Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 07 Oktober 2020

11 Ras Kucing Bulu Panjang Populer di Dunia

 Kucing telah menjadi salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak dirawat manusia, selain anjing dan jenis burung. Ketertarikan yang cukup besar dari pecinta kucing terhadap hewan kaki 4 dan muka imut, karakter mereka yang lucu dan sering menghibur majikan.

Selain punya muka yang lucu dan kebiasaan sebagai teman penghibur, hal yang lain bisa membuat Anda jatuh cinta pada mereka adalah bulu yang panjang dan halus.

11 Ras Kucing Bulu Panjang


Ras kucing yang terdapat di seluruh bumi memiliki ciri-ciri yang khas beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal mereka. Selain itu, kucing bisa menjadi lebih spesifik pada wajah, badan hingga bulu yang disebabkan faktor genetik induk yang diwariskan pada jaman sebelumnya.

Misalnya bulu kucing ada yang terlihat pendek, tidak panjang dan pendek dan dengan bulu panjang.

Dilansir dari situs hewan peliharaan dunia kucing, sedikitnya terdapat 11 ras kucing yang memiliki bulu panjang sebagai kucing asli, domestik hingga mixdome campuran.

Berikut ringkasan 11 ras kucing yang memiliki bulu panjang, yakni:

  1. Kucing Balinese
  2. Kucing Birma
  3. Kucing Cymric
  4. Kucing Himalaya (Colourpoint Longhair)
  5. Kucing Javanese
  6. Kucing Maine Coon
  7. Kucing Norwegian Forest
  8. Kucing Persia
  9. Kucing Ragdoll
  10. Kucing Somali
  11. Kucing Anggora


Kucing Balinese



Kucing Balinese jarang dikenal oleh masyarakat umum sehingga sebagian menilai mereka berasal dari Indonesia, jika melihat unsur tulisan "Bali" dalam sebutan mereka.

Ras kucing bulu panjang Balinese berasal dari Amerika Serikat yang dulunya memiliki nama kucing bulu panjang siam. Peralihan nama kucing ini menjadi kucing balinese berasal tahun 1950-an, peternak dari California dan New York ingin mengembangbiakan jenis kucing ras baru.

Hasil persilangan berasal dari induk siam yang terjadi secara alamiah dan pengaruh mutasi genetik, lahirlah anak kucing yang tampak "gemulai" dan dinamakan kucing Balinese mengikuti karakter gemulai penari Bali.

Kucing Birma



Ras kucing yang memiliki bentuk bulu panjang kedua adalah kucing birma atau dikenal juga kucing asli dari Perancis. Jenis kucing Birma berbeda ciri-cirinya dengan kucing burma.

Kucing Cymric



Kucing Cymric yang terkenal dengan nama lainnya, sering disebut kucing manx. Ras kucing dengan bulu mereka yang panjang dipengaruhi mutasi genetik secara natural dan termasuk jenis kucing yang tertua di dunia.

Kucing Himalaya (Colourpoint Longhair)



Nama Kucing Himalaya mungkin sudah terkenal di kalangan pecinta kucing karena memiliki komunitas yang cukup besar di Indonesia. Selain ras kucing Persia dan kucing Anggora, kucing Himalaya hasil dari persilangan induk kucing Persia dengan kucing Siam sehingga di kenal kucing domestik (campuran, domestik).

Kucing Javanese



Kucing Javanese ternyata sama sperti kucing Balinese, yakni bukan berasal dari Jawa atau memiliki genetik dari kucing Indonesia.

Kucing Javanese berasal dari Amerika Utara yang memiliki keunikan pada bulu mereka yang panjang dan berwajah oriental.

Kucing Maine Coon



Jenis kucing yang memiliki bulu panjang lainnya adalah Maine Coon. Kelebihan yang terdapat pada bulu kucing Maine Coon selain panjang, lebat dan halus, permukaan bulu kucing Maine Coon kuat dan tahan terkena air. 

Kucing Norwegian Forest



Kucing Norwegian Forest salah satu hewan yang memiliki kehidupan liar dan cara berkembang biak di dataran hutan. Karena itulah salah satu ciri mudah terlihat pada mereka, bentuk badan yang besar dan cakar yang kuat untuk mencari mangsa dan bertahan hidup.

Kucing Persia



Nama kucing cukup populer dan mungkin sudah Anda kenal adalah kucing Persia. Jenis kucing dengan bulu yang panjang, lebat dan halus, kelebihan lain terdapat pada mereka adalah ciri-ciri wajah yang membulat dan hidung pesek.

Kucing Ragdoll



Ras kucing Ragdoll merupakan hewan dengan badan yang besar mirip seperti kucing Maina Coon. Selain itu, mereka memiliki kekhususan pada bulu yang panjang.

Kucing Somali



Membahas ras kucing bulu panjang maka Anda tak boleh ketinggalan dengan kucing Somali. 

Mungkin Anda masih jarang melihat sosok kucing Somali karena populasi mereka belum begitu banyak seperti kucing ras murni lain.

Munculnya ras kucing Somali terjadi secara tak sengaja yang berasal dari induk ras Abyssinian.

Kucing Angora turki



Nama kucing yang terakhir dikenal sebagai hewan memiliki bulu panjang dan barangkali Anda sudah akrab dalam kehidupan bersama mereka.

Ras Angora turki dengan ras Persia mempunyai komunitas dunia kucing cukup besar, khususnya di Indonesia. 

Perkembangan mantel bulu kucing Angora turki yang panjang seperti sekarang merupakan hasil seleksi alam karena habitat asli mereka di atas pegunungan yang beriklim dingin.

Kredit foto:
  • Pexels.com
  • Pixabay.com
  • Unsplash.com
  • freepik.com
  • Canva.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar