Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 28 Oktober 2020

Cara Menyingkirkan Kutu di Rumah dengan Cepat

Kredit foto:Pixabay.com

Kehadiran kutu dalam rumah menjadi satu momok yang menjengkelkan anggota keluarga. Hama yang berwujud kecil dan bahkan sulit di lihat dengan sekilas ini, terkadang bisa menjadi gesit dan bergerak cepat berpindah ke tempat yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Kedatangan kutu saat masuk dalam ruangan rumah bisa banyak penyebab yang perlu kita lacak. Umumnya sebagian besar populasi dan berkembang biak kutu, dominan pada inang berkaki empat dibanding pada manusia.

Beberapa penyebab munculnya kutu di sekitar rumah, bisa akibat dari hewan peliharaan sejenis kucing atau anjing, khususnya kehidupan mereka yang dibiarkan bebas tanpa pengawasan pemilik hewan.

Beberapa penyebaran kutu yang berasal dari hewan peliharaan jika sudah menginfeksi mereka. Saat sudah terlihat dalam ruangan, maka ada kemungkinan bisa berada juga di halaman hingga furniture dengan bahan tertentu.

Kutu yang datang dari banyak faktor penyebab ini, tidak jarang bisa membuat gatal korban yang digigit mereka. 

Sebagian dari kutu pandai meloncat dan ukuran mereka tidak lebih dari 2,5 milimeter. Hal yang perlu kita tahu tentang loncatan dari seekor kutu, mereka bisa mencoba sampai 13 inci.

Populasi dan cara berkembang biak kutu sebagian dipengaruhi lingkungan. Rata-rata kutu cepat berkembang biak di dataran tropis dan suhu hangat. Mereka dapat tumbuh dan berkembang biak secara penuh dalam suhu ruangan sekitar 26 hingga 32 derajat Celsius.

Cara menyingkirkan kutu di rumah


Untuk menyingkirkan kutu yang mulai terlihat di ruangan rumah, kita perlu mengambil tindakan yang cepat supaya mereka tidak berkembang biak dan merembet semakin banyak lagi.

Cara menghilangkan kutu di rumah, diantaranya :
mulai memeriksa kondisi tubuh hewan peliharaan untuk menjaga mereka terkena atau menyebarkan ke tempat lain.

Jika sumber kutu berasal dari hewan peliharaan tersebut, hilangkan dengan cara khusus menggunakan zat ramah hewan yang bisa kita beli di toko khusus hewan seperti pet Shop.

Sementara itu cara menghilangkan kutu yang tertinggal dalam ruangan, kita bisa menggunakan beberapa metode atau menggabungkan jika dimungkinkan untuk diterapkan.

Penyedot debu yang berkualitas


Penyedot debu yang memiliki daya hisap kuat sangat penting untuk menarik kutu yang bersembunyi di tempat yang tidak pernah kita duga. 

Cara menggunakan penyedot debu dengan daya hisap kuat bisa dilakukan dari lantai, karpet, sofa dan furnitur hingga tempat tidur.

Jangan lupa untuk memeriksa bagian yang lembab dan gelap seperti kolong dan tempat sembunyi lain yang di sukai kutu.

Mesin penyemprot uap


Selain menggunakan penyedot debu untuk menyingkirkan kutu dari rumah Anda, pilihan lain yang bisa kita gunakan adalah mesin yang menyemprotkan uap panas.

Anda bisa mencari jenis mesin semprotan uap panas di toko online atau toko khusus yang menyediakan kebutuhan peralatan kebersihan modern.

Cara menggunakan mesin penyemprot uap dalam ruangan hampir sama dengan mesin penyedot debu.

Jangan lupa untuk memindahkan hewan peliharaan dan mengamankan anak kecil untuk mencegah resiko lain yang mungkin timbul saat digunakan.

Segera mencuci kasur dan alat pelengkapan


Salah satu tempat favorit kutu adalah bersembunyi agar tidak mudah ditemukan kita. Mereka bisa saja masuk dalam kasur yang menjadi lokasi untuk tidur.

Jika Anda meyakini kutu sudah hadir dalam ruangan rumah, ada baiknya mulai mempertimbangkan untuk mencuci tempat tidur yang terdiri dari kasus, bantal hingga guling.

Cara sederhana yang lebih efektif menghilangkan kutu dari tempat tidur dan perlengkapan tersebut. Jika kita tidak ingin repot, bisa menggunakan jasa profesional yang berpengalaman mencuci spring bed agar bersih kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar