Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 28 November 2020

10 Manfaat kita makan buah, Apa saja?

Sumber Pixabay

 Buah-buahan tumbuh subur dan mudah ditemui masyarakat yang tinggal di Indonesia karena memiliki tanah yang subur untuk berbagai jenis tumbuhan. Ada banyak manfaat untuk kita yang membiasakan makan buah terutama bagi kesehatan.

Buah-buahan bisa menjadi pilihan terbaik untuk manusia memulai pagi hari. Aktivitas sarapan, camilan hingga pencuci mulut dan sebagian besar rasa buah manis lebih mudah dikonsumsi karena tidak harus memasak terlebih dahulu atau menggunakan resep tertentu.

Banyak contoh dari buah-buahan yang bisa dikonsumsi langsung seperti pisang, apel, anggur, nanas dan jenis buah-buahan lainnya. Tidak berlebihan jika individu yang menginginkan kesehatan tetap prima selalu menyediakan buah dalam rumah mereka sebagai pilihan terbaik.

Mengapa buah-buahan perlu ada dalam rumah 


Perkembangan jenis makanan dan minuman di jaman modern seperti sekarang ini. Anak-anak lebih senang memilih makanan camilan yang di olah cepat. Sayangnya dari konsumsi sehari-hari mereka lebih banyak mengundang resiko kesehatan di masa mendatang dan tidak ada nutrisi yang baik untuk pertumbuhan mereka.

Produk makanan olahan yang dibuat dengan bahan zat pewarna dan penuh dengan kandungan gula rafinasi buatan bisa meningkatkan kadar kalori dalam tubuh semakin tinggi.

Dilansir Center for Disease Control statistik pada 2050 memperkirakan 1 dari 3 individu mengalami masalah kesehatan penyakit diabetes.

Pentingnya buah-buahan tersedia dalam rumah sebagai konsumsi kesehatan selain membantu Anda dan anggota keluarga lainnya beralih menghindari makanan olahan yang kurang sehat. 

10 Manfaat kita makan buah


Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda temukan dalam buah-buahan sebagai makanan, camilan dan menu harian. Berikut 10 manfaat kita makan buah yang perlu diketahui, yakni:
  1. Mengonsumsi buah bisa menurunkan resiko penyakit
  2. Kandungan buah meningkatkan kesehatan tulang dan otot
  3. Sebagian besar buah memiliki kadar air yang menjaga tubuh tetap terhidrasi
  4. Zat penting dari buah mencegah radikal bebas dengan antioksidan
  5. Manfaat kita makan buah menjaga kesehatan organ pencernaan
  6. Buah yang di makan secara teratur memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh
  7. Menjaga penampilan lebih segar dan cerah
  8. Menjaga fungsi otak secara maksimal
  9. Manfaat kita makan buah akan mendorong tubuh selalu berenergi
  10. Buah-buahan menjaga organ tubuh lebih sehat

Secara garis besar apa saja manfaat buah-buahan bagi tubuh kita?

  • sumber vitamin yang dibutuhkan tubuh
  • sumber air dan gizi
  • sumber antioksidan mencegah radikal bebas
  • sumber obat pencegahan penyakit

Mengonsumsi buah bisa menurunkan resiko penyakit

Apa manfaat yang tidak disadari kita saat rutin makan buah?


Salah satu manfaat terbesar diperoleh seseorang yang terbiasa makan buah secara teratur adalah resiko penyakit semakin menurun untuk terjadi.

Sebuah studi tahun 2003 terhadap orang yang memiliki kebiasaan makan buah setiap hari, mampu menurunkan resiko banyak penyakit. Studi Harvard School of Public Health 2003 menerangkan penyakit jantung ada dalam urutan pertama di AS.

Seseorang yang terbiasa makan buah utuh membantu menurunkan resiko penyakit jantung sekaligus menurunkan resiko Diabetes tipe 2.

Kandungan buah meningkatkan kesehatan tulang dan otot

Mengonsumsi buah secara keseluruhan membawa manfaat kesehatan untuk tubuh. Beberapa fungsi kesehatan tulang dan otot bisa lebih kuat. Studi Universitas Negeri Florida 2011 mengungkapkan buah plum sangat baik mencegah osteoporosis. Studi di tahun yang sama oleh Universitas of East Anglia menjelaskan, kandungan vitamin C bisa membantu seseorang menjaga massa otot mereka.

Sebagian besar buah memiliki kadar air yang menjaga tubuh tetap terhidrasi

Salah satu manfaat kita makan buah adalah kadar air yang tersedia didalamnya. Buah-buahan sebagian besar memiliki kadar air yang sangat tinggi sehingga membantu tubuh Anda secara tidak langsung dalam kondisi terhidrasi.

Selain kadar air dari buah yang demikian tinggi, sebagian fungsi ini bisa diperoleh dari minuman air putih setiap hari.

Zat penting dari buah mencegah radikal bebas dengan antioksidan

Tahukah Anda pengaruh radikal bebas sebagai atom kecil yang tidak stabil membuat tubuh akan menua lebih cepat. Selain itu radikal bebas bisa  merusak sel-sel sehat dan bahkan menyebabkan kanker. Antioksidan adalah zat yang membantu melawan pengaruh buruk tersebut.

Manfaat kita makan buah menjaga kesehatan organ pencernaan

Tubuh manusia membutuhkan keseimbangan nutrisi dengan vitamin hingga mineral penting lainnya. Tersedianya nutrisi tersebut membuat tubuh selalu sehat. Salah satu manfaat terbesar buah adalah semua serat sehat di dalamnya. Menurut USDA, serat buah membantu mengurangi kadar kolesterol darah. Pada akhirnya menurunkan risiko penyakit jantung sekaligus menjaga kesehatan usus pencernaan. Pencernaan yang sehat bisa mencegah masalah seperti sembelit, wasir, dan divertikulosis.

Buah yang di makan secara teratur memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar