Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 14 Oktober 2020

9 jenis termometer dan manfaatnya mengukur

Kredit foto: Pixabay.com

Cara mengukur suhu tubuh manusia untuk mengetahui kondisi suhu tubuh termasuk normal atau lebih tinggi, sebagian protokol kesehatan menggunakan termometer. 

Pandemi Covid-19 yang telah menyebar di seluruh dunia, sebagian besar munculnya kasus positif disertai beberapa gejala yang muncul pada tubuh penderita. 

Dilansir Badan Kesehatan Dunia menjelaskan, suhu tubuh normal manusia berkisar 36,5°C hingga 37°C. Ketika tanda gejala Covid-19 disertai peningkatan suhu tubuh, hampir lebih dari 90 persen kasus positif corona dengan ciri-ciri demam.

Oleh karena itulah, di setiap pintu masuk menuju sekumpulan orang banyak, kita sering melihat petugas mengecek suhu tubuh di samping protokol kesehatan pendukung lainnya, seperti sabun dan cairan pembersih untuk pengunjung dan pendatang.

9 jenis termometer dan manfaatnya mengukur


Dilansir dari Wikipedia membahas tentang termometer, manfaat termometer memiliki fungsi sebagai pengukur suhu dalam penilaian temperatur.

Jenis dari termometer yang ada dan berdasarkan cara kerjanya, sebagian besar menggunakan air raksa dan beberapa komponen lain dengan kelebihan masing-masing.

Termometer berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari thermo dan meter. Thermo artinya panas dan meter artinya sebagai alat ukur.

Dari banyaknya jenis termometer yang ada, sekitar 9jenis termometer yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, yakni:
  1. termometer air raksa
  2. termometer alkohol
  3. termometer bimetal mekanik
  4. termometer kristal cair
  5. termometer gas
  6. termometer infrared
  7. termometer resistor
  8. termometer six bellani
  9. termometer dinding

Apa kelebihan yang membedakan dari kesepuluh jenis termometer tersebut? Yu, kita bahas pada tulisan berikut ini!

Termometer air raksa

Jenis termometer yang paling banyak digunakan manusia adalah jenis termometer air raksa. Kelebihan terdapat dalam alat ukur suhu berbentuk temperatur ini adalah harga yang relatif murah dan cara kerjanya juga cepat, mudah digunakan.

Cara kerja termometer air raksa dengan pengisian air raksa yang akan memuai saat tersentuh area yang lebih dingin atau panas. 

Ketika permukaan yang dilapisi air raksa mendapat panas, cairan akan meningkat menjadi lebih tinggi. Namun beberapa fungsi dari termometer dengan bahan air raksa, sering tidak turun ketika terkena suhu yang lebih rendah karena beberapa faktor penyebab.

Agar fungsi pengukuran suhu dengan termometer bisa bekerja seperti semula, termometer perlu di kocok-kocok dan di bolak balikan terus menerus. Cara kerja jenis termometer bahan air raksa dinilai kurang efektif mengukur suhu temperatur untuk jumlah banyak yang membutuhkan kecepatan.

Termometer alkohol

Jenis termometer kedua yang bisa kita lihat adalah berbahan alkohol. Kelebihan dari termometer bahan alkohol adalah kemampuan mengukur suhu yang lebih peka untuk suhu tubuh dibanding dengan termometer air raksa.

Cara kerja termometer bahan alkohol dinilai lebih baik daripada bahan air raksa, karena tidak beracun dan penguapan saat pecah lebih cepat.

Keunggulan dari termometer alkohol bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh makhluk hidup, seperti manusia dan hewan dalam situasi apa pun. 

Misalnya termometer alkohol tetap bekerja sempurna saat malam hari atau siang hari. Kekurangan yang terdapat pada termometer jenis ini adalah kemampuan mengukur suhu maksimal mencapai 78 derajat Celsius.

Termometer bimetal mekanik

Termometer bimetal mekanik terbuat dari dua keping logam yang akan beraksi menyesuaikan suhu yang diukur. Saat permukaan termometer bimetal mekanik bersentuhan dengan suhu tertentu, akan beraksi memuai atau melengkung.

Misalnya saat penggunaan termometer bimetal mekanik mengukur suhu tinggi, bentuknya akan menjadi melengkung.

Cara kerja termometer bimetal mekanik yang menggunakan bimetal strip dengan menggabungkan dua logal yang memiliki koefisien termal berlawanan.

Ketika logam terkena suhu, maka lapisan logam akan mengembang dibanding logam yang lain. Kemampuan yang menjadi kelebihan dari termometer bimetal mekanik adalah akurasi yang lebih baik mengukur suhu yang tinggi.

Termometer kristal cair

Alat ukur suhu berupa termometer yang keempat adalah jenis bahan kristal cair. Cara kerja termometer dengan kristal cair adalah dengan menempelkan secara langsung ke area yang ingin diukur suhunya. Dengan bahan berasal zat kristal cair yang padat, maka perubahan warna akan terjadi saat mendapat reaksi kimia.

Alat pengukur suhu dari kristal cair biasanya untuk mengukur suhu ruangan, suhu air untuk bayi mandi dan diterapkan mengukur suhu kulkas.

Jika digunakan pada manusia, termometer ini akan ditempelkan pada dahi.

Termometer gas

Termometer dengan bahan gas memiliki cara kerja sebagai pengukur suhu menggunakan sifat kimiawi pemuaian gas. Rata-rata penggunaan termometer gas memiliki tingkat akurasi yang tinggi dibanding bahan cair dan area pengukuran yang lebih luas mencapai antara 250 - 1500 derajat celcius.

Cara kerja termometer gas dengan menghitung perubahan suhu yang terjadi dan masih jarang digunakan secara luas. Termometer gas biasanya dipakai dalam standar dari laboratorium dan industri.

Termometer infrared

Termometer infrared dikenal dengan sebutan lain sebagai termometer laser. Kelebihan dari cara kerja alat pengukur suhu laser ini adalah tidak perlu bersentuhan langsung dengan area atau obyek yang akan di ukur.

Penggunaan jenis termometer infrared atau jenis laser merupakan alat yang cukup banyak dipakai di tempat umum karena praktis dan efisien namun tidak menyentuh secara langsung.

Cara kerja termometer infrared dengan mendekatkan pada dahi atau area yang akan di ukur, makan sensor akan menghitung dengan cepat suhu yang akan diketahui.

Termometer resistor

Termometer resistor masih jarang terlihat secara umum mengingat harga yang cukup mahal dan metode pengukuran disajikan dalam akurasi yang tinggi. Termometer resistor banyak digunakan untuk mengukur perubahan suhu dan biasanya terdapat dalam pipa berisi bahan bakar. Oleh karenanya, fungsi dari alat pengukur bahan resistor ini lebih banyak terdapat di bidang industri karena memiliki manfaat melihat suatu penghantar.

Termometer six bellani

Kelebihan yang terdapat pada termometer six bellani sering dipakai mengukur suhu berkaitan dengan cuaca. Dengan cara kerja menggunakan nilai maksimum dan minimum, suhu udara yang turun pada satu ruangan akan mendorong ruangan B menjadi naik.

Bahan yang terdapat dalam termometer six bellani berupa alkohol cair, raksa dan cairan lain.

Termometer dinding

Jenis termometer lain adalah untuk mengukur suhu dalam area terbatas. Termometer ini biasanya diletakan dekat dinding seperti rumah dan ruangan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar