Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 29 Oktober 2020

5 Kebiasaan Buruk saat Musim Hujan Mempengaruhi Kesehatan

Kredit foto: Pixabay.com

Dalam beberapa minggu hingga bulan ke depan, curah hujan makin sering membasahi daerah di Indonesia. Perubahan musim bersuhu panas ke suhu yang lebih dingin atau lembab, bisa menurunkan kemampuan tubuh hingga menjadi mudah sakit.

Dilansir Times Now News, mengantisipasi perubahan cuaca yang sering hujan, ternyata beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Sekitar 5 kebiasaan buruk yang banyak dilakukan kita tanpa disadari inilah, selain mempengaruhi kesehatan tubuh bisa juga timbul penyakit yang berkaitan dengan curah hujan tinggi, seperti mudah pilek, batuk hingga gangguan kesehatan flu.

Kenali 5 kebiasaan buruk yang perlu kita rubah


Pada musim hujan yang makin sering terjadi, kita memahami tubuh harus dijaga agar kebugaran tetap prima. Selain dengan teratur menerapkan pola makan sehat, 5 kebiasaan buruk yang sering dilakukan tanpa sadar sebaiknya diubah agar sistem kekebalan tubuh tetap baik sehingga terbebas dari penyakit.

Ringkasan 5 kebiasaan buruk yang perlu diubah tersebut, diantaranya:

1. Jarang minum air
2. Jarang berolahraga
3. Tidak menggunakan alat pelindungan tangan dan kaki
4. Mandi dengan air panas terlalu lama
5. Menggunakan baju berlebihan sebagai pelapis dingin

Jarang minum air


Kebiasaan buruk pertama yang perlu kita perbaiki saat musim hujan adalah waktu untuk minum air yang kurang seperti disarankan ahli kesehatan.

Sepanjang musim hujan, minuman sejenis air putih sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat sekaligus mencegah dehidrasi tubuh. 

Jarang olahraga


Selama musim hujan, muncul banyak genangan air di luar rumah dan membuat seseorang menjadi malas untuk olahraga. Turunnya motivasi melatih dan mengerakkan tubuh dengan olahraga, seolah mendapat dukungan tambahan dari cuaca luar yang dinilai dingin.

Kebiasaan buruk saat musim hujan, olahraga yang berkurang atau tidak dilakukan tersebut, ternyata bisa menggunakan alternatif lain sebagai penganti olahraga biasa dilakukan.

Jenis olahraga penganti sepanjang musim hujan, kita bisa memilih metode olahraga ringan hingga menggunakan ruangan rumah.

Pelindung kaki dan tangan


Kebiasaan buruk yang sering terjadi di tengah masyarakat adalah penggunaan alat pelindung tangan dan kaki jarang di pakai. 

Pengaruh musim hujan yang sering terjadi dekat kita, dapat menganggu kualitas tidur. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang sempurna, alat pelindung untuk tangan dan kaki ternyata efektif diterapkan sebelum memulai istirahat.

Mandi air panas berlebihan


Kebiasaan buruk yang sering terjadi selama musim hujan adalah cara seseorang membersihkan diri secara berlebihan. 

Rata-rata pengaruh suhu dingin, mandi menggunakan air panas menjadi salah satu favorit untuk dikerjakan agar tubuh selalu hangat.

Mandi dengan air panas sangat baik untuk kesehatan tubuh karena memiliki sifat menenangkan dan menyegarkan. Namun efek dari kebiasaan buruk mandi air panas terlalu lama, memicu kerusakan sel kulit keratin jika terendam terlalu lama.

Masalah lain bisa timbul dari kebiasaan buruk mandi dengan air panas berlebihan saat musim hujan, diantaranya muncul peradangan kulit, permukaan kulit menjadi kering hingga kemungkinan warna kulit berubah agak kemerahan.

Menggunakan pakaian berlebihan


Salah satu cara yang banyak dilakukan orang menghalau suhu dingin selama musim hujan, pakaian yang digunakan sering berlebihan untuk menghalau hawa dingin dari luar.

Ternyata pakaian yang kita gunakan dalam jumlah banyak tersebut saat musim hujan, bisa membuat tubuh lebih panas dan muncul keringat berlebihan.

Kebiasaan buruk menggunakan pakaian secara berlebihan saat musim hujan ini jika tidak memperhatikan faktor kesehatan, dapat meningkatkan dehidrasi tanpa sadar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar