Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 10 November 2020

5 Jenis Makanan dan Minuman Bisa Berdampak Buruk Saat Anda Cemas

Ilustrasi jenis makan dan minuman bisa meningkatkan atau menurunkan kadar gula darah

Ilustrasi jenis makan dan minuman bisa meningkatkan atau menurunkan kadar gula darah (Dok Unsplash)


Keadaan yang terjadi dalam kehidupan manusia bisa bervariasi sesuai pada sesuatu yang dialami tiap individu. Adakala perasaan seorang terlihat senang, bahagia dan gembira, sementara pada waktu lain merasa tertekan hingga stres.

Dilansir situs Times of India, makanan dan minuman yang menjadi konsumsi sehari-hari bisa memberi dampak baik atau sebaliknya menjadi buruk. Situasi perasaan manusia sedang cemas dan stres, ada baiknya menghindari 5 jenis makanan dan minuman yang bisa membuat kondisi tubuh menjadi tidak sehat.

Penelitian tentang makanan dan minuman sudah banyak dipublikasikan untuk masyarakat modern dalam bentuk karya ilmiah. Menurut ahli gizi tentang beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya jangan di konsumsi, diantaranya:

5 Jenis Makanan dan Minuman Bisa Berdampak Buruk Saat Anda Cemas


1. Kue kering


Situasi kecemasan yang melanda diri individu ternyata punya kaitan dengan kadar gula darah manusia. Makanan camilan seperti kue kering yang mengandung gula tinggi, bisa memicu peningkatan kadar gula darah secara tidak sadar.

Cara mengatasi kecemasan untuk Anda yang biasa mencari camilan, bisa memilih buah yang segar dan alami. Kandungan buah yang disarankan oleh para ahli kesehatan, hanya memberi kadar gula alamiah.

2. Minuman manis


Selain camilan mengandung gula tinggi, sebagian masyarakat ada yang memilih minum yang mengandung manis. Jika minuman manis di konsumsi berlebihan saat cemas dan stres, justru semakin mengundang kadar gula yang semakin meningkat.

Jika Anda termasuk sosok memilih minuman manis saat stres dan cemas, cobalah mengganti dengan juice buah.

3. Smoothie


Manfaat kesehatan yang diberikan Smoothie sebagai konsumsi adalah sumber energi sekaligus nutrisi yang tinggi. Penawaran komponen smoothie dengan buah dan sayuran kurang protein bisa membuat kadar gula menurun atau sebaliknya. 

4. Minuman kafein


Jenis minuman yang mengandung kadar kafein bisa kita temukan pada kopi, teh hingga minuman suplemen energi. Penelitian yang diungkapkan tentang kebiasaan individu  yang sering minum kafein, lebih rentan meningkatkan rasa kecemasan.

Kandungan minuman kafein mampu meningkatkan produktivitas reseptor adenosin yang berada dalam sistem saraf perifer dan sarat pusat.

4. Makanan rendah serat


Makanan cepat saji sering menawarkan kemudahan untuk dimasak lebih cepat dan efisien. Namun beberapa dari makanan olahan yang kita konsumsi, sering menjadi penyebab gangguan saluran pencernaan hingga peradangan dalam perut. 

Konsumsi makanan rendah serat kurang baik saat sedang cemas karena akan memperlambat kerja metabolisme tubuh menjadi turun.

5. Minuman alkohol


Salah satu anggapan sebagian masyarakat sering menilai minuman alkohol bisa menenangkan kecemasan dan stres. Namun penelitian mengungkap, pengaruh minuman alkohol memiliki dampak sebaliknya dalam jangka panjang.

Pengaruh buruk pada manusia dari minuman mengandung alkohol, selain membuat kadar gula darah melonjak, juga masalah lain bisa timbul. Diantaranya gangguan dan mengalami insomnia, dehidrasi hingga resiko menjadi mabuk.

Faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi manusia memiliki 2 sisi yang berbeda untuk kesehatan. Kebiasaan buruk yang sering terjadi pada kita saat cemas, sering salah mengonsumsi makanan dan minuman mengatasi stres. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar