Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 18 November 2020

Bagaimana Cara Mang Samad Mengembangkan usahanya?

 
Sumber Pixabay

Info singkat Pelajaran Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 - Sebelum kita masuk pada pertanyaan tentang 
Bagaimana cara Mang Samad mengembangkan usahanya sekaligus  mempelajari Prestasi apa yang telah dicapai Mang Samad? Adik-adik perlu pendamping orang tua untuk melakukan konsultasi pertanyaan pelajaran buku tematik terpadu kurikulum 2013 dengan orang tua agar bisa paham dan memiliki kemampuan menjawab lebih tepat.

Dalam cerita dan soal halaman 61 - 62 dengan Materi Pembelajaran 2 Sub pokok bahasan 2 berjudul Globalisasi dan Manfaatnya Tema 4 tentang Globalisasi.

Berikut ini kunci jawaban dan respons yang sesuai untuk Tema 4 Kelas 6 halaman 61 - 62:

Bagaimana Cara Mang Samad Mengembangkan usahanya?


Menjawab:

Ketika barangnya yang dipasarkan laku, Mang Samad selalu mencari inovasi dan kreativitas model baru yang bisa menjadi produk diminati calon pembeli. Misalnya melakukan warna baru.

Lalu cara lain adalah Mang Samad mencari pekerja yang bisa mendukung usahanya dengan cara membuka peluang orang-orang dalam lingkungan yang bisa membantu. Akhirnya bisnis yang ditekuni Mang Samad terus berkembang pesat karena setiap produk baru rutin menghadirkan model-model baru dengan bahan terbaik dan standar jahitan yang kokoh sehingga tahan lama.

Cara berikutnya Mang Samad Mengembangkan usahanya adalah memperhatikan informasi yang terkait dengan bisnis. Misalnya beberapa waktu lalu, melalui ajang pameran produk karya Indonesia yang berlangsung di Jakarta, Mang Samad ikut serta memajang dan mempromosikan produk buatan miliknya. Proses standarisasi yang baik dengan model baru dengan bahan terbaik milik Mang Samad akhirnya menarik minat beberapa pedagang importir dari luar negeri. Saat ini produk sepatu dan sandal Mang Samad mulai marak masuk ke sektor bisnis pasar luar negeri.

Keberhasilan apa yang sudah dicapai oleh Mang Samad?


Menjawab:


Mang Samad berjaya dalam hal kejelian memanfaatkan informasi yang terkait dengan bisnis usaha yang ditekuni. Selain tetap konsisten membuat variasi pilihan baru dengan bahan berkualitas, keikutsertaan ajang promosi di berbagai event membuahkan hasil yang baik. Kemampuan keberhasilan Mang Samad adalah memasarkan usahanya hingga ke mancanegara sehingga menjadi salah satu sosok yang mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi terbaik.

• Siapakah Mang Samad dan cara memulai bisnisnya?
• Bagaimana Mang Samad membangun bisnis usahanya dan apa prestasi yang telah diperolehnya?
• Jelaskan kemampuan yang dimiliki Mang Samad dan sikapnya terhadap perkembangan usaha? 
• Apa Dampak Keberhasilan Bisnis Mang Samad Terhadap dirinya ?

Cerita Pengrajin Garut yang Menembus Dunia


Siapa sih yang nggak kenal dengan Mang Samad, spesialis sepatu sandal kulit sapi asal Garut yang banyak datang di berbagai acara sosial inovatif menjadi pembicara dalam pertemuan wirausaha. Keberhasilannya dalam usaha pengrajin sandal kulit kulit tersebut membuatnya sering tampil membantu para visioner bisnis berjiwa muda. 

Yang pasti, usaha rajin Mang Samad patut dipuji. Hanya sedikit pebisnis seperti dia yang bisa berkembang menjadi terkenal di luar negeri.

Sebelumnya, Mang Samad hanya menjadi pedagang sepatu kulit di sekitar. Dia jalan-jalan dari kota dan desa lalu mengembara ke Jakarta untuk menjajakan sepatu kulit yang hasilkan dari jalur produksi pabrik. Dari pengalamannya menjual, dia perlahan belajar dan mengerti apa yang dibutuhkan pembeli. 

Mulai dari model seperti apa yang menjadi pilihan utama pembeli. 


Tantangan lain adalah jenis sepatu yang dijual lebih berbelit-belit jenis pembuatannya. Selama memasarkan sepatu, ia mendapat kesimpulan sandal yang rumit bentuknya kurang dan tidak minati oleh para pria. Menurutnya, pria lebih memilih mode yang lugas dan memilliki kesan klasik sebagai pilihan utama pembeli. Selain itu kualitas menjahit sandal dan bahan yang dipakai menjadi faktor pengaruh lain penyebab diminati pembeli.

Mang Samad merasa tak puas jika sekedar menjual dan memasarkan sandal, ia belajar dan menemukan cara membuat sandal sepatu. Dengan memiliki kemampuan penting untuk mengukur dan menjahit ditambah dengan tempat tinggalnya adalah kota spesialis pengrajin sandal terkenal. Mang Samad terus mengembangkan kemampuannya dengan mencari tahu bagaimana membuat desain sandal dan belajar memahami jenis bahan yang berbeda, lalu menambahkan sebagai informasi agar calon pembeli punya kecenderungan suka berdasarkan pengalaman yang dimiliki.

Mang Samad mulai menjajaki dengan eksperimen mode sandal berbeda hasil karya sendiri. Ia memulai menghasilkan sandal beberapa contoh lalu meninggalkan dengan cara titip di toko atau mengajak teman di dekatnya untuk membeli. 

Ketika sandal buatan sudah berhasil dijual, dia membuatnya dengan model lain dengan eksperimen lain seperti warna yang disukai oleh pembeli. Demikian seterusnya.

Sampai suatu hari, dia tidak bisa memenuhi permintaan pembeli dengan membuat sandal sendirian. Dengan pertimbangan matang, Mang Samad mulai mencari pekerja sedikit demi sedikit yang dipercaya bisa mendukung usaha. Dari beberapa pegawai yang dipakai, dam bekerja untuk mendukungnya. ia tidak perlu harus pergi jauh dari tempat tinggal mencari pekerja dan pegawai. 

Dari orang-orang terdekat di lingkungan tempat tinggalnya diajak untuk bekerja memproduksi sandal. Kemajuan bisnis usaha Mang Samad mencari pegawai dekat lingkungan tempat tersebut memberi iklim positif perekonomian di sekitarnya. Semakin berkembang usahanya, semakin berkembang pula tingkat pendapatan pegawai yang bekerja dengan dirinya sehingga tidak membuat dirinya semakin sukses di mata masyarakat, tetapi ikut meningkatkan kemampuan perekonomian dan hidup orang-orang dalam tempat tersebut.

Bagaimana Cara Mang Samad Mengembangkan usahanya?? Prestasi apa yang telah dicapai Mang Samad?


Penemuan yang tidak pernah berhenti, membuat bisnis sandal yang dipelopori Mang Samad terus berkembang menjadi semakin terkenal di berbagai wilayah Indonesia. Sama sekali tidak seperti sandal yang dihasilkan pengrajin Garut yang model dan bahannya tidak pernah berubah. Mang Samad secara rutin berfokus pada model di majalah dan model sepatu produksi negara lain dan melihat berbagai sampel barang sandal yang dijual di toko-toko. Ia juga rutin menghadirkan model-model baru dengan memperhatikan bahan terbaik dan metode menjahit yang kokoh dan kuar. Alhasil produk sandal yang dibuatnya lebih awet dan tahan lama dipakai orang dan semakin dipercaya sebagai sandal yang bagus.

Beberapa waktu lalu, sebuah pintu terbuka bagi para pebisnis kecil di Garut untuk ikut mempromosikan barang-barangnya yang khas pada pameran barang Indonesia di Jakarta. Mang Samad berusaha keras untuk ikut serta dalam ajang dan event seperti ini. 

Ia selalu mencari data tentang metode paling tepat untuk memperkenalkan sandal buatannya agar lebih mudah dikenal calon pembeli saat datang berkunjung dalam pameran produk kerajinan Indonesia. Akhirnya ia membuat selebaran berisi informasi barang sandal dengan tampilan yang memikat sesuai diskripsi. Dia juga bekerja sama dengan rekan-rekan pekerja terampilnya yang berbakat untuk membuat zona etalase alternatif dengan bentuk stand unik.

Ternyata usaha Mang Samad membuahkan hasil, dari brosur, produk keren dan terbaru dan standar jahitan yang rapi ditambah bahan terbaik yang ada dalam sandal tersebut, membuat sandal Mang Samad dipenuhi permintaan yang besar para pembeli tamu. Bahkan kalangan importir mancanegara yang melihat hasil karya buatan Mang Samad menjadi tertarik memasarkan di tempat mereka.

Saat ini barang produksi sandal merk Mang Samad telah terkenal luas hingga mancanegara. Variasi pilihan mode yang tersedia dari klasik dan sederhana dengan memakai bahan dan jahitan yang bagus membuat usaha terus berkembang dan didukung oleh banyak orang di luar negeri. 

Tidak hanya meningkatkan harga diri dan rasa bangga bagi diri sendiri, keluarga, atau pekerja pegawai. Item sandal Mang Samad sebagai pengrajin dari Garut telah menempatkan Indonesia lebih terkenal sebagai negara yang menghasilkan barang dan produk terbaik sehingga membantu memajukan perekonomian negara.

Demikian infosingkat "Bagaimana Cara Mang Samad Mengembangkan usahanya?", semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar