Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 16 November 2020

7 Pengetahuan Dasar Perlu Diketahui Pembeli saat Membeli Apartemen

 

Info singkat 7 Tips pengetahuan dasar yang perlu diketahui pembeli saat membeli apartemen - Memiliki rumah yang nyaman dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung telah menjadi suatu kebutuhan tambahan pada masyarakat modern. Meningkatnya harga property jenis perumahan dalam komplek di tengah kota yang semakin melambung untuk sebagian masyarakat, membuat impian rumah yang nyaman dengan sarana pendukung lebih sulit lagi untuk diraih.

Dilansir situs property tentang apartemen, masalah harga rumah yang terjangkau di tengah kota dengan fasilitas pendukung komplit, kini semakin mudah diwujudkan. 

Kehadiran apartemen yang tidak sekedar untuk tempat tinggal yang nyaman dan aman, kebutuhan membeli apartemen telah menjadi investasi untuk sebagian yang menilai penting di waktu mendatang.

Jika Anda salah satu calon pembeli yang tertarik membeli apartemen di tengah kota. Ada baiknya mengetahui 7 pengetahuan dasar yang pPerlu diketahui saat ingin membeli Apartemen.

7 Pengetahuan Dasar Perlu Diketahui Pembeli saat Membeli Apartemen


Dirangkum 7 Tips pengetahuan dasar yang perlu diketahui pembeli saat membeli apartemen dari situs property mengulas secara khusus kepemilikan apartemen, beberapa ringkasan tersebut adalah:

  1. Menetapkan tempat yang diinginkan
  2. Pertimbangkan fasilitas yang sudah dibangun
  3. Periksa harga yang ditawarkan dengan toko sebelah
  4. Menilai luas lahan parkir
  5. Lihat profil pengembang property
  6. Membandingkan status kepemilikan apartemen
  7. Tanya biaya lain yang akan muncul

Menetapkan tempat yang di inginkan

Salah satu pertimbangan yang perlu mendapat perhatian ekstra calon pembeli sebelum memutuskan membeli hunian yang nyaman dan fasilitas lengkap. Lihat dengan jeli tempat seperti apa yang diinginkan Anda.

Anda bisa mendapat banyak tawaran membeli apartemen dengan berbagai fitur dan sarana yang tidak sama untuk tiap pembangunan rumah tingkat tersebut.

Misalnya, seseorang bisa memilih lokasi apartemen dengan pertimbangan dekat tempat bekerja, apartemen dengan sarana pusat perbelanjaan modern, apartemen yang memiliki sarana dan prasarana transportasi kereta api dan lain-lainnya.

Semakin banyak tempat apartemen yang menyediakan fasilitas dan fitur pendukung untuk penghuni, secara tidak langsung menambah nilai jual.

Pertimbangkan fasilitas yang sudah dibangun

Ilustrasi fasilitas apartemen (Pixabay)

Mengapa fasilitas apartemen yang sudah dibangun lebih penting dan memiliki nilai tambah untuk calon pembeli?

7 Tips pengetahuan dasar yang perlu diketahui pembeli saat membeli apartemen - Tips jitu sebelum membeli sebuah apartemen dimanapun adalah melihat fasilitas umum seperti sarana olahraga dan fitur lain yang sudah bisa digunakan.

Meski jarang terjadi pada pengembang yang memiliki reputasi dalam dunia property, terkadang fasilitas seperti sarana dan prasarana yang dijanjikan dalam brosur penawaran, agak jarang tersedia lengkap.

Biasanya ada saja fasilitas yang belum dibangun untuk alasan tertentu yang akhirnya bisa dibangun di tahun- tahun berikutnya.

Beberapa fasilitas umum yang biasa ada dalam sebuah apartemen standar diantaranya kolam renang, lift, klinik pelayanan kesehatan, bank, sekolah, pasar, food court, kolam renang, tempat gym, jogging track, minimarket modern hingga ketersedia tempat ibadah bagi penghuni yang tinggal disana.

Periksa harga yang ditawarkan dengan toko sebelah

Tips dasar sebagai pengetahuan calon pembeli apartemen adalah sabar dan tidak terburu-buru. 

Meningkatnya pembangunan hunian untuk masyarakat modern di tengah kota, menjadi faktor menguntung untuk Anda membandingkan lokasi dan harga yang ditawarkan sales dan marketing property.

Cara yang paling mudah melihat harga perbandingan apartemen lebih lengkap. Anda selalu datang dalam pameran property untuk rumah hingga apartemen dan mengumpulkan brosur penawaran tersebut.

Menilai luas lahan parkir


7 Tips pengetahuan dasar yang perlu diketahui pembeli saat membeli apartemen - Bagi calon penghuni yang ingin membeli apartemen yang nyaman dan dilengkapi fasilitas lengkap, jangan lupa untuk menilai luas lahan parkir yang tersedia untuk penghuni.

Lahan parkir yang dibuat oleh pengembang tanpa memperhitungkan jumlah kendaraan penghuni, lama kelamaan akan semakin sulit mencari parkir saat Anda pulang dari tempat kerja, khususnya setelah malam hari.

Keterbatasan lahan parkir dalam apartemen yang kurang memadai menampung kendaraan penghuni, biasanya bisa menjadi masalah baru dengan penghuni lain dalam perebutan lahan.

Oleh karena itu, tanyakan konsep perparkiran yang akan berjalan dalam apartemen yang ingin Anda beli tersebut.

Lihat profil pengembang property

Profil pengembang property merupakan faktor jaminan yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Meski nama pengembang property terkenal tidak memberi jaminan 100%, paling tidak rekam jejak pengembang apartemen yang tidak memiliki masalah bisa memberi rasa nyaman pada uang yang Anda bayarkan tidak menjadi bangunan macet.

Pembangunan apartemen yang macet jarang terjadi di Indonesia. Kendala yang sering muncul, biasanya terlambatan serah terima kunci dan pembangunan fasilitas yang ditawarkan secara menyeluruh. 


Membandingkan status kepemilikan apartemen

Tips penting yang perlu Anda ketahui sebelum membeli apartemen adalah melihat dengan jelas status kepemilikan bangunan yang dibeli nanti.

Meski jarang terjadi, status tanah untuk bangunan seperti apartemen punya fungsi yang cukup vital dalam jangka panjang.

Misalnya status tanah apakah telah bersertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), status tanah hak pakai, kepemilikan bangunan untuk jangka watu berapa lama, surat ijin penggunaan tanah hingga surat lainnya yang bisa di tanyakan pada pengembang property.

Tanya biaya lain yang akan muncul


Tips yang terakhir sebelum Anda membeli apartemen untuk hunian atau investasi adalah memeriksa biaya yang mungkin akan ada setelah dibeli.

Beberapa biaya yang umum ada dalam apartemen misalnya iuran penerangan lampu, iuran keamanan, iuran parkiran, sink fund, asuransi gedung dan lain lain.

Diluar dari 7 Tips pengetahuan dasar yang perlu diketahui pembeli saat membeli apartemen tadi. Anda perlu mempersiapkan dana lebih untuk biaya notaris hingga pajak jika ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar