besar, biasanya fitur yang dipasang didalamnya.

Contoh fitur perlengkapan rumah tangga dengan penggunaan yang lebih besar, biasanya tambahan berupa kompresor inverter, teknologi multi air flow, fungsi ganda berupa dispenser, kapasitas penyimpan lebih luas, ukuran bodi lemari pendingin lebih besar, sampai kepada desain yang mewah hingga layanan Purna jual.

Mengenali dasar-dasar fitur kulkas hemat listrik



Seperti yang sudah diungkap tadi, faktor mempengaruhi kulkas semakin hemat listrik ditentukan seberapa banyak fitur idaman yang diinginkan calon pembeli peralatan rumah tangga.

Manfaat teknologi kompresor inverter kulkas

Manfaat teknologi kompresor inverter yang terpasang pada kulkas hemat listrik adalah kemampuan untuk membuat hawa panas dan hangat yang ada dalam kulkas. 

Bahan makanan dan minuman saat pertama kali di masukan dalam lemari pendingin untuk disimpan, sebagian besar suhunya lebih tinggi dari suhu ruangan kulkas itu sendiri. Hawa panas atau hangat tersebut akan didorong keluar dengan menggunakan sensor pengukur suhu berupa thermocouple.

Selain bekerja menyerap suhu yang tidak sesuai dari makanan atau minuman. Kemampuan lainnya kompresor inverter lemari pendingin tersebut menetralisir suhu hangat atau panas dari suhu ruangan yang masuk. 

Ketika pengguna membuka pintu lemari pendingin maka suhu ruangan menyebabkan tidak stabil dalam kulkas. Oleh karena itulah pintu kulkas yang terlalu sering di buka tutup berlebihan, biasanya akan membuat kompresor inverter bekerja semakin berat menurun suhu dalam lemari pendingin.

Saat pintu lemari pendingin dalam posisi terbuka, rata-rata teknologi kompresor inverter dalam kulkas tidak bekerja untuk menghemat pemakaian listrik.


Manfaat teknologi multi air flow

Fitur lain yang sering ada dalam peralatan rumah tangga adalah teknologi multi air flow. Jika lemari pendingin hemat listrik yang ingin Anda beli nanti ada tanda multi air flow, berarti kemampuan lemari pendingin tersebut bisa membuat suhu dalam kondisi tetap sama sesuai setingan suhu.

Jika lemari pendingin hemat listrik yang ingin Anda beli tidak terdapat teknologi multi air flow sebagai label, suhu dingin bergantung dari freezer yang dialirkan ke seluruh bagian dalamnya.

Manfaat dispenser sebagai fungsi ganda

Kulkas yang diproduksi dengan ukuran besar sebagian dari merk terkenal bisa saja memiliki fungsi ganda seperti dispenser. Desain penempatan dispenser yang terpasang dalam kulkas besar tentunya menambah kelengkapan yang dibutuhkan untuk mendapatkan air dingin atau panas tanpa membuka pintu kulkas.

Pemasangan dispenser pada lemari pendingin kulkas ini bisa menjadi opsi tambahan yang kita pertimbangkan kebutuhannya.

Sebagian calon pembeli mungkin menilai dispenser yang terpasang akan menambah pemakaian listrik menjadi lebih besar atau sebaliknya ada calon pembeli menilai fitur dispenser kulkas membuat biaya pengeluaran membeli dispenser bisa tercakup sekaligus.

Oleh karena itu, fungsi ganda untuk dispenser disesuaikan keperluan masing-masing calon pembeli.

Cara memilih kulkas hemat listrik berdasarkan kapasitas 



Selain fitur teknologi yang ada dalam kulkas menjadi faktor mempengaruhi pemakaian listrik di rumah, hal lain yang tak kalah penting sebelum membeli kulkas adalah ukuran yang diinginkan Anda.

Meski sebagian besar lemari pendingin menggunakan teknologi terbaru menghemat listrik, besaran ukuran kulkas yang akan dibeli memberi pengaruh cukup besar.

Oleh karenanya, Anda perlu memahami jenis kulkas sesuai ukuran dan kebutuhan masing-masing. Berikut tips sederhana untuk memilih kulkas hemat listrik berdasarkan kapasitas.

Kulkas kecil (mini refrigerator)

Ukuran kulkas kecil atau dikenal dengan mini refrigerator adalah lemari pendingin paling kecil yang ada saat ini. Rata-rata kapasitas yang tersedia mencapai maksimal 200 L dan cocok untuk calon pembeli yang hidup seorang diri.

Kulkas mini ada juga berukuran di bawah 200 L, misalnya kapasitas untuk 100 L dan daya tampung menjadi lebih kecil. 

Jika ingin mendapatkan kulkas hemat listrik berdasarkan ukuran dan gaya hidup yang masih sendiri, lemari pendingin sejenis ini sangat cocok dipilih Anda. 

Desain kulkas mini ini kurang begitu variatif dan hanya ada 1 pintu.

Kulkas kapasitas hingga 400 L

Pilihan peralatan rumah tangga yang kedua adalah kapasitas mencapai 400 L. Ukuran lemari pendingin ini menggunakan desain 2 pintu dengan besar ukuran yang banyak terlihat di berbagai produk pemasaran toko elektronik.

Kulkas hemat listrik ukuran sekitar 400 L biasanya telah menggunakan ruang pemisah dengan 2 pintu bukaan. Bagian atas lazim sebagai freezer dan bagian bawah untuk refrigerator dengan ukuran lebih besar. Peralatan rumah tangga ini cocok untuk keluarga kecil sekitar 4 orang dalam rumah.

Kulkas ukuran hingga 600 L

Pilihan ketiga cara memilih kulkas hemat listrik adalah tipe ukuran hingga 600 L. Biasanya perlengkapan rumah tangga seperti ini cocok untuk keluarga besar lebih dari 4 orang. Tipe perlengkapan rumah tangga kapasitas semakin besar menawarkan keleluasaan penyimpanan banyak bahan makanan dan minuman dalam ruangan.

Selain cara memilih kulkas hemat listrik membutuhkan ketepatan daya listrik, fitur yang ditawarkan hingga ukuran kapasitas. Tips sederhana dalam beberapa faktor mempengaruhi kulkas semakin irit dalam pemakaian listrik. 

Contoh sederhana dalam penempatan peralatan rumah tangga tersebut adalah lokasi harus pas dan tepat. 

Kulkas yang ideal berada pada ruangan tidak terkena sinar matahari secara langsung atau berdekatan dengan sumber panas lainnya. 

Selain itu kita bisa membuat kulkas semakin irit listrik dengan penempatan kulkas sesuai jarak yang sudah ditentukan pembuat alat elektronik tersebut.

Penempatan jarak yang tepat membuat sisi kulkas tidak rapat dengan dinding akan membantu meringankan kerja peralatan. 

Catatan kecil istilah dan fitur kulkas modern


  • Tempered glass = bagian kulkas mudah dilepas untuk dibersihkan jika kotor terkena tumpahan bahan makanan atau minuman.
  • fitur dry box = kulkas menawarkan ruangan terpisah untuk penyimpanan makanan atau minuman yang tidak memerlukan proses pendinginan. Fungsi lainnya adalah mencegah tercampurnya aroma menyebar ke bahan lain.
  • Teknologi bioshield = kulkas dengan label teknologi bioshield atau sejenisnya adalah peralatan rumah tangga yang memberi perlindungan makanan dan minuman dari bakteri dan jamur. Teknologi yang terdapat pada kulkas dengan label teknologi bioshield biasanya memiliki fitur pencegah bakteri dan jamur ramah untuk manusia.

Ada banyak fitur dan teknologi tersemat untuk peralatan rumah tangga seperti kulkas yang berbeda-beda. Namun sebagai info singkat cara memilih kulkas hemat listrik, biasanya semakin banyak fitur dan ukuran semakin besar, pemakaian listrik mungkin menjadi lebih besar juga.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar