Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 23 November 2020

4 Cara Mengatasi Wasir Tanpa Masalah Baru

Dok Pixabay

 Info Singkat Cara mengatasi Wasir - Wasir bisa terjadi pada seseorang saat pembuluh darah di area anus dan rektum mengalami pembesaran menjadi membengkak. Beberapa ciri yang sering diungkapkan, penderita mengalami rasa nyeri dan rasa gatal hingga masalah lain seperti sakit ketika ingin duduk secara normal.

Dilansir Health Cleveland Clinic, gangguan kesehatan tubuh seseorang mengalami wasir disebabkan banyak faktor dan bisa dari internal dan eksternal. Namun sebagian besar gejala yang dominan adalah akibat eksternal.

Cara mengatasi wasir tanpa masalah baru bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi berlangsung. Sedikitnya ada 4 cara mengatasi wasir yang perlu diketahui, yakni:

4 Cara Mengatasi Wasir Tanpa Masalah Baru


1. Menggunakan air hangat

Saat rasa nyeri dan gejala lainnya timbul pada penderita, bisa menggunakan air hangat dengan suhu antara 36-37 derajat celcius. Isi air hangat ke wadah atau bak mandi dengan hati-hati sesuai posisi duduk.

Duduk dan berendam sekitar 15 menit usai melakukan aktivitas BAB atau secara rutin beberapa kali dalam sehari.

Agar pemakaian air hangat lebih efektif dan memberi manfaat yang lebih maksimal, Anda bisa membeli wadah berwujud baskom di toko obat yang menjual kebutuhan alat kesehatan atau melihat secara langsung di Apotek terdekat.

2. Menyediakan Psyllium Husk

Suplemen yang bisa membantu meredakan penyakit wasir adalah Psyllium husk. Fungsi kerja suplemen tersebut dengan mendorong kecukupan kebutuhan serat dalam tubuh sehingga aktivitas BAB akan keluar lebih lunak.

Konsultasikan dengan dokter dan akhli kesehatan cara pemakaian agar tidak berlebihan sehingga bisa menimbulkan efek samping. Suplemen ini jika terlalu banyak atau dipakai melebihi anjuran ahli kesehatan bisa membuat perut menjadi kram dan kembung.

Kebiasaan pola hidup sehat yang perlu diterapkan untuk mengatasi wasir, konsumsi air putih sesuai anjuran dokter secara teratur.

3. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk perawatan dan kecantikan sudah terkenal sejak lama. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya kaya dengan zat anti inflamasi.

Konsultasikan cara pemakaian yang benar dengan ahli kesehatan.

4. Garam epsom dan gliserin

Cara keempat mengatasi wasir tanpa masalah baru adalah garam epsom dan gliserin. Meski cara mengatasi dengan metode ini kurang begitu populer, ada baiknya diketahui untuk informasi berjaga-jaga jika diperlukan.

Cara memanfaatkan garam epsom dan gliserin adalah mencampurkan 2 sendok makan garam Epsom dengan takaran yang sama untuk gliserin. 

Setelah campuran tersebut sudah rata, gunakan dengan cara mengoleskan dibagian yang sakit dan mendiamkan sekitar 15-20 menit.

Cara mengatasi wasir dengan garam epsom dan gliserin bisa dilakukan setiap 4-6 jam dalam sehari jika dianggap perlu.

Selain 4 cara mengatasi wasir tanpa masalah baru yang disebutkan di atas. Ada baiknya segera konsultasi dengan dokter kesehatan terdekat untuk memperoleh diagnosis yang lebih akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar