Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 02 September 2020

Tanda Kucing Mendengkur

Mengapa kucing mendengkur


Hewan dan manusia memiliki kemampuan mengaktualisasikan  sesuatu yang dirasakan secara berbeda-beda. Jika pemilik bersama hewan peliharaan menikmati kebersamaan, kucing dapat mendengkur menandakan bahagia, nyaman dan puas bersama Anda. Perilaku tanda dengkuran dari kucing, hampir mirip pada anjing merasa bahagia, nyaman dan puas bersama majikan. Perbedaan anjing dengan kucing mengekspresikan hal ini adalah anjing akan mengibas-kibas ekor.

Ilustrasi foto: Pixabay.com

Perilaku kucing mendengkur tidak selalu berkaitan rasa bahagia, nyaman dan puas dengan lingkungan saat itu. Beberapa cerita berkembang di masyarakat, seekor kucing bisa mendengkur jika sedang sakit, stres hingga berkaitan mendengar suara mistik. 

Penelitian bersifat ilmiah yang dilaporkan tentang kucing mendengkur, selain mengindikasikan rasa bahagia, nyaman dan puas, bisa juga sedang mengalami tekanan atau situasi stres.

Penyebab pada kucing mendengkur secara sederhana, cara mereka memperlihatkan mekanisme pertahanan diri agar tenang pada saat sakit. Oleh karena itu, kebiasaan kucing yang keseringan mendengkur dan tidak disertai pengaruh bahagia dan aman, disarankan memeriksakan mereka ke dokter hewan terdekat.

Contoh beberapa kasus ketika kucing mendengkur saat dalam situasi rumit, misalnya induk kucing betina akan mendengkur pasca melahirkan anak kucing. Perilaku seekor induk kucing akan mendengkur, saat memberikan air susu kepada anak mereka.

Penyebab induk kucing betina mendengkur setelah kelahiran dan menyusui


Cara berkembang biak makhluk hidup di bumi memiliki ciri khas yang berbeda-beda tiap spesies. Misalnya induk kucing betina setelah melahirkan anak mereka dan saat akan menyusui anak kucing, mendengkur dilakukan sebagai sinyal untuk anak kucing.

Anak kucing baru lahir beberapa minggu di awal kehidupan, sebagian besar belum mandiri. Hal lainnya yang terjadi pada anak kucing baru lahir, mereka belum bisa melihat dan mendengar suara induk betina.

Insting alamiah induk kucing belajar dari pengalaman saat kecil, mendengkur dilakukan induk sebelumnya agar bisa menyusui. Getaran dengkuran yang timbul dekat anak kucing inilah memberi tanda waktu makan melalui air susu. Peranan air susu induk kucing untuk anak mereka sangat penting untuk sistem pertahanan tubuh. Masa kelahiran anak kucing kurang dari 2 hari, butuh air susu dan diberikan secara alamiah melalui dengkuran untuk komunikasi.


Kapan kucing mendengkur


Kucing mendengkur dipengaruhi faktor internal dan eksternal yang memicu getaran tersebut. Kapan kucing mendengkur, rata-rata disaat senang, bahagia dan nyaman untuk hewan usia dewasa. 

Perilaku ini bisa juga karena mereka sedang sakit dan stres. Sementara itu induk kucing betina akan mendengkur setelah melahirkan atau mengirim sinyal sebagai komunikasi, saat anak perlu air susu.

Pengaruh kucing mendengkur untuk pemilik


Merawat hewan peliharaan ternyata bermanfaat bagi kesehatan pemilik. Perawatan peliharaan seperti anjing, kucing, burung dan hewan lainnya, akan menimbulkan rasa tanggung jawab terhadap kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Manfaat selebihnya dari hewan peliharaan berbeda-beda sesuai fungsi dari hewan, misalnya anjing dapat menjaga dan melindungi Anda, anggota keluarga dan mengawasi lingkungan rumah. Kucing yang dirawat manusia memberi dampak positif untuk kesehatan.

Pengaruh kucing mendengkur untuk manusia, misalnya pemilik akan mengalami penurunan resiko serangan jantung yang cukup signifikan. Jika dibandingkan resiko serangan jantung pada pemilik kucing dengan manusia yang tidak merawat kucing, sekitar 40 persen mengalami masalah yang lebih rendah.

Apakah kucing bisa mengontrol dengkuran


Tahukah Anda, frekuensi getaran kucing mendengkur berkisar 25-150 HZ. Frekuensi ini dipakai penyembuhan fisik dan terapi meningkatkan kepadatan tulang.

Namun kucing yang ada di bumi secara keseluruhan, tidak semuanya bisa mendengkur dan mengeluarkan getaran bersifat positif untuk kesehatan manusia. Oleh karenanya, kucing tidak bisa mengontrol dengkuran karena terjadi secara alamiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar