Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 14 September 2020

Urutan Tingkat Organisasi Kehidupan dari Tinggi ke Rendah Makhluk Hidup

Makhluk hidup di dunia dapat digolongkan berdasar urutan tingkat organisasi kehidupan dari tinggi ke rendah. Definisi organisasi dikutip Kamus Besar Bahasa Indonesia, artinya kesatuan, susunan yang terdiri atas bagian dalam perkumpulan yang diurutkan untuk tujuan tertentu, jika digunakan kepada makhluk hidup.

Ilustrasi foto: Pixabay/gyathan 


Urutan Tingkat Organisasi Kehidupan dari Tinggi ke Rendah Makhluk Hidup


Membahas kata dari organisasi kehidupan yang dimulai dari yang tinggi sampai kepada yang terendah, berarti posisi urutan dari tiap makhluk hidup ada yang tinggi hingga rendah.

Pengelompokan urutan tingkat organisasi kehidupan dari tinggi ke rendah untuk makhluk hidup, sebagai berikut:

biosfer, bioma, ekosistem, komunitas, populasi, individu, sistem organ, organ, jaringan, sel dan paling rendah adalah molekul.

Penjelasan urutan tingkat organisasi kehidupan makhluk hidup dari tinggi hingga rendah


Biosfer adalah sekumpulan dari seluruh ekosistem yang ada di dunia yang menyatukan seluruh makhluk hidup. Makna dari biosfer dapat diartikan pada hubungan makhluk hidup dengan ekosistem di bumi, termasuk cara kelola yang dilakukan makhluk hidup dengan lingkungan sekitar.

Lingkungan sekitar terkait dengan makhluk hidup meliputi batu-batuan, air, udara hingga atmosfer bumi. Tempat yang mendukung ekosistem biosfer untuk makhluk hidup adalah bumi yang menjadi tempat kehidupan semua organisme.

Bioma adalah ekosistem yang masuk urutan tingkat organisasi kehidupan kedua. Pengelompokan termasuk bioma terdiri dari tundra, hutan, padang, yang berarti kelompok tumbuhan berdasarkan struktur pohon, semak, rumput, daun dan jenis tumbuhan. Sekumpulan bioma belum dibagi menurut spesies dan spesifikasi lebih kecil, seperti genetik, taksonomi dan kesamaan lainnya.

Ekosistem adalah gabungan dari seluruh biosistem yang saling berinteraksi secara langsung dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Makhluk hidup yang tinggal dalam suatu lingkungan tertentu, perlu menyesuaikan diri dengan beradaptasi pada alam sekitar sehingga bisa bertahan hidup dan berkembang biak.

Sementara itu, hubungan interaksi makhluk hidup terhadap lingkungan tersebut dapat mempengaruhi secara perlahan terhadap perubahan lingkungan.

Saling ketergantungan ekosistem dalam komponen yang termasuk didalamnya, dapat dipengaruhi dari hubungan antar kelompok biotik hingga hubungan antar komponen biotik dan abiotik.

Komunitas adalah kumpulan makhluk hidup yang berasal dari beberapa organisme di suatu lingkungan. Komponen yang mempengaruhi terbentuknya komunitas adalah berdasarkan pada lokasi, minat hingga sejarah terbentuknya komunitas.

Populasi adalah kumpulan dari makhluk hidup yang memiliki kesamaan jenis dan berada dalam wilayah tertentu. Istilah populasi menurut definisi biologi berarti sekelompok makhluk yang memiliki ciri sama yang hidup di tempat dan waktu yang sama.

Individu adalah kelompok unit terkecil dalam masyarakat. Dalam bidang ilmu biologi, individu sering disebut organisme karena memiliki beberapa ciri dan tanda khusus.

Misalnya individu tertentu disebut organisme jika memiliki berbagai fungsi sistem organ berbeda-beda dan terdiri dari sel tunggal atau multi sel.

Sementara organisme mencakup kelompok lebih luas, misalnya bakteri dan protozoa yang memiliki sel tunggal.

Jika dibandingkan dengan individu manusia, kucing dan  sejenisnya, makhluk hidup ini termasuk makhluk hidup dengan multi sel.

Oleh karena itu, sebutan individu lebih sering diartikan organisme yang memiliki multi sel dan terdiri banyak sistem organ yang saling membantu menjadi satu pola.

Sistem organ adalah kumpulan organ yang ada pada makhluk hidup melakukan fungsi sesuai tugas masing-masing. Kumpulan organ makhluk hidup ini saling mempengaruhi sehingga makhluk hidup bisa berkembang biak dan bertahan hidup.

Contoh dari sistem organ pada makhluk hidup yang saling mempengaruhi satu sama lain, yakni sistem pernapasan, sistem pencernaan, sitem rangka, sistem saraf, sitem otot dan sistem lain yang terdapat pada makhluk hidup.

Organ adalah kelompok jaringan yang berfungsi menurut cara berdiri sendiri berdasarkan manfaatnya. Contoh organ pada hewan secara umum termasuk jantung, mata, ginjal ,hati, kulit tulang dan lainnya.

Jaringan adalah kumpulan sel yang terbentuk dalam makhluk hidup memiliki multi sel. Contoh jaringan pada hewan dengan multi sel, diantaranya terdapat jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf hingga jaringan darah.

Jaringan pada tumbuhan sebagai makhluk hidup multi sel ,misalnya terdapat jaringan pembuluh, jaringan epidermis, jaringan penguat hingga jaringan meristem

Sel adalah kumpulan materi paling rendah yang terdapat pada makhluk hidup. Sel masuk urutan tingkat organisasi kehidupan tertinggi hingga rendah makhluk hidup karena mampu melakukan aktivitas kehidupan.

Sebagian kehidupan dari sel dipengaruhi reaksi kimia, baik itu organisme sel tunggal maupun multi sel. Sebutan sel sering disamakan dengan molekul oleh beberapa orang, karena molekul termasuk partikel kecil pada contoh proton, neutron hingga elektron.

Demikian tulisan tentang yrutan tingkat organisasi kehidupan dari tinggi ke rendah makhluk hidup, semoga bisa berguna untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar