Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 01 November 2020

10 Penyebab Diare Bisa Terjadi dari Makanan

Kredit: Pixabay.com

Mengalami gangguan kesehatan seperti diare yang tak kunjung sembuh meski telah berobat ke ahli kesehatan, ternyata bukan soal obat yang di minum kurang berkhasiat. 

Ada banyak faktor yang berpengaruh diare menjadi lama sembuh jika pola makanan yang dimakan berlangsung sembarangan.

Masalah penyakit diare yang terasa pada seseorang, umumnya memiliki tanda dan gejala mudah kita ketahui. Aktivitas paling mencolok saat diare, perut menjadi tidak nyaman dan tampak kembung. Selain tanda lain saat diare, aktivitas buang air besar (BAB) sulit dikontrol dan feses yang keluar cenderung encer dan berair.

Sebab terjadinya diare pada manusia bisa berbagai macam, dan terbanyak akibat infeksi virus dan bakteri dalam saluran pencernaan. Selebihnya diare bisa juga terjadi pada seseorang dari makanan yang mereka konsumsi.

10 Penyebab diare berasal dari makanan


Makanan yang dimakan sebagai sumber nutrisi, vitamin, gizi dan zat penting lain bagi tubuh, sebagian besar tidak membawa masalah lain. Namun ada sebagian dari kita yang bisa bermasalah diare pada makanan tertentu.

Misalnya susu dan produk olahan sejenisnya hingga jenis makanan mengandung bahan zat tertentu. Jika ada jenis makanan atau minuman yang diduga menjadi sumber diare tersebut, cobalah untuk berhenti memakannya sementara waktu sambil melihat respon tubuh.

Seseorang bisa mengalami diare pada susu dan produk olahan berbahan yang sama. Kandungan dalam susu yang diminum orang lain sama dampaknya bisa membuat diare karena metabolisme tubuh intoleransi dengan zat yang dimiliki oleh makanan tersebut.

Berikut ringkasan 10 makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari jika memiliki gangguan kesehatan, khususnya diare.

Untuk mendapatkan sebab utama mudah diare, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter.

10 Penyebab diare dari makanan

  1. makanan pedas
  2. Zat penganti gula
  3. susu dan produk olahan sejenisnya
  4. kopi
  5. kandungan fruktosa
  6. bahan makanan menggunakan bawang putih dan bawang merah
  7. sayur dengan serat tinggi
  8. buah-buahan serat tinggi
  9. makanan cepat saji
  10. minuman mengandung alkohol

Makanan pedas

Mengonsumsi makanan bertabur cabai bisa membawa seseorang mudah diare. Dilansir Health Line, makanan pedas menjadi penyebab utama yang membuat seseorang lebih rentan bermasalah pada usus pencernaan mereka.

Cabai yang dipakai dalam makanan menjadi pedas memiliki zat kimia yang dikenal dengan nama capsaicin. 

Cara menjaga kesehatan secara tradisional melalui makanan pedas sejenis cabai, bisa memberi manfaat maksimal untuk mencegah penyakit seperti nyeri, peradangan sendi dan penyakit lain.

Namun efek lain cabai yang mengandung capsaicin bisa memberi pengaruh kurang baik bagi mereka yang memiliki intoleransi makanan rasa pedas.

Jika Anda merasa diare yang terjadi akibat makanan pedas yang dikonsumsi belum lama. Ada baiknya mulai mengurangi secara perlahan-lahan agar tubuh tetap prima.

Gejala pada tubuh individu yang alergi dengan bahan makanan sejenis cabai dan makanan pedas lain, memberi respons yang terjadi seperti timbul mual, muntah, perut kembung dan sakit dan diare.

Zat penganti gula

Bahan lain mungkin saja tidak membawa masalah kesehatan pada orang lain. Namun  untuk sebagian bisa mudah diare setelah menggunakan zat penganti gula sebagai bahan pemanis.

Ragam bahan penganti gula yang biasanya menambah rasa manis bisa mengandung aspartam, sakarin, sukralosa, serta alkohol gula. Sebagian tubuh seseorang akan menjadi diare karena tidak mampu mengolah zat manitol, sorbitol, dan xylitol.

Beberapa contoh makanan dan minuman yang bisa mengandung zat penganti gula, misalnya pada produk permen karet, makanan penutup rendah gula, minuman diet, krimer, dan beberapa produk kebersihan mulut dan gigi.

Susu dan produk olahan sejenisnya

Susu adalah minuman yang sudah kita kenal memberi banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Lewat minuman susu yang kita konsumsi secara teratur ini, sejumlah zat penting yang tidak didapatkan dari sumber makanan akan terpenuhi sehingga menjadi seimbang.

Susu dan produk olahan menggunakan bahan susu, ternyata bisa membuat orang mudah diare karena tubuh mengalami intoleransi dari zat di dalam minuman tersebut.

Susu mengandung zat laktosa dan bisa menjadi penyebab diare pada orang lain jika memiliki riwayat kesehatan bermasalah dengan zat laktosa.

Produk susu yang dianjurkan bagi mereka yang alergi dengan zat laktosa, bisa membeli secara khusus pada merk tertentu yang memberi kadar laktosa rendah.

Beberapa jenis susu dan produk olahan yang bisa Anda manfaat sebagai minuman kesehatan penyeimbang gizi, nutrisi dan mineral penting lain, diantaranya susu bebas laktosa, susu almon, susu kedelai, hingga susu yang menggunakan bahan kacang mete.

Kopi

Minuman mengandung kopi dikenal menyegarkan tubuh sebagian orang. Manfaat kopi tidak sekedar membuat tubuh terbangun lebih siap, juga bisa meningkatkan konsentrasi dan sikap waspada.

Zat kopi yang sering dipakai sebagai minuman, ternyata bisa membuat orang menjadi diare. Ketika seseorang yang memiliki tanda intoleransi dari zat kopi, mereka bisa buang air besar (BAB) saat mengonsumsi lebih dari 3 cangkir dalam sehari.

Jika metabolisme tubuh Anda bermasalah dengan zat kafein yang terdapat dalam biji kopi, bisa menggunakan minuman alternatif lainnya yang tidak kalah efektif menjaga konsentrasi dan waspada.

Beberapa jenis minuman penganti pencegah BAB, misalnya mengganti dengan teh hijau atau minuman panas lainnya yang lebih cocok untuk tubuh.

Kandungan fruktosa

Bahan makanan dan minuman yang memiliki kadar fruktosa, rata-rata bisa kita temukan pada makanan dan minuman menggunakan bahan alamiah buahan.

Namun kandung fruktosa yang kita kenal sebagai gula alamiah dalam buah tersebut, bisa menimbulkan masalah BAB tidak normal, khususnya sebagian orang yang memiliki alergi.

Beberapa contoh makanan dan minuman yang bisa menambahkan zat mengandung fruktosa, yakni dalam permen, minuman ringan hingga jenis makanan dan minuman menggunakan pengawet.

Bahan makanan menggunakan bawang putih dan bawang merah

Bahan makanan bawang putih dan bawang merah adalah pelengkap masakan yang lumrah hadir dalam suatu hidangan.

Namun bahan makanan yang menggunakan bawang merah dan bawang putih, ternyata bisa memicu diare dan BAB pada sebagian orang.

Kandungan zat yang terdapat dalam bawang merah dan bawang putih sering membawa sari dan diuraikan asam dalam tubuh. Metabolisme tubuh pengurai sari pada bawang putih dan bawang merah ini akan menciptakan gas dan menumpuk dalam usus besar.

Bagi sebagian orang, bahan makanan dari bawang merah dan bawang putih tidak hanya menciptakan gas secara normal. Ketika metabolisme tubuh mereka tidak mampu mengurai secara tepat, makan fruntan sulit di proses tubuh.

Kandungan bawang merah dan bawang putih juga terdapat zat serat tidak larut air, sehingga perjalanan mereka dalam tubuh lebih cepat melewati sistem tubuh.

Sayur dan buahan dengan serat tinggi

Sayuran dan buah-buahan memberi banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Dalam sayur-sayuran dan buah-buahan tersebut, tubuh menerima banyak serat, nutrisi dan vitamin penting.

Sebagian individu mudah BAB dan mengalami diare pada jenis buah dan sayuran tertentu. 

Rata-rata jenis sayuran dan buahan yang menjadi masalah ini berasal dari serat yang diterima terlalu tinggi.

Jika tubuh tidak mampu mengolah serat, beberapa gejala yang dialami akan membuat mereka mudah sembelit, perut kembung hingga diare.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji menawarkan waktu yang praktis dalam penyajian dan mengolah lebih mudah dibandingkan makanan jenis lain.

Namun makanan cepat saji bisa membuat seseorang mudah diare karena kandungan lemak didalamnya cukup tinggi. Sajian makanan cepat saji, rata-rata tinggi lemak jenuh dan lemak trans.

Minuman mengandung alkohol

Ternyata minuman mengandung alkohol berpengaruh kurang baik untuk usus pencernaan seseorang yang memiliki riwayat kesehatan alergi.

Jika Anda merasa diare terjadi karena konsumsi minuman mengandung alkohol, hindari sebagai minuman Anda.

10 penyebab diare bisa Terjadi dari makanan, khususnya mereka yang memiliki riwayat kesehatan tubuh intoleransi pada zat tertentu. Untuk memastikan sumber penyebab utama seseorang mudah BAB, konsultasikan dengan dokter terdekat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar