Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 01 November 2020

Cara Membuat Google Form di Ponsel dan Komputer

Kredit foto: Google form

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih, kini semakin membuat waktu dan proses yang akan dikerjakan lebih cepat dan mudah. Salah satu fitur terbaru yang dikembangkan Google membantu pencari data adalah Google Forms.

Manfaat Google Form 


Meningkatnya kebutuhan masyarakat modern pada efisien dan cara yang semakin praktis, Google Form yang kita kenal sebagai Google Formulir dalam arti bahasa Indonesia, ternyata bisa memberi manfaat besar untuk kebutuhan perencanaan yang membutuhkan pemberitahuan skala luas.

Melalui Google Form inilah kita bisa membuat rencana seperti acara yang disiapkan menggunakan data tradisional menjadi lebih praktis dan modern.

Beberapa manfaat dari Google Form bisa juga berfungsi untuk mengirim dan menerima data dalam bentuk survei kepada kelompok yang diinginkan seperti para siswa hingga masyarakat.

Banyak keunggulan yang ditawarkan dari Google lewat layanan Google Form yang tak kalah hebatnya, yakni bisa terhubung dalam format spreadsheet sampai kepada urusan tanggapan yang bekerja secara otomatis.

Contoh penerapan Google Form 

  • Mengirim secara online dan real time 
  • Jumlah real time yang bisa ikut serta mencapai sekitar 50 orang sekaligus atau mengikuti fitur yang digunakan
  • Dapat berfungsi untuk mengunduh dan menyimpan berkas penting agar tidak rusak maupun hilang karena alasan tertentu
  • Dapat kita gunakan untuk mengirim pertanyaan, quis, survey hinggaa pertanyaan berbasis ulangan atau tugas dari dunia sekolah.

Cara menggunakan Google Formulir (Google Form)


Cara menggunakan Google form sangat mudah jika kita mengetahui langkah-langkah yang dibutuhkan untuk memakainya.

Di samping dukungan peralatan yang multi fungsi untuk menjalankan fitur form dengan mudah, aplikasi Google Form bisa dipakai dengan ponsel, komputer, laptop sampai iPhone.

Jika Anda memiliki HP dan ingin melakukan suatu pekerjaan menggunakan Google Formulir, berikut tahapan yang bisa digunakan:
buka situs resmi dari Google yang akan digunakan sebagai layanan. Berhubung kita akan memakai Google Form dari HP, bisa juga lewat link dibawah ini.


Format Google Form menyediakan beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Mulai dari formulir masih berbentuk kosong, membuat formulir untuk informasi kontak, RSVP atau membuat undangan untuk orang lain menghadiri pesta yang akan kita lakukan.
cara membuat google form di hp

Mengenali dasar dalam Google Forms


Cara menggunakan Google Forms memiliki 2 pilihan yang bisa digunakan Anda. Selain masuk langsung dalam link yang tersedia, kita bisa juga memakai fitur ini lewat Goggle Drive.

Cara menggunakan Google Formulir lewat Google Drive yakni dengan memilih menu "New" hingga terbuka pilihan submenu seperti "New Folder, Upload files, Upload folder atau New file.
Pilih submenu "New" dan cari tulisan pilihan lainnya, maka Anda akan melihat format yang bisa digunakan sebagai pilihan.

Beberapa pilihan itu akan muncul seperti Google Docs, Goggle Sheets, Google Slides, Google Forms, Google Drawings dan pilihan lain.

Karena ingin menggunakan Google Formulir maka kita menuju pilihan Google Formulir.

Selanjutnya pilihan akan sama persis seperti kita masuk langsung dari link di atas tadi.

Persiapan menggunakan Google Formulir

Periksa formulir tersebut sudah mendapatkan nama atau belum. Untuk penamaan formulir ini ada di bagian atas pojok kiri, klik "Untiled" lalu input nama tersebut.

Fitur dasar lainnya yang tak kalah penting adalah pemberian deskripsi dan mengubah latar warna yang ingin digunakan. Pilihan deskripsi dan mengganti warna bisa kita lewati jika ingin menggunakan standar yang disediakan, karena fitur ini bersifat option.

Cara membuat pertanyaan di Google Formulir


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manfaat Google Formulir sangat banyak. Salah satunya bisa kita pakai untuk membuat pertanyaan-pertanyaan, quis dan lain-lainnya.

Jika profesi guru, biasanya pilihan Google formulir akan menguntungkan karena bisa dipakai untuk membuat pertanyaan hingga menerangkan mata pelajaran yang diajarkan pada para siswa.

Bagaimana cara membuat pertanyaan di Formulir Google?

Step dasar untuk membuat pertanyaan dan hal lainnya , kita memilih menu "Untiled"
Setelah layar terbuka sempurna, maka akan muncul "Qestion" dan "Response"
Pilih menu yang paling tepat untuk membuat pertanyaan tersebut. Misalnya jenis pilihan ganda, pertanyaan tanpa pilihan dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Tambahan lain dalam membuat Google Formulir ini adalah tanda opsi yang tersedia. Apakah penjawab pertanyaan tersebut harus menjawab pertanyaan tersebut.

Setelah pertanyaan pertama telah selesai dan ingin menganti pertanyaan berikut, lihat pilihan menu "Opsi" yang terdapat tulisan "Add Question."

Menu lain bisa kita manfaat untuk menghemat waktu membuat pertanyaan adalah fitur "Duplicate."

Sebelum merilis pertanyaan yang sudah di buat tadi, ada baiknya kita melihat format yang tampil. Cara melihat bentuk tampilan pertanyaan ini dengan menggunakan menu "Pratinjau" atau preview.

Format yang mendukung Formulir Google terbilang lengkap sehingga memudahkan Anda memilih sesuai kebutuhan. Bentuk format yang didukung dalam aplikasi ini menyediakan format teks, gambar, video dan pilihan lain.

Cara mengirim formulir 


Untuk mendistribusikan soal, pertanyaan hingga quis yang sudah dibuat tadi. Langkah selanjutnya adalah metode pengiriman kepada target yang diinginkan Anda.

Cara mengirim formulir yang sudah dikerjakan tadi dengan melihat bagian atas kanan, di situ ada pilihan "Kirim."

Nanti tampilan distribusi yang tersedia ada pilihan yang bisa dipakai, seperti lewat email, menggunakan link yang mengarah ke form, menggunakan media sosial yang dimiliki atau pilihan lainnya seperti lewat blog atau website.

Pilihan cara yang paling mudah dan efektif menyampaikan pertanyaan hingga bahan pengajaran yang ingin disampaikan.

Bagaimana cara koreksi dan memperbaiki format formulir yang kurang tepat


Adakalanya setelah membuat pertanyaan dan soal, kita menyadari masih terdapat kesalahan kecil yang perlu dikoreksi.

Cara menghapus pertanyaan atau gambar, tandai pertanyaan tersebut atau gambar yang ingin dihapus, lalu pilih menu hapus.

Jika ingin melakukan koreksi pada bagian lain, caranya melihat pada tanda titik tiga, pilih menu pindahkan bagian.

Sementara itu, cara menggunakan Google Formulir lewat Hp, komputer, laptop hingga iPhone, rata-rata cara penggunaannya sama persis. Sehingga untuk memahami fitur lainnya, Anda cukup memahami dasar utama yang ada di layar ponsel atau komputer tersebut

Ada banyak manfaat yang bisa kita gunakan dari Google Form mempercepat distribusi pengajaran secara online hingga memberikan pertanyaan untuk para siswa.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar