Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 30 Oktober 2020

Cara Merawat Kucing Himalaya, Dari Makan, Mandi Hingga Grooming

Kredit foto: Pixabay.com

Cara merawat kucing Himalaya bisa menjadi waktu yang menyenangkan majikan setelah tahu segala sesuatu hal yang perlu dilakukan pada mereka.

Jika Anda salah satu pemilik kucing Himalaya yang belum lama mengadopsi mereka, hal unik yang menjadi kelebihan hewan peliharaan ini adalah karakter yang menyenangkan karena wataknya untuk menyesuaikan diri, sehingga bisa menjadi hewan pendiam dan berubah menjadi aktif untuk bermain dengan anggota keluarga Anda.

Ras Himalaya memiliki karakter kucing yang ramah dengan manusia. Mereka punya keanggunan yang menjadi ciri khusus sebagai kucing Himalaya dengan warna mata kebiruan, tembaga, atau hijau/

Kucing yang dikenal dengan bulu panjang, Himalaya termasuk hewan sehat dibanding dengan ras kucing murni lain. Rata-rata hewan peliharaan ini jarang menderita masalah alergi pada zat makanan secara umum.

Cara merawat kucing Himalaya butuh perhatian yang lebih banyak dibanding kucing bulu pendek. Mereka bisa menjadi hewan yang mudah mengalami kerontokan bulu sehingga perlu diberikan perawatan yang konsisten di waktu yang tidak terlalu lama.

Karakter kucing Himalaya


Ciri-ciri yang menjadi tanda kucing Himalaya secara umum adalah tubuh mereka terlihat pendek namun memiliki proposisi yang tebal, efek dari bulu panjang di badan mereka. 

Bentuk kepala Himalaya yang bulat, semakin eksotis didukung mata mereka yang indah berbentuk bulat besar.

Sebagai hewan peliharaan, kucing Himalaya perlu mendapat perhatian ekstra pada kesehatan tubuh mereka, agar tidak mudah menjadi kegemukan. 

Aktivitas harian yang biasa mereka kerjakan sangat jarang menggunakan kalori yang besar sehingga perlu diberikan waktu olahraga sesuai saran ahli hewan.

Banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan bersama kucing Himalaya. Mulai dari aktivitas bermain hingga menggunakan alat bantu sebagai mainan untuk mereka.

Anda bisa mengajak mereka bermain bola atau mengejar obyek permainan lain yang disukai.

Cara merawat kucing Himalaya


Kucing Himalaya dikenal hewan bulu panjang. Jika Anda menginginkan mereka tumbuh sehat dari kecil hingga dewasa, bulu mereka perlu di sikat dengan sisir, dibersihkan dari kotoran dan gumpalan bulu kusut hingga tidak kusut dan menjadi kotor.

Cara perawatan kucing Himalaya yang lain adalah menjaga kebersihan area wajah dan hidung mereka. Air mata mereka yang menempel di dekat mata, perlu di bersihkan setiap hari menggunakan lap lembab.

Cara merawat kucing Himalaya pada makanan


Secara umum ras Himalaya bukan jenis kucing yang rewel dengan makanan khusus. Mereka sangat mudah beradaptasi dengan pakan kucing apa pun yang di beli dalam kualitas tinggi.

Kebutuhan nutrisi kucing Himalaya tergolong biasa. Mereka bukan tipe kucing yang harus mendapatkan nutrisi secara khusus.

Cara merawat kucing Himalaya saat mandi


Kucing Himalaya hewan dengan bulu panjang dan butuh dijaga kesehatan kulit hingga bulu mereka agar selalu prima.

Salah satu tantangan yang juga menjadi pengalaman baru untuk pemilik kucing Himalaya adalah waktu membersihkan mereka dengan mandi.

Hewan kucing memiliki naluri dan insting alamiah yang kurang baik terhadap air. Tidak heran jika kucing rumah hingga kucing liar sangat sulit jika waktu memandikan mereka.

Kucing yang tidak mendapat pengalaman yang menyenangkan tentang waktu membersihkan diri dengan bantuan manusia. Waktu mandi bisa menjadi masalah besar untuk Anda.

Kucing dapat menjadi agresif dan mengamuk.

Waktu memandikan kucing Himalaya bervariasi menyesuaikan banyak faktor yang mempengaruhi. Beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab tentang kucing tersebut, misalnya:
aktivitas harian mereka di dalam rumah atau di luar rumah. Jika sebagian hidup kucing di lalui di luar rumah, mereka akan semakin besar peluang untuk dimandikan.

Untuk menentukan waktu mandi yang tepat pada kucing Anda, perhatikan bulu mereka apakah sudah sangat panjang? waktu mandi bagi kucing dengan bulu panjang akan semakin cepat dibanding dengan kucing bulu pendek.

Pengamatan untuk tahu waktu yang tepat kucing perlu dibersihkan dengan mandi adalah memperhatikan kebersihan bulu mereka.

Bulu kucing yang banyak minyak, kotoran dan tampak lengket, perlu segera dimandikan agar tidak menyebabkan bau yang busuk.

Alasan bulu kucing saat kotor dengan berbagai elemen menempel seperti minyak, debu dan lengket, mereka bisa tidur di mana pun selama memberi kenyamanan.

Masalah lain pada kucing yang jarang dibersihkan, yakni bisa mengundang infeksi hingga penyakit kulit di badan mereka.

Cara memandikan kucing, bisa Anda temukan pada tulisan dunia hewan sebelumnya. Namun cara yang lebih sederhana dan lebih mudah untuk semua adalah membawa kucing Anda ke pet Shop atau jasa layanan profesional untuk memandikan hewan peliharaan.

Banyak rekomendasi waktu waktu untuk kucing Himalaya agar tetap bersih dan sehat, rata-rata mereka perlu dimandikan sekitar 4 hingga 6 minggu sekali untuk menjaga kesehatan bulu dan kebersihan kulit mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar