Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 06 November 2020

10 Perilaku Anjing yang Mempunyai Arti Khusus


Merawat hewan peliharaan di rumah, ternyata bisa menambah wawasan pemilik tentang dunia hewan. Jika kita tidak mengetahui perilaku yang disampaikan oleh anjing, saat menjadikan mereka teman dan sahabat maka Anda melihat banyak kebiasaan di perlihatkan untuk kita.

Perilaku anjing yang menjadi ekspresi sebagai respons yang terjadi sekitar mereka tersebut, mungkin menjadi pertanyaan untuk diri Anda?

10 Perilaku anjing yang mempunyai arti untuk Anda


Perilaku anjing hampir memiliki kesamaan yang hampir mirip setiap ras hewan. Watak yang terbentuk secara alamiah dan gabungan genetik induk mereka sebelumnya. 

Perilaku anjing yang sering kita lihat, diantaranya:

  1. meregangkan badan menjadi lebih panjang
  2. menjilat 
  3. memiringkan kepala
  4. menatap 
  5. mengguncang dan menggoyangkan mainan
  6. menangkap ekornya sendiri
  7. memutari tempat yang ingin mereka pakai untuk tidur
  8. mengendus bagian pantat
  9. memeluk erat bagian kaki
  10. mengendus kotoran 

Apa arti dari ke-10 perilaku anjing tersebut?


Anjing meregangkan badan


Kebiasaan anjing yang cukup sering terlihat oleh pemilik atau anggota keluarga ketika mereka meregangkan badannya sehingga tampak semakin panjang dari ukuran normal.

Kebiasaan meregangkan badan yang dilakukan oleh anjing tersebut, banyak dilakukan mereka saat menyambut majikan atau anggota keluarga yang mereka cintai.

Anjing meregangkan tubuh mereka saat pertama kali melihat majikan pulang dari tempat kerja ke rumah. Perilaku ini akan ditunjukkan mereka saat menyambut anggota keluarga di depan pintu, yang kembali dari sekolah atau bepergian.

Arti regangan tubuh anjing yang seperti ini biasanya mereka terapkan saat bangun dari tidur. 

Namun tubuh anjing yang memanjang saat menyambut kedatangan majikan adalah bentuk sapaan mereka untuk Anda.

Jika melihat hewan peliharaan melakukan sapaan seperti ini, ada baiknya Anda memberi mereka tepukan tangan atau sapaan balik bagi mereka.

Menjilat

Kebiasaan yang cukup sering anjing berikan adalah jilatan berasal dari lidah mereka. Perilaku menjilat dari anjing untuk pemilik atau anggota keluarga sebagai bentuk kasih sayang anjing untuk manusia.

Penelitian tentang kebiasaan anjing menjilat mengungkapkan penyebab mereka melakukan hal tersebut.

Anjing sebagai hewan yang memiliki kemampuan indera penciuman tajam, saat menjilat suatu objek maka alat sensorik mereka akan semakin memahami banyak hal lain.

Kebiasaan perilaku anjing memberi jilatan biasanya berlangsung pada masa perawatan anak anjing. 

Ketika induk anjing menjilati anak anjing berarti sebagai bentuk perawatan alamiah sekaligus interaksi secara emosional.

Jadi jilatan induk kepada anak anjing tidak perlu menjadi kekhawatiran yang berlebihan. Perilaku induk anjing ini akan berhenti secara naluri setelah anak mereka sudah dewasa.

 
Memiringkan kepala


Interaksi percakapan pemilik dengan hewan peliharaan, rata rata terjadi dengan banyak cara komunikasi. Anda bisa memberi tanda siulan, mengucapkan kata tertentu atau komunikasi media lain.

Anjing sering memiringkan kepala mereka sebagai respons reaksi yang diperoleh mereka. 

Perilaku anjing yang memiringkan kepala mereka bisa memiliki tujuan mencari kata kunci yang ingin lebih jelas.

Mereka mungkin sedang memilih kata kunci yang sesuai saat kalimat singkat seperti "berjalan" atau "datang." Kemungkinan anjing senang memiringkan kepala bisa juga untuk menemukan lokasi lebih akurat.

Sementara anjing yang berperilaku memiringkan kepala tanpa sebab yang jelas, sebaiknya memeriksakan mereka ke dokter hewan terdekat. 

Mereka mungkin punya masalah kesehatan pada pendengaran yang tak sempurna atau kemungkinan gangguan saraf.


Menatap 

Suatu hari, Anda mungkin akan menemukan anjing sedang menatap langsung ke arah Anda. Tatapan mata mereka yang lembut dan lucu tersebut, ternyata punya arti yang perlu diketahui pemilik.

Arti tatapan mata anjing yang lembut mengindikasikan mereka butuh pujian dari Anda. 

Tatapan mata dari hewan seperti anjing tidak selamanya bentuk kebutuhan pujian atau memerlukan sesuatu.

Perbedaan ras anjing secara insting dan naluri, sering kali dimaknai merasa terancam.

Ada baiknya orang asing saat melihat tatapan mata dari anjing, tidak langsung merespon membalas tatapan mata mereka secara langsung. 

Sebuah tatapan langsung dari orang asing atau saat mereka merasa terancam bisa mengundang reaksi agresi atau sebaliknya bersembunyi saat didekati manusia.

Mengguncang dan menggoyangkan mainan

Pernah melihat anjing menggigit sambil menggoyangkan mainan kesukaan mereka?

Kebiasaan anjing senang menggigit dan mengguncang mainan tersebut adalah ekspresi mereka sedang bersenang-senang dalam bermain. 

Menangkap ekornya sendiri


Kebiasaan umum lain sering anjing kerjakan adalah berusaha menangkap ekor mereka sendiri. 

Perilaku anjing ingin menangkap ekor mereka kadang terlihat lucu dan mengundang gelak tawa anggota keluarga.

Arti perilaku anjing mengejar ekor mereka sebagian besar bentuk bermain mereka. Anjing tersebut merasa perlu membuang energi yang dimiliki karena menilai kurang bergerak atau kurang olahraga.

Kebiasaan perilaku anjing mengejar ekor mereka bisa menjadi sebuah masalah kesehatan. 

Hewan peliharaan yang punya masalah kesehatan terus berusaha mencari ekor mereka, bisa mengindikasikan gangguan obsesif kompulsif.

Untuk menentukan perilaku anjing terlalu sering mengejar ekor mereka jika berlebihan, sebaiknya membawa ke dokter hewan terdekat.

Memutari tempat yang ingin mereka pakai untuk tidur

Salah satu kebiasaan perilaku anjing yang sering kita lihat saat mereka ingin tidur.
Beberapa ras anjing biasanya akan memutari tempat yang ingin mereka pakai tidur.

Arti perilaku anjing berputar dan melingkari area sebelum tidur adalah sedang mencari tempat yang paling nyaman untuk meletakan kepala.

Ritual anjing memutari tempat tidur sudah berlangsung sejak nenek moyang anjing tersebut.

Mungkin tingkah laku mereka aneh atau tampak lucu. Beberapa ahli perilaku hewan menilai kebiasaan anjing memiliki kebiasaan hampir sama dengan serigala.

Serigala yang hidup di alam liar, memiliki ritual untuk berjalan hingga memutari area. 

mengendus bagian pantat

Kebiasaan anjing mengendus pantat memiliki arti yang perlu diketahui pemilik. Perilaku anjing mengendus bagian pantat juga berlangsung dengan anjing lain.

Arti perilaku anjing mengendus bagian pantat saat bertemu anjing lain adalah bentuk sapaan, seolah mengucapkan senang bertemu dengan kamu.

Dalam dunia hewan, perilaku mengendus pantat tersebut sudah menjadi bentuk sapaan yang terima secara sosial di kalangan hewan anjing.

Memeluk erat bagian tubuh


Perilaku memeluk erat tubuh manusia atau hewan lain jarang terjadi pada anjing secara umum. Namun hewan peliharaan tersebut bisa saja menunjukkan tingkah laku seperti ini karena faktor pengaruh tertentu.

Pertemuan anjing di suatu tempat dengan anjing dan hewan lain, mungkin Anda bisa menemukan kemungkinan ini terjadi.

Anjing yang memperlihat reaksi humping, tidak selalu terkait dengan masa panas mereka.

Anjing yang sudah di steril atau di kebiri namun melakukan perilaku ini, ada kemungkinan mereka merasa semangat berlebihan. 

Cara mencegah perilaku seperti ini, mereka tidak bisa dikasari. Cobalah untuk menarik perhatian mereka dengan mengalihkan minatnya pada mainan atau camilan yang dibawa Anda.

Mengendus kotoran 

Kebiasaan yang cukup banyak dilihat dalam perilaku anjing adalah mengendus kotoran mereka sendiri. Dalam beberapa cerita pemilik anjing, ada juga sebagian dari hewan peliharaan akan memakan kotoran tersebut.

Ada banyak faktor pengaruh penyebab perilaku seperti ini. Beberapa arti kebiasaan mereka bisa saja sedang kondisi lapar atau menyukai aroma yang muncul dari kotoran tersebut.

Ada baiknya perilaku anjing senang mengendus hingga makan kotoran mereka mendapat pemeriksaan dan perawatan dokter hewan terdekat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar