Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 29 Oktober 2020

3 Macam Buahan Berdampak Buruk untuk Penderita Diabetes

Kredit foto: Pixabay.com

Makanan dan minuman yang terlihat aman di konsumsi individu yang sehat dan tidak mengalami jenis penyakit tertentu, terkadang menjadi dampak yang buruk pada sebagian penderita yang mempunyai penyakit. 

Salah satu penyakit yang sering ditemukan dalam masyarakat modern, yakni diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang dinilai dalam kelompok kronis dengan gejala umum terjadinya lonjakan kadar gula dalam darah individu.

Penyakit diabetes juga dikenal dalam beberapa sebutan di masyarakat, diantaranya penyakit kencing manis hingga penyakit gula.

Penderita yang mendapat diagnosa diabetes oleh dokter, sering dianjurkan mengonsumsi makanan tertentu sekaligus makanan yang pantang di konsumsi.

Tujuan pemberian saran dari dokter tersebut, tentunya untuk menjaga kebugaran tubuh penderita tetap stabil sehingga tidak berpengaruh pada kadar glukosa mereka.

Banyak saran dan cara menjaga kadar gula darah  penderita diabetes agar stabil. Mulai dari pantangan dan mengurangi makanan dan minuman mengandung kadar gula yang tinggi, selain itu buah-buahan perlu juga mendapat perhatian penderita.

Ragam jenis buah-buah yang tumbuh subur di Indonesia, pada umumnya mengandung rasa manis atau zat pemanis alamiah yang terdapat di dalam buah tersebut.

Dilansir situs Medical News Today, buah-buah yang mengandung gula alamiah tak perlu membuat Anda membatalkan mengonsumsinya dengan beberapa catatan kecil.

Kandungan dalam buah-buahan yang memberi rasa manis, sering membuat penderita diabetes menjadi urung untuk mengonsumsi. 

Sebenarnya, buahan dengan kadar gula tertentu masih diperbolehkan untuk di makan dan di nilai tidak membahayakan kesehatan sepanjang penderita diabetes menjalani pola makan diet yang seimbang.

Saran yang diberikan untuk penderita diabetes agar tidak menghindari buah-buah, penyebabnya karena kandungan buah-buahan juga menawarkan manfaat lain yang bisa di maksimalkan.

Dari buah-buah tersebut saat menjadi makanan dapat menyediakan serat, vitamin, mineral hingga antioksidan.

Kebiasaan mengonsumsi buah-buah segar, juga akan memberi asupan sebagai makanan padat untuk mendukung regulasi glukosa tubuh penderita agar selalu prima.

Dalam penelitian yang di publikasikan jurnal PLOS Medicine menjelaskan, hasil rutin mengonsumsi buah segar yang dilakukan penderita diabetes antara 3 hari dalam 1 minggu, menunjukkan hasil yang positif pada beberapa resiko yang umum terjadi.

Disebutkan beberapa penurunan yang terjadi pada penderita diabetes mengonsumsi buah-buahan segar tersebut, komplikasi vaskular dan resiko kematian menjadi turun.

Walau tidak seluruh buah-buahan aman sebagai makanan untuk penderita diabetes, ada beberapa jenis buah-buahan yang perlu dipertimbangkan dan mendapat saran dokter yang merawat mereka.

3 Buah-buahan sebaiknya dihindari penderita Diabetes


Dikutip dari situs kesehatan, beberapa jenis buah-buahan yang sebaiknya menjadi makanan yang dihindari untuk penderita diabetes, diantaranya:

Buah kering

Jus menggunakan buah
Buah mengandung indeks glikemik tinggi

Buah kering


Buah yang dikeringkan berasal dari buah segar dengan proses dan metode pengeringan secara manual atau otomatis menggunakan mesin modern.

Meski buah kering bersumber dari buah alamiah, alangkah baiknya dihindari penderita diabetes karena jenis buahan seperti ini lebih tinggi kadar karbohidrat.

Perbandingan karbohidrat buah kering dengan buah berwujud asli, jumlahnya karbohidrat bisa meningkat karena campuran bahan yang digunakan hingga proses yang dilalui buah kering.

Jus buah


Sedikit yang tahu bahwa jus menggunakan buah-buah segar kurang baik untuk kesehatan penderita diabetes. 

Jus menggunakan buah-buahan yang dilakukan dengan peralatan tersebut akan menghancurkan sebagian atau hampir seluruh serat yang di miliki saat berwujud asli.

Padahal serat yang terdapat dalam buah tersebut dibutuhkan tubuh sebagai metabolisme untuk memecah kadar gula yang dihasilkan, sehingga jus buah lebih cenderung memicu peningkatan kadar gula dalam tubuh.

Buah dengan indeks glikemik adalah jenis buah-buahan yang termasuk kategori sangat matang sehingga kadar gula lebih tinggi. 

Jenis buah yang memiliki kadar indeks glikemik tinggi diantaranya kurma hingga semangka, dan kadar indeks glikemik sedang dalam buah terdapat pada melon, nanas hingga pepaya.

Makanan dan minuman yang akan dikonsumsi penderita Diabetes menjadi salah satu asupan cukup vital mengontrol kadar gula dalam darah tetap stabil.

Untuk memperoleh berbagai makanan dan minuman yang baik maupun perlu dihindari Anda, konsultasikan langsung ke dokter terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar