Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 17 November 2020

3 Cara Membersihkan Sikat Gigi Sehabis Dipakai

Dok: Pixabay

 Info singkat cara membersihkan sikat gigi - Sikat gigi menjadi alat pendukung yang cukup penting menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Namun sikat gigi sehabis dipakai sering mendapat perlakuan tidak tepat yang mendorong masalah baru di waktu yang panjang.

Dilansir situs kesehatan tentang cara membersihkan gigi sehabis kita pakai, ternyata kebiasaan rutin membilas peralatan tersebut dengan air saja tidak cukup. Meski dengan air keran mengalir.

Mengutip penjelasan Mark B. Desrosiers, DMD yang menjadi anggota American Association of Endodontists dan asisten profesor Falkultas Kedokteran Gigi Universitas Boston, saat bagian mulut mengandung berbagai jenis bakteri dan melakukan kegiatan dalam mulut. Umumnya masih bisa dicegah bakteri baik.

Menurut pakar ahli kebersihan gigi, cara membersihkan sikat gigi sehabis digunakan oleh seseorang justru lebih beresiko dan menyebabkan bakteri jahar bertumbuh secara masif jika kurang tepat.

Tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan sikat gigi yang sering dipakai untuk menyikat gigi dengan melakukan metode berikut minimal 2 kali dalam seminggu.

3 Cara membersihkan sikat gigi sehabis dipakai


Untuk memulai kebiasaan menjaga kesehatan bisa dimulai dari peralatan yang biasa digunakan mendukung aktivitas sehari-hari. Khusus sikat gigi yang kita pakai pada gigi dapat dibersihkan dalam waktu 2 minggu sekali.

1. Membeli cairan khusus pembersih bakteri untuk sikat gigi

Dari sekian banyak jenis variasi sikat gigi yang dipakai manusia membersihkan gigi sesudah makan dan waktu lainnya. Cara membersihkan sikat gigi yang dipakai dengan cairan khusus yang memiliki fungsi membersihkan bakteri. Untuk menemukan pembersih sikat gigi dari kuman hingga bakteri, cobalah mengamati toko belanja online. Baca aturan pakai secara khusus dan memastikan pembersih yang dibeli ramah untuk bahan sikat gigi.

2. Menggunakan alat mesin pencuci piring

Triks sederhana lainya yang bisa digunakan sebagai cara membersihkan sikat gigi adalah mesin pencuci piring otomatis yang ada di rumah Anda. Namun jenis sikat gigi yang bisa dibersihkan dengan alat mesin pencuci piring tidak bisa semua jenis sikat gigi. Umumnya bahan sikat gigi yang bisa dibersihkan adalah berbahan sikat gigi manual dari plastik, kayu, hingga bambu. Untuk bahan dan sumber tenaga sikat gigi dari listrik harus dengan cara manual.

3. Hindari suhu lembab sebagai tempat penyimpanan

Setelah sikat gigi dinilai bersih dari kuman dan bakteri, proses penyimpanan sikat gigi setelah dipakai mempengaruhi pertumbuhan kuman dan bakteri berikutnya. Cara menjaga sikat gigi tetap bersih bebas bakteri dan kuman adalah menyimpan di tempat yang memiliki sirkulasi udara terbuka dengan posisi tegak.

Penelitian tentang mikroorganisme menjelaskan, sumber yang menjadi faktor utama mempengaruhi kuman hingga bakteri cepat berkembang adalah suhu lembab dan cenderung hangat. Oleh karenanya cara membersihkan sikat gigi setelah selesai dipakai, pilih tempat penyimpanan yang sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar