Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 16 Oktober 2020

Faktor penyebab evolusi pada makhluk hidup

Kredit foto: zenius.net

Evolusi adalah perubahan yang terjadi pada makhluk hidup selama mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara perlahan-lahan serta membutuhkan waktu yang cukup lama. Istilah lain evolusi bisa berarti pada perubahan secara genetik yang berlangsung dalam garis peralihan.

Pengertian evolusi sering diartikan proses perubahan yang berlangsung menjadi bentuk yang berbeda. Evolusi  dalam perubahan genetik dan bentuk memerlukan waktu perkembangan yang lambat.

Faktor Penyebab Evolusi


Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadi evolusi disebabkan oleh mutasi, seleksi alam, warisan gen, peralihan genetik, dan kombinasi dalam organisme.

Ilmu pengetahuan seperti biologi menjadi salah satu yang cukup banyak mempelajari tentang kehidupan. Mulai dari misteri makhluk hidup hingga evolusi organisme yang beradaptasi dari waktu panjang menyesuaikan perkembangan lingkungan.

Banyak pendapat meyakini, evolusi terjadi melalui seleksi alam.

Beberapa tokoh dunia yang terkenal dengan teori tentang evolusi diantaranya Erasmus Darwin dan cucunya Charles Darwin yang menerbitkan buku On the Origin of Species dan tokoh laon, Alfred Russel Wallace.

Contoh evolusi makhluk hidup di dunia


Ngengat merica - Ngengat ini memiliki warna terang yang menjadi gelap. Mutasi perubahan warna mereka lebih dominan gelap karena ngengat berwarna terang lebih mudah dilihat oleh burung sehingga dengan seleksi alam, ngengat berwarna gelap bertahan untuk bertahan hidup.

Kadal Berjari Tiga - Kadal ini dapat bertelur atau melahirkan keturunan baru. Cara kadal berjari tiga menyesuaikan kondisi lingkungn tempat tinggal mereka. Kadal yang hidup di pesisir pantai biasanya bertelur dan kadal di iklim sejuk cenderung melahirkan. 

Kutilang Darwin - Burung kutilang di Kepulauan Galapagos semuanya mengembangkan paruh yang berbeda. Awalnya, kutilang memiliki paruh besar untuk memecahkan kacang besar. Sekelompok kutilang datang dari pulau lain yang lebih besar dan mengusir mereka dan memakan kacang mereka. Seiring waktu, kutilang mengembangkan paruh untuk memakan kacang yang lebih kecil yang tidak dimakan oleh kutilang lainnya.

Ular dan Tikus - Warna ular dan tikus telah berubah sesuai dengan lokasinya. Mereka dapat ditemukan dengan warna kuning, hitam, oranye dan hijau, dan hidup di seluruh belahan dunia.

Serangga dan pestisida - Setiap kali pestisida digunakan, serangga tertentu akan mengembangkan kekebalan sistem tubuh agar tetap berkembang biak. Dalam beberapa generasi, panjang generasi serangga akan terlihat menjadi lebih pendek.

Contoh Evolusi dalam Teknologi


Ponsel telah berubah selama bertahun-tahun dari unit berukuran besar menjadi unit yang sangat kecil yang pas di telinga Anda. Fitur telah ditambahkan selama bertahun-tahun, menjadikan ponsel saat ini selengkap layar komputer.

Layar televisi telah meningkat ukurannya dari layar asli 12 inci tahun 1930-an menjadi layar ukuran ruangan.

Ukuran komputer telah berkurang dari ukuran ruangan tahun 1960-an menjadi layar komputer sekecil tampilan jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar