Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 19 Oktober 2020

Gigi Anjing Retak dan Patah

Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi gigi anjing 

Gigi makhluk hidup menjadi alat penting mengunyah makanan yang di makan sebelum masuk sistem pencernaan mereka. Adakala gigi hewan peliharaan bisa rusak hingga fungsi alat pencernaan ini menjadi berkurang dan terhambat mengunyah makanan.

Banyak penyebab yang membuat gigi hewan peliharaan, khususnya anjing mengalami patah maupun retak, mulai dari faktor genetik bawaan yang diwariskan induk mereka sebelumnya hingga retak dan patah akibat dari permainan dengan anjing lainnya saat tarik menarik terlalu kuat.

Dilansir dari situs hewan yang merawat anjing sebagai peliharaan, keretakan yang dialami anjing bisa karena mengunyah benda keras tanpa sengaja. 

Beberapa jenis benda keras yang dapat memicu gigi anjing retak atau patah, misalnya mengunyah batu, jenis tulang keras dan benda asing lainnya yang terselip dalam makanan yang mereka konsumsi.

Penyebab lainnya gigi anjing bisa retak dan patah, terjadi karena benturan yang menyebabkan trauma.

Membedakan keretakan atau patah gigi pada anjing


Sebelum pemilik hewan peliharaan berpikir terlalu serius tentang akibat yang ditimbulkan pada gigi anjing yang patah, kita perlu mengetahui perbedaan keretakan dan patah gigi mereka.

Gigi anjing bisa patah dan retak dibedakan dalam dua jenis, yakni rusaknya bentuk gigi utuh mereka yang mengenai fraktur sehingga menyebabkan email menjadi teriris dan mengekspos dentin.

Pada umumnya keretakan gigi anjing seperti ini tidak mengenai saluran pulpa dan sering disebut fraktur tanpa komplikasi.

Gambaran umum kerusakan gigi anjing dalam kelompok pertama ini, patahan dan retakan gigi tidak menyentuh ujung saraf yang terdapat dalam jaringan gigi (saluran pulpa) dan hanya pada ujung gigi.

Kelompok kedua yang mungkin terjadi pada anjing yang mengalami gigi retak atau patah, yakni fraktur yang terdiri dari enamel, dentin hingga saluran pulsa menjadi terbuka lebar.

Retakan gigi anjing jenis kedua ini membuat lubang sehingga memunculkan resiko baru dari ringga mulut mereka jika terdapat bakteri.

Terbukanya gigi yang patah meliputi enamel, dentin dan saluran pulsa menjadi berlubang memudahkan bakteri dalam mulut anjing membuat peradangan dan infeksi.

Cara merawat gigi anjing yang patah tanpa komplikasi


Sebelum penulis dunia hewan mengungkapkan cara merawat gigi anjing yang patah atau retak tanpa komplikasi, atau tepatnya kelompok pertama yang disebutkan di atas. Saran yang dituliskan bukan dimaksud untuk mendahului diagnosa dan pemeriksaan awal dari dokter hewan terdekat.

Cara yang paling aman dan yang paling disarankan mengetahui faktor resiko kerusakan gigi anjing yang retak atau patah, membawa mereka ke dokter hewan terdekat untuk pemeriksaan secara medis.

Pengobatan gigi anjing patah atau retak tanpa komplikasi menyebabkan lubang terbuka dalam pulpa bisa dilakukan secara peridontal.

Kendala umum bagi pemilik hewan peliharaan memperkirakan fraktur mahkota gigi tidak terbuka dan beresiko infeksi pulpa, yakni memerlukan radiografi gigi dan pemeriksaan mulut secara komprehensif dengan anestesi bagi yang berpengalaman.

Setelah Anda yakin gigi anjing patah dan retak bukan dalam golongan beresiko memicu infeksi dan menyebabkan peradangan gigi, step pertama mengobati gigi patah adalah menghaluskan situs gigi yang patah.

Tujuan menghaluskan bagian gigi ujung yang patah dan retak pada hewan peliharaan untuk mencegah kemungkinan masih kasar sehingga bisa menyebabkan plak gigi menjadi masalah.

Cara mengobati gigi anjing yang patah membuat lubang


Untuk pengobatan gigi anjing yang retak dan patah dengan fraktur mahkota yang teriris dan terbuka, tak banyak pilihan yang bisa kita lakukan, selain membawa hewan peliharaan ke dokter hewan terdekat.

Bagian gigi yang patah dan retak dengan resiko infeksi dan memicu peradangan, memerlukan terapi seperti saran dokter yang menangani.

Proses perawatan dan pengobatan selanjutnya, setelah dianggap sehat dan memenuhi syarat tindakan medis, dokter hewan kemungkinan akan mencabut gigi jika dianggap terlalu dalam.

Cara penyembuhan gigi anjing yang retak dan patah dalam kasus kelompok kedua ini, masih dimungkinkan untuk memakai penambal lubang gigi jika dianggap masih bisa oleh dokter hewan.

Cara memberi makanan untuk anjing yang patah dan retak gigi


Proses perawatan selanjutnya untuk anjing setelah mendapat kepastian faktor resiko yang bisa di minimalisasi kan adalah prosedur memberi makanan pada mereka.

Untuk mendapat saran dan rekomendasi yang paling tepat jenis makanan dan cara memberikan, Anda bisa menanyakan langsung pada dokter hewan yang menangani hewan peliharaan.

Makanan untuk anjing dengan gigi retak dan patah

Perawatan harian untuk anjing yang mengalami masalah gigi saat retak atau patah adalah memastikan sudah mendapat pemeriksaaan dari dokter hewan.

Cara merawat anjing dengan gigi patah atau retak selanjutnya yakni pemilihan makanan yang tepat untuk mereka.

Pilih jenis pakan berkualitas tinggi yang masuk kelompok makanan lembek dan lunak sekitar dua minggu. Setelah saluran akar di nilai sudah sembuh, anjing bisa beralih ke makanan awal jika dianggap perlu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar