Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 13 Oktober 2020

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara alamiah Perlu Diketahui


Rambut rontok menjadi salah satu penyebab menipis tampilan rambut yang banyak terjadi pada banyak individu. Tidak jarang dengan bertambah umur setiap tahun, kerontokan bisa semakin banyak jika cara mengatasi rambut rontok tidak dilakukan sedini mungkin.

Banyak penyebab yang membuat sebagian orang merasa khawatir dengan rambut yang terus rontok, salah satunya penampilan yang memicu kepribadian menjadi kurang percaya diri untuk tampil secara terbuka.

Terjadinya kerontokan dan tipisnya rambut juga dialami pria hingga wanita. Sedangkan beberapa kelompok wanita dimungkinkan mengalami rambut rontok semakin sering, selain usia yang bertambah, menopause sampai kaitan riwayat kesehatan yang berhubungan sakit penyakit dan stres.

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alamiah


Dilansir dari situs kesehatan rambut, sekitar 7 cara mengatasi rambut rontok bisa kita lakukan secara alamiah, diantaranya:

  1. Keramas rambut teratur
  2. Eksfoliasi
  3. Pijat
  4. Menjaga kelembaban rambut
  5. Nutrisi rambut
  6. Kurangi cara merapikan rambut yang salah
  7. Memakai masker rambut


Keramas rambut teratur


Salah satu hal dasar cara mengatasi rambut rontok secara alamiah hampir diketahui oleh kita, yakni kebiasaan keramas rambut. Jika kebiasaan membersihkan rambut secara teratur dilakukan dengan sampo yang tepat dapat memberi manfaat maksimal untuk kesehatan kulit kepala dan akar rambut. 

Jenis rambut tiap manusia memiliki beberapa perbedaan sehingga tidak selalu bermanfaat sama seperti tayangan iklan jika komposisi sampo tidak sama untuk rambut Anda.

Eksfoliasi


Cara merawat kesehatan rambut agar terhindar dari kerontokan bisa dengan eksfoliasi. Perawatan eksfoliasi biasanya digunakan untuk pemilik rambut yang berkulit kering atau termasuk kelompok psoriasis. Untuk mengetahui jenis rambut yang dimiliki apakah termasuk kelompok kering, konsultasikan dengan dokter.

Manfaat eksfoliasi untuk pemilik rambut kering adalah menghilangkan penumpukan kulit kering pada kepala. Cara kerja eksfoliasi mengangkat sel kulit mati yang tertinggal di kepala dan mengganti dengan sel baru untuk memperkuat akar rambut. 

Untuk melakukan eksfoliasi sekitar 1 kali dalam seminggu, cukup membeli sampo khusus yang mengandung bahan ekstrak seperti willow putih dan asam salisilat. 

Disarankan menggunakan scrub wajah lembut dan menggunakan untuk alas awal sebelum keramas.

Pijat


Cara mencegah rambut rontok secara alamiah bisa kita lakukan dengan pijat. Waktu yang disarankan memijat kepala antara 1 kali dalam seminggu setiap 5-10 menit.
metode pijatan kepala yang dapat dilakukan dengan gerakan memutar secara lembut pada kulit kepala. Gunakan ujung jari memutari kepala.

Jika Anda ingin mengetahui pijat yang profesional, kunjungi layanan profesional.

Menjaga kelembaban rambut


Timbulnya masalah rambut menjadi mudah rontok bisa dipengaruhi faktor kulit kepala yang kering. Jika Anda merasa rambut mudah rontok secara berlebihan akibat kulit kepala kering, cara mengatasinya adalah menjaga kelembaban rambut dan permukaan kepala.

Cara pencegahan rambut rontok dengan memelihara kelembaban kulit kepala, tidak membilas dengan air yang terlalu panas. Air hangat atau air dingin lebih aman memelihara kesehatan rambut.

Nutrisi rambut


Memberi nutrisi, gizi dan vitamin sangat penting menjaga kesehatan tubuh. Hal ini sama seperti kesehatan rambut. Kita bisa mencegah rambut rontok secara alamiah dengan melakukan jadwal nutrisi minyak rambut sekitar 1 kali dalam seminggu.

Kurangi cara merapikan rambut yang salah


Jarang disadari kebiasaan memperlakukan rambut sering membuat rambut rontok. Misalnya saat rambut di ikat dengan karet yang ditarik ke atas, bisa memicu kerontokan lebih besar.

Memakai masker rambut


Penggunaan masker bertujuan melindungi sekaligus menjaga bagian agar tertutup dari sesuatu yang tidak diinginkan. Sama seperti dengan masker rambut untuk menjaga kelembaban dan kebersihan permukaan kulit kepala. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar