Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 04 Oktober 2020

Hari Hewan Sedunia dan Manfaatnya untuk Manusia

Histori


Hari Hewan Sedunia atau hari binatang sedunia merupakan peringatan yang istimewa untuk kehidupan fauna seluruh spesies pada 4 Oktober setiap tahun. 

Awal mulanya Hari Hewan Sedunia pertama kali diperingati para ahli ekologi dalam konvensi di Florence, Italia, 1931. 

Selain itu, kegiatan aktivis pecinta alam, pelindung binatang dan lingkungan mengadakan pesta perjamuan Francis of Assisi dan pada masa tersebut beberapa gereja memberi pemberkatan untuk binatang di hari Minggu, berdekatan dengan tanggal 4 Oktober.

Penetapan setiap tanggal 4 Oktober sebagai Hari Binatang Sedunia bertujuan bentuk penghargaan manusia terhadap seluruh jenis binatang yang ada di muka bumi. 

Maksud dan tujuan yang mulia dalam peringatan Hari Hewan Sedunia kini telah menjadi perayaan masyarakat seluruh dunia untuk menghargai semua jenis binatang.

Tanpa melihat perbedaan kepercayaan, agama, budaya hingga kebangsaan yang menjadi latar belakang, seluruh manusia yang memiliki kepedulian menghargai binatang selalu melakukan penyelamatan hewan secara individu maupun organisasi satwa.

Kegiatan di berbagai negara seperti yang di aktualisasikan komunitas pecinta binatang, misalnya di Korea Selatan penyayang binatang membuat petisi untuk presiden Moon jae-in agar melarang warga mengonsumsi hewan, khususnya anjing.

Cara merayakan hari hewan sedunia


cara merayakan hari binatang sedunia
Kredit foto: Pexels.com

Tidak berbeda dengan hari peringatan dan perayaan yang ada dalam masyarakat secara umum, ada berbagai cara yang positif yang bisa kita kerjakan memaknai arti hari istimewa sedang berlangsung. 

Seperti dalam hari binatang sedunia yang diperingati setiap 4 Oktober, kita menyadari pentingnya kehidupan berbagai jenis hewan seluruh dunia menjaga keseimbangan lingkungan. Oleh karena itu perlu mendapat penghargaan.

Contoh yang bisa kita lakukan sebagai cara mengingat dan mengharga hewan, bisa dimulai dengan kegiatan secara sederhana seperti ikut terlibat kegiatan pengumpulan dana hingga memberi dukungan untuk kegiatan yang dilakukan organisasi satwa liar, tidak berlaku kejam dan semena-mena terhadap binatang, hingga memelihara dan menjaga kesejahteraan peliharaan.

Peringatan lain yang berhubungan dengan dunia hewan, misalnya setiap tanggal 15 Oktober setiap tahun menjadi Hari Hak Asasi Binatang secara internasional dalam memberi pelindungan dan kesejahteraan hewan.

Cara tiap negara menjaga, melindungi dan memelihara hewan dengan meningkatkan kesadaran warga tentang kesejahteraan binatang di sekitar masih perlu diterapkan secara tegas. 

Cara perlakuan semena-mena pada binatang dan hewan oleh sebagian orang di dunia, sering menelantarkan bahkan menyiksa untuk alasan tertentu.

Di Indonesia, pemerintah telah menyediakan pelindungan untuk binatang seperti Pasal 302 KUHP tentang Perlindungan Hewan dan di kuatkan dalam Undang undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. UU lain seperti dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem dan lain-lainnya.

Bagaimana cara kita merayakan hari hewan sedunia?


Ada banyak hal yang bisa kita lakukan merayakan hari binatang sedunia untuk menghargai berbagai jenis fauna di dunia.

Beberapa cara merayakan hari binatang sedunia, diantaranya:
  • menjadi vegetarian sehari
  • mulai menyayangi hewan
  • memperhatikan kebutuhan binatang
  • menjadi relawan kegiatan hewan liar
  • memberi dukungan berupa dana dan bantuan lain untuk organisasi penyayang hewan terlantar
  • ikut dalam kegiatan bazar yang diselenggarakan panitia perlindungan hewan terlantar

Pentingnya menjaga kelestarian hewan di seluruh dunia untuk kehidupan manusia, tidak harus menunggu setiap 4 Oktober. Kita dapat memulai hal positif untuk terlibat sejak dini dengan memberi perhatian berupa kepedulian hewan di sekitar lingkungan agar tidak mendapat perlakuan semena-mena dan menelantarkan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar