Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 11 November 2020

9 Alasan AC Ruangan Jadi Tidak Dingin dan Cara Memperbaiki

 
Sumber Pixabay

Pendingin ruangan atau dikenal sebagai Air Conditioner (AC) telah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan masyarakat. Pemakaian AC yang lumrah terasa pada tempat seperti Mal dan pusat belanja modern di kota hingga ke pelosok desa. 

Indonesia memiliki 2 musim tropis populer dan terletak di khatulistiwa sehingga keadaan suhu tidak terlalu dingin dan panas berlebihan. Namun kebutuhan pendingin ruangan AC semakin berguna untuk membuat suhu lebih sejuk dan tak panas.

Air Conditioner (AC) merupakan produk elektronik yang berfungsi mendinginkan suhu dalam ruangan. Ketika suhu dalam ruangan menjadi tidak dingin, Anda perlu tahu alasan AC di rumah mulai tidak dingin lagi.

9 Alasan AC Ruangan Jadi Tidak Dingin dan Cara Memperbaiki


Menurunnya fungsi AC mendinginkan ruangan bisa terjadi karena banyak faktor mempengaruhi alat rumah tangga tersebut. 

Sebelum Anda mengambil keputusan memanggil jasa cuci AC atau memperkirakan ada komponen AC yang rusak, alangkah baiknya memeriksa 9 kemungkinan pada alat rumah tangga tersebut.

Dilansir situs dunia elektronik mengulas tentang Air Conditioner (AC), berkurangnya pendingin ruangan dalam rumah bisa karena faktor berikut:

1. Zat Freon AC makin sedikit


Ilustrasi freon AC (Dok Pixabay)

Asumsi pertama yang sering muncul dalam masyarakat awam saat AC yang terpasang sebagai alat pendingin rumah tangga tidak dingin, biasanya menduga zat yang bernama Freon makin sedikit atau sudah habis.

Faktor penyebab isi freon pendingin ruangan cepat habis dan terus berkurang meski belum lama di isi petugas AC, kemungkinan ada jalur yang bocor sehingga menguap mempercepat terkuras isi freon.

Dilansir situs peralatan rumah tangga elektronik Sharp, freon yang di isi sejak pertama kali seharusnya memiliki daya tahan pemakaian mencapai lebih dari 3 tahun. Oleh karenanya, AC ruangan rumah Anda jika baru di beli di toko elektronik dan terpasang kurang dari 1 tahun. Penyebab isi freon kurang atau habis sulit masuk di logika.

Untuk menghemat biaya pengeluaran dan ongkos servis AC yang Anda panggil datang ke rumah. Ada baiknya tidak langsung percaya dengan oknum tukang servis AC yang mencoba mengakali biaya lebih menggunakan alasan tambah freon di AC.

Freon dalam AC hanya bisa berkurang atau habis seperti yang diungkap tadi, saat ada bagian pipa sambungan freon dalam jalur bocor atau rusak sehingga perlu di ganti.

Pengisian freon baru tanpa mengganti bagian yang rusak atau bocor, hanya menunggu waktu menjadi tidak dingin kembali.

Cara mengatasi AC yang tidak dingin secara sederhana adalah faktor perawatan yang Anda lakukan pada alat rumah tangga tersebut.

Waktu ideal merawat AC tetap bekerja mendinginkan ruangan dengan optimal adalah membersihkan minimal 3-9 bulan sekali sesuai kebutuhan.

Kondisi pendingin ruangan yang terpasang pada rumah akan semakin ringan mengeluarkan hawa dingin jika sering dibersihkan.

Cara mengetahui isi Freon masih ada atau sudah habis


Cara mengetahui isi freon AC ruangan Anda masih ada atau sebaliknya sudah habis, bisa kita lakukan secara sederhana.

Tips deteksi freon AC yang hampir habis atau berkurang adalah memeriksa jalur pipa yang menjadi penyalur freon tersebut. Jika suhu pipa di pegang terasa tidak dingin saat pendingin ruangan sudah dihidupkan sebelumnya. Ada kemungkinan isi freon sudah habis.

Cara lain melihat freon AC masih ada atau sudah habis dengan melihat bagian pipa tersebut, apakah masih terdapat bunga es di sana. Jika tidak ada tanda bunga es di pipa tersebut, kemungkinan besar freon benar-benar habis.

Bahaya yang bisa terjadi saat kebocoran freon AC


Peralatan rumah tangga seperti AC sebagian besar telah di uji dan menerapkan standar keamanan dan kesehatan sesuai ketetapan yang diharuskan pemerintah. 

Namun selalu ada kemungkinan produk elektronik yang cacat atau yang biasa disebut tidak berfungsi sesuai standar dan aturan sehingga membuat ketidaknyamanan hingga resiko lain.

Jika kebocoran AC pada bagian freon terjadi dalam ruangan, ada beberapa resiko yang perlu diketahui, diantaranya:
  • makhluk hidup yang terhirup freon akan mengalami gangguan pernapasan menjadi sulit dan bisa menyebabkan peradangan tenggorokan
  • dapat membuat mata mengalami iritasi
  • irama jantung menjadi tidak stabil
  • mengalami gejala muntah, mual hingga batuk

Cara pengobatan 

Langkah pertolongan pertama pada makhluk mengalami keracunan freon adalah memindahkan korban ke tempat terbuka yang memiliki sirkulasi udara baik.

Segera memanggil bantuan petugas kesehatan untuk dibawa ke pusat pelayanan kesehatan terdekat atau rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan.

2. Filter AC kotor


Ilustrasi filter AC (Dok Tokopedia)

Penyebab kedua yang menjadi alasan AC menjadi tidak dingin lagi adalah filter penyaring yang kotor. Filter AC yang berfungsi menyaring debu dan kotoran saat pendingin ruangan menyala, lama kelamaan membuat penumpukan semakin banyak.

Untuk memastikan keadaan filter AC tidak kotor, waktu ideal memeriksa filter pendingin ruangan dilakukan minimal 1-4 minggu sekali.

Untuk menghemat biaya membersihkan filter AC, Anda bisa melakukan sendiri karena mudah dibersihkan. Caranya buka bagian penutup AC secara perlahan. Setelah tutup cacing terbuka, bagian tengah akan terlihat filter AC tersebut.

Ambil perlahan agar debu dan kotoran tidak berhamburan dan meletakkan di tempat yang besar, seperti ember atau wadah lainnya. 

Bawa ke depan rumah atau kamar mandi, semprot menggunakan air mengalir hingga menjadi bersih kembali.

Jangan lupa untuk memasang kembali filter AC di tempat semula agar fungsi menyaring kotoran dapat digunakan.

Jika filter AC sudah terlihat rusak sehingga perlu diganti baru. Anda bisa membeli di toko online yang menjual spart part kebutuhan pendingin ruangan di Tokopedia.

3.Kapasitor dan Kompresor rusak


Penyebab pendingin ruangan dalam rumah tangga menjadi tidak dingin bisa akibat kerusakan peralatan komponen dalamnya. Kerusakan komponen AC sangat jarang terjadi namun persentase kecil terjadi masih bisa selama batas pemakaian melebihi ambang normal.

Untuk mengetahui kemungkinan komponen dalam AC rusak, Anda bisa menghubungi call center merk vendor untuk mendapat jadwal kunjungan pemeriksaan di rumah.

4. Kondensor AC kotor



Selain filter pendingin ruangan bisa kotor, bagian lain dari AC yang akan kotor sepanjang digunakan adalah kondensor. Komponen pendukung AC kondensor di letakkan di luar ruangan yang biasanya untuk membuang panas dari gas refrigerant (freon) dan suhu dingin disalurkan lewat jalur pendingin.

Cara memeriksa kondensor AC bersih atau sudah kotor adalah melihat sisi kawat yang ada dekat kondensor tersebut. 

Jika banyak debu, kotoran dan elemen yang lengket di bagian tersebut, maka perlu di bersihkan agar bekerja seperti semula lagi.

Tips sederhana menjaga kebersihan kondensor AC selalu bersih saat jarang di hidupkan atau di tinggal berlibur dalam waktu panjang. Tutup seluruh bagian luar dengan plastik atau kain tipis sehingga kotoran dan debu tidak terbang ke dalamnya.

5. Kemampuan AC tidak sesuai ruangan



Salah satu tradisi masyarakat awam membeli pendingin ruangan. AC sering dipaksa bekerja melebihi batas kemampuan maksimal mesin. Untuk mendapat hasil yang baik dari AC, memperkirakan ruangan yang akan menjadi tempat AC sangat perlu di perhitungkan.

Jenis-jenis AC alat rumah tangga menyediakan variasi pilihan berbeda-beda sesuai kebutuhan dan harga yang tidak sama. Semakin besar kapasitas PK AC maka kerja pendingin ruangan akan lebih luas.

6. Pemasangan AC yang salah



Salah satu penyebab AC makin berkurang kemampuan mendinginkan ruangan rumah adalah pemasangan awal yang salah atau tidak sesuai standar vendor. 

Selain itu AC sering bekerja lebih keras dalam ruangan yang terpapar sinar matahari langsung sehingga tidak cepat dingin seperti yang diharapkan.

7. Jendela dan pintu 


Jendela hingga pintu bisa mendorong pendingin ruangan tidak dingin. Saat pintu dan jendela masih terbuka secara tidak sengaja, biasanya suhu yang disemprotkan oleh AC akan keluar melalui celah yang ada.

8. Salah menggunakan fungsi remote



Anda bisa mengatakan AC terpasang adalah baru namun anehnya suhu yang keluar dari mesin pendingin tersebut tidak dingin sesuai harapan.

Kemungkinan yang ke 8 bisa menjadi penyebab AC tidak dingin saat remote AC diganti secara tidak sengaja oleh orang lain. Penekanan remote AC cukup sensitif mengubah mode dan fitur tersedia. Bisa saja dimainkan anak saat tidak dalam pengawasan orang tua.

Periksa kembali remote AC Anda apakah mode tampilan menggunakan fungsi kipas, dry atau cool.

9. Komponen dalam rusak


Komponen AC relatif aman dan kuat dari kerusakan dalam jangka panjang. Namun barang elektronik yang berhubungan dengan kelistrikan bisa mendapat masalah ketika tegangan listrik tidak stabil.

Beberapa komponen dalam dari AC yang mudah rusak saat cara penggunaan menyala tidak tepat atau karena faktor eksternal dari tegangan listrik tidak stabil adalah Printed Circuit Board (PCB).

Cara mengatasi kerusakan komponen AC sehingga tidak bisa membuat dingin ruangan rumah dengan memanggil petugas resmi melalui call center yang disediakan dalam buku panduan vendor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar