Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 17 November 2020

Bukan Pengaruh Makanan, 5 Alasan Berat Badan Bisa Bertambah

Sumber Pixabay

 Info singkat penyebab berat badan bertambah - Makanan sering menjadi alasan yang umum dan paling mudah membuat seseorang bertambah berat badan. Namun beberapa kasus yang diungkapkan sebagian pemilik tubuh yang kegemukan. Makanan tidak selalu menjadi sumber yang berpengaruh. Ada penyebab lain yang membuat badan terus meningkat.

Dilansir situs kesehatan tentang faktor penyebab seseorang mudah menjadi kegemukan, selain faktor yang berpengaruh dari makanan yang dikonsumsi dan kurangnya aktivitas olahraga seseorang, ada sebab lain yang perlu Anda ketahui.

Bukan Pengaruh Makanan, 5 Alasan Berat Badan Bisa Bertambah


Secara umum berat badan seseorang bisa terus meningkat karena konsumsi yang mengandung bahan makanan kalori terlalu banyak sehingga kebutuhan tubuh untuk kalori tidak seimbang. Di luar dari penyebab umum tadi, sedikitnya ada 5 alasan mengapa berat badan bisa bertambah, yakni:

1. Hormon tubuh


Tidak stabil hormon tubuh seseorang bisa memicu masalah yang tak terduga. Berat badan yang terus meningkat meski pola diet sudah dijalankan. Hormon bisa menjadi alasan mengapa berat badan semakin bertambah.

Hormon dalam tubuh yang tidak seimbang dan berfungsi seperti biasa, cenderung dialami wanita meski pria bisa juga mengalami hormon yang tidak stabil.

Cara memastikan penyebab berat badan yang semakin bertambah jika diduga dari hormon adalah menjadwalkan pemeriksaan secara medis ke dokter ahli.

Mengutip penjelasan ahli gizi fungsional, pakar kesehatan hormon dan pendiri perusahaan perawatan kesehatan hormon FLO Living, Alisa Vitti, ada 5 masalah utama yang berasal dari hormon tubuh manusia yang membawa pengaruh berat badan. 

Faktor pendorong hormon tersebut bisa akibat 1 sumber atau beberapa hormon sekaligus sehingga tubuh cenderung menyimpan lemak sehingga berat badan menjadi berat.

2. Stres


Siapa yang menyangka stres menjadi faktor penyebab yang dapat meningkatkan berat badan seseorang?

Masih dari penjelasan Alisa Vitti, stres yang dialami individu akan menyebabkan hormon terpengaruh dan akhirnya berat badan bertambah.

Individu yang mengalami stres kronis meski tingkat rendah masih dimungkinkan mendapat masalah berat badan jika berkepanjangan.

3. Konsumsi obat tertentu


Salah satu penyebab berat badan bisa bertambah selain dari makanan dan kurang olahraga adalah konsumsi obat-obatan tertentu.

Untuk memastikan dugaan berat badan Anda jika berasal dari obat yang dikonsumsi, konsultasikan dengan dokter yang memberikan resep agar dosis bisa disesuaikan secara tepat.

Jika pilihan dosis obat tidak tersedia, biasanya ada pilihan jenis obat lain yang memiliki fungsi mirip menurut pertimbangan dokter.

Beberapa contoh konsumsi obat yang menjadi sumber berat badan bertambah, misalnya antidepresan, obat diabetes, atau obat tekanan darah.

4. Pengaruh usia


Faktor penyebab seseorang bisa bertambah berat badannya adalah pengaruh usia. Secara umum indinvidu yang masuk usia penuaan mudah mengalami hal ini.

Alasan usia penuaan bisa menjadi faktor pengaruh berat badan adalah laju metabolisme basal atau jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh tidak sama seperti sebelumnya. Demikian kebutuhan pada massa otot seseorang.

5. Waktu tidur


Faktor istirahat yang didapatkan seseorang dapat mempengaruhi berat badan. Jika sosok yang jarang tidur dan mendapat istirahat berkualitas maka hormon tubuh akan terganggu dan memicu masalah lain.

Demikian tulisan tentang "Bukan Pengaruh Makanan, 5 Alasan Berat Badan Bisa Bertambah," semoga bisa memberi manfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar