Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 03 November 2020

7 Kebiasaan Manusia Memperlakukan Anjing yang Membuat Mereka Tidak Suka


Bahasa komunikasi anjing jelas berbeda dengan bahasa yang digunakan manusia untuk mengaktualisasikan diri sebagai interaksi dengan makhluk. Kelainan bahasa anjing menyatakan perasaan tidak suka sering membuat majikan sulit mengetahui perlakuan yang diberikan pada mereka, kira-kira membuat nyaman atau sebaliknya merasa terganggu.

Pemilik hewan peliharaan yang merawat anjing di rumah, barangkali sulit menebak secara pasti perasaan mereka. 

Banyak cara pemilik hewan peliharaan untuk bersosialisasi dengan anjing yang dirawat di rumah. Misalnya memahami bahasa tubuh yang ditunjukkan oleh anjing sehingga akan berguna  sebagai petunjuk mengetahui situasi mereka menjadi suka atau merasa tidak nyaman.

Faktor pengaruh yang membuat anjing merasa tidak suka perlakuan yang diberikan manusia, sedikitnya ada 7 hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada mereka.

7 kebiasaan manusia membuat anjing tidak suka

  1. Pelukan berlebihan
  2. Terlalu sering memberi perintah dengan kalimat panjang
  3. Waktu bermain dan istirahat yang sedikit
  4. Perhatian majikan makin menurun
  5. Mendapat perlakuan usil berlebihan
  6. Sering tertekan
  7. Majikan sering bersedih

7 Kebiasaan Manusia Memperlakukan Anjing yang Membuat Mereka Tidak Suka


Pelukan berlebihan


Pelukan sering diartikan kedekatan emosional sebagai penguat, penghiburan, atau salam pertemuan antara manusia dengan manusia lain. Kebiasaan memberi pelukan pada anjing bisa membuat mereka merasa tidak nyaman dan tidak suka perlakuan yang diterima oleh mereka.

Perbedaan mengartikan pelukan manusia oleh hewan peliharaan, khususnya bahasa tubuh anjing bisa dimaknai sebagai bentuk ancaman bagi mereka.

Karakter anjing yang memiliki insting waspada sejak genetik induk di masa lampau sebelumnya masih berlaku pada beberapa ras anjing tertentu. Demikian karakter ras anjing yang dilatih menjadi ramah dengan orang lain, dapat berubah menjadi agresi kepada orang asing.

Anjing punya cara tersendiri untuk menyampaikan rasa suka pada manusia. Jika mereka memberi tanda bersedia di peluk manusia, anjing akan mendatangi dengan ciri yang bisa kita bedakan.


Terlalu sering memberi perintah dengan kalimat panjang


Hewan peliharaan seperti anjing merupakan makhluk yang unik dengan kelebihan dimiliki mereka. Kemampuan anjing untuk belajar trik khusus yang dirancang oleh pakar profesional, bisa meningkatkan kemampuan mereka mengenali perintah dasar hingga keahlian khusus lain.

Rata-rata hewan peliharaan anjing yang dirawat oleh manusia dengan tujuan umum, diajari perintah singkat yang mudah dipahami mereka. Mulai dari kata singkat duduk, diam, kemari, tunggu, dan lain sebagainya.

Anjing rumahan ternyata bisa menjadi tidak suka dengan perintah yang diajarkan terlalu panjang. Penyebab anjing tidak nyaman belajar pelatihan yang kurang tepat, kemampuan mereka memahami bahasa manusia tidak sebanyak seperti manusia belajar.

Oleh karenanya, sebagian besar pelatih anjing profesional dalam mengajarkan trik dan metode khusus sebagai keahlian tambahan, akan menggunakan penguatan lewat bahasa tubuh dan alat bantu khusus melatih anjing. 

Waktu bermain dan istirahat yang sedikit


Berinteraksi dengan hewan peliharaan sangat penting menjalin hubungan emosi secara dekat. Tak sedikit pemilik hewan peliharaan membawa mereka untuk bermain hingga olahraga ringan di tempat tertentu.

Kebiasaan yang sering terjadi pada anjing saat bermain atau menemani olahraga dengan pemilik adalah waktu istirahat yang sangat sedikit.

Sebagai makhluk yang punya rasa ingin tahu cukup besar, anjing senang mempelajari aroma dan bau-bauan di sekitar lingkungan tempat mereka main atau olahraga.

Memberi kesempatan pada anjing mengekspresikan rasa ingin tahu, dapat mencegah perasaan mereka tidak suka dan tidak merasa nyaman bermain dan olahraga.

Perhatian majikan makin menurun


Ada banyak faktor penyebab yang bisa mempengaruhi majikan semakin menurun perhatian pada anjing mereka. Umumnya yang paling banyak terjadi adalah kesibukan menyelesaikan tugas sehingga harus meninggalkan mereka terlalu lama.

Anjing termasuk makhluk sosial yang senang tinggal dengan anggota keluarga yang disayangi. Oleh karena itu, perasaan mereka bisa menjadi tidak suka dan merasa tidak nyaman, jika terlalu sering ditinggal sendirian.

Anjing yang terlalu sering ditinggal dalam waktu lama oleh pemilik bisa membuat mereka stres dan melakukan perbuatan yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Anjing yang cemas dan stres bisa menjadi agresif, menggigit dan merusak sesuatu di rumah hingga melolong atau pergi dari rumah.

Mendapat perlakuan usil berlebihan


Memiliki hewan peliharaan sering menimbulkan perasaan usil untuk menggoda mereka. Sikap usil yang diterima anjing oleh manusia bisa membuat mereka menjadi tidak suka hingga agresif.

Tindakan usil untuk menggoda anjing bisa juga pengetahuan tentang mereka tergolong minim dimiliki seseorang. Anjing akan merasa tidak suka dan menjadi tidak nyaman saat kegiatan makan mereka diganggu, mainan kesayangan mereka diambil, menarik bagian ekor dan perlakuan usil lain.

Sering tertekan


Anjing sebagai hewan peliharaan yang cukup banyak di rawat manusia ternyata punya rasa tidak suka pada orang asing atau hewan asing memasuki kawasan teritorial mereka. Sebagai hewan yang memiliki kelebihan naluri merasakan suatu hal, sering menilai kedatangan orang asing atau hewan asing di lingkungan mereka sebagai ancaman.

Oleh karenanya pemilik anjing yang ingin memperkenalkan orang asing atau hewan asing yang belum pernah dilihat mereka, ada baiknya tidak dilakukan dengan paksaan. Anjing yang mendapatkan tekanan paksaan, bisa menjadi tidak nyaman dan semakin tidak suka orang asing atau hewan lain.

Majikan sering bersedih


Anjing terkenal sebagai hewan yang setia dan mampu memahami emosi majikan mereka. Karakter anjing yang sangat peka mengetahui sesuatu hal ini, bisa menjadi tidak suka dan merasa nyaman melihat pemilik bersedih hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar