Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 06 November 2020

Alur Cara Pindah Kewarganegaraan dan Syarat yang Dibutuhkan

Cara dan syarat yang dibutuhkan pindah kewarganegaraan
Ilustrasi Identitas Kewarganegaraan (Pixabay)

Ketika sebuah keputusan untuk pindah kewarganegaraan melintas dalam pikiran seseorang. Hal ini punya banyak faktor yang mempengaruhi rencana berpindah ke negara satu ke negara lain. Misalnya saja rencana hijrah ke negara lain, bisa akibat mengikuti pasangan, memperlancar bisnis ataupun merasa tidak ada kesempatan yang baik menuangkan ide mereka hingga urusan memperoleh hidup lebih baik di negara lain.

Dilansir merdeka.com seperti diungkap Sosiolog Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Musni Umar saat berbincang dengan media. Fenomema perpindahan kewarganegaraan akibat pengaruh banyak faktor, namun sedikitnya ada 2 faktor kemungkinan menjadi dasar penyebab.

Hal yang pertama, menurutnya adalah soal ekonomi yang dianggap lebih stabil di negara yang dituju dibanding dengan Indonesia, sehingga muncul warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki pendidikan dan bakat menilai pindah warga negara akan memberi jaminan lebih baik lagi.

Penyebab warga melakukan pengurusan pindah adalah soal hukum yang lebih baik di negara maju. Sehingga persoalan tingkat diskriminasi di hadapan hukum menjadi minim.

Ungkapan senada disampaikan oleh Musni, Sosiolog Universitas Indonesia (UI), Iman Prasodjo. Menurutnya, salah satu pertimbangan orang memilih pindah kewarganegaraan, bisa karena faktor kesejahteraan sosial.

Imam mengungkapkan, contoh yang paling mudah adalah gaji tenaga pengajar. Di Brunei gaji dosen perguruan tinggi bisa mencapai 10 kali lipat dari Indonesia.

Alur Cara Pindah Kewarganegaraan dan Syarat yang Dibutuhkan


Tidak sulit jika ada rencana WNI ingin mengajukan cara pindah kewarganegaraan ke negara lain.

Mengutip UU Nomor 12 Tahun 2006 dan PP Nomor 2 Tahun 2007, WNI yang akan mengajukan pindah warga negara maka harus siap kehilangan status WNI.

Penjelasan PP tentang kewarganegaraan, WNI dinyatakan hilang kewarganegaraan atas permohonan sendiri jika sudah berusia 18 tahun atau keterangan lainnya seperti sudah menikah, bertempat tinggal di negara yang dituju.

Adapun surat permohonan tersebut dapat dibuat menggunakan bahasa Indonesia memakai materai.

Hal dasar yang perlu dibuat dalam surat permohonan tersebut, diantaranya:


  • Nama lengkap
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Alamat tempat tinggal
  • Pekerjaan
  • Jenis kelamin
  • Status perkawinan pemohon
  • Alasan permohonan

Syarat cara pindah kewarganegaraan


Selain mengajukan permohonan ke instansi terkait, sejumlah syarat yang dibutuhkan untuk melakukan proses cara pindah kewarganegaraan dibutuhkan WNI.

Beberapa dokumen yang perlu dilengkapi, diantaranya:

  • Fotokopi akte kelahiran atau surat yang membuktikan kelahiran pemohon yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  • Fotokopi akte perkawinan/buku nikah, akte perceraian, atau akte kematian isteri/suami pemohon yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  • Fotokopi Surat Perjalanan Republik Indonesia atau KTP yang disahkan oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.
  • Surat keterangan dari perwakilan negara asing bahwa dengan kehilangan kewarganegaraan Republik Indonesia pemohon akan menjadi warga negara asing tersebut.
  • Pas foto pemohon yang terbaru berwarna ukuran 4x6 sebanyak 6 lembar.

Hal lain yang mungkin menjadi pertimbangan saat WNI ingin pindah kewarganegaraan, ada beberapa penilaian yang sering dilihat. Misalnya sudah memiliki status kewarganegaraan negara lain, menjalani dinas militer tentara negara lain tanpa izin terlebih dahulu dengan pemerintah, hingga penilaian telah tinggal selama lima tahun terus menerus di luar negeri dan bukan pekerjaan dinas negara.

Ada banyak faktor dalam alur cara pindah kewarganegaraan dan syarat yang dibutuhkan, yang mungkin saja belum tercantum dalam keterangan di atas. Oleh karenanya, cari informasi lebih lengkap di Kementerian Hukum atau menghubungi tenaga profesional yang terpercaya dalam pengurusan pindah kewarganegaraan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar