Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 09 Oktober 2020

6 Contoh Sikap Toleransi Dalam Menghadapi Perbedaan Dengan Orang Lain

Pengaruh perbedaan geografis setiap individu yang tinggal di muka bumi memiliki cara tersendiri merespon situasi yang mungkin sama, namun reaksi yang ditunjukkan bisa berbeda-beda di antara individu. Selain itu perbedaan dalam manusia dipengaruhi pengalaman, kebudayaan, dan pendidikan dan faktor lain.

Membahas perbedaan pendapat suatu peristiwa yang berhubungan dengan orang lain maka hal ini tidak terlepas cara kita menunjukkan sikap toleransi. 

6 contoh sikap toleransi dalam menghadapi perbedaan dengan orang lain sebagai wujud saling menghormati satu dengan lain, ternyata bisa diwujudkan melalui tips berikut ini.
Kredit foto: Pixabay.com


6 Contoh Sikap Toleransi Dalam Menghadapi Perbedaan Dengan Orang Lain


  1. Mulai dari diri sendiri
  2. Berbeda dengan orang lain suatu hal yang wajar
  3. Saling menghormati perbedaan 
  4. Cara berpikir dewasa
  5. Menilai dari sisi orang lain
  6. Menerima perbedaan dengan pikiran terbuka

Mulai dari diri sendiri


Salah satu cara yang paling dasar menjadi contoh sikap toleransi dalam menghadapi perbedaan dengan orang lain, perlu di mulai dari diri sendiri.

Kita sebagai makhluk yang terlahir di dunia, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai ciri yang khas dan berbeda dengan orang lain.

Saat kita bisa mengenali kekurangan yang terdapat dalam diri sendiri, sikap intoleran ingin menang sendiri bisa dihindari dengan sikap toleransi dan saling menghormati.

Berbeda dengan orang lain suatu hal yang wajar


Perbedaan pendapat dengan orang lain merupakan suatu hal yang wajar terjadi dalam kehidupan masyarakat lingkungan sekitar. Cara pandang kita yang melihat hal yang tidak sama dari orang lain, bukan sebagai arti kita memandang sebagai pengkotak-kotakan. 

Dengan memaknai sesuatu yang berbeda pada orang lain dan bersikap saling menghormati, kita telah membangun jembatan yang menghubungkan hal yang tidak sama menjadi suatu kewajaran.

Saling menghormati perbedaan 


Bagi sebagian kecil orang sering menilai perbedaan pendapat dan cara pandang orang lain yang tak sama dengan kita, sering dijadikan penghalang dan jurang pemisah. 

Salah satu contoh sederhana dari banyaknya kebudayaan, bahasa, hingga keyakinan yang tidak sama dengan kita, bukan berarti harus bersikap bermusuhan. 

Cara pandang kita saling menghormati perbedaan dapat membangun sikap toleransi dan sikap persahabatan dengan orang lain.

Cara berpikir dewasa


Kesulitan individu dalam menerima perbedaan dengan orang lain, bisa dipengaruhi cara berpikir yang sempit. Dengan memahami dan membuka cara berpikir secara dewasa, kita bisa melihat kondisi setiap orang dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Menilai dari sisi orang lain


Faktor cukup besar mempersempit cara pandang seseorang menilai perbedaan sebagai hal yang tidak bisa diterima, karena sering menilai hanya satu sisi menguntung diri sendiri. 

Sebagian orang jarang menilai hal perbedaan yang terjadi dari sisi orang lain.

Dengan memulai melihat perbedaan tiap individu dari sisi yang berbeda, kita lebih mudah bersikap menghormati dan toleransi dalam perbedaan.

Menerima perbedaan dengan pikiran terbuka


Ada sebuah kalimat yang mungkin sering kita dengar yang cukup relevan melihat perbedaan secara terbuka. Mungkin kita pernah membaca pepatah mengatakan, "seperti katak dalam tempurung," yang kurang lebih menggambarkan betapa kecilnya lingkungan hidup kita dibanding luasnya tempat lain.

Contoh keenam sebagai sikap toleransi dalam menghadapi perbedaan dengan orang lain, kita bisa mulai berkunjung ke tempat lain. 

Dengan kunjungan dan melihat kehidupan masyarakat, kita bisa menemukan makna dan kearifan lokal sehingga lebih memahami sikap toleransi dan saling menghormati. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar