Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 18 September 2020

Selain Olahraga, Makanan Ini Membantu Tinggi Badan Anak

Usia anak berkembang dan bertumbuh memiliki faktor pengaruh cukup beragam yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Jika orang tua memiliki genetik badan yang tinggi, kemungkinan besar keturunan dimiliki sebagian bertumbuh dan tinggi seperti orang tua. 

Ilustrasi foto: Pexels.com



Namun orang tua dengan tinggi badan rata-rata tak perlu berkecil hati, ada cara sehat meningkatkan pertumbuhan badan anak agar lebih maksimal dengan memberi asupan nutrisi terbaik di samping faktor eksternal berasal dari lingkungan.

Usia permulaan tinggi badan anak mulai berjalan


Cara mengukur tinggi yang dimiliki untuk badan anak yang ideal sesuai umur mereka bisa dilakukan orang tua sejak usia anak dari lahir hingga 1 tahun. Proses perkembangan pertumbuhan badan anak yang ideal sesuai umur setiap tahun terus bertambah hingga umur maksimal mereka.

Mengutip standar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia seperti dilansir Badan Kesehatan Dunia (WHO), tinggi untuk tubuh anak ideal menurut usia dan jenis kelamin sebagai berikut:

Tinggi badan anak pria yang ideal berdasarkan usia


  • Usia 1 tahun: 72 – 78 cm
  • Usia 2 tahun: 82 – 92 cm
  • Usia 3 tahun: 83 – 95 cm
  • Usia 4 tahun: 84 – 97 cm
  • Usia 5 tahun: 85 – 98 cm

Tinggi badan anak perempuan yang ideal berdasarkan usia


  • Usia 1 tahun: 70 – 78 cm
  • Usia 2 tahun: 80 – 92 cm
  • Usia 3 tahun: 82 – 95 cm
  • Usia 4 tahun: 83 – 96 cm
  • Usia 5 tahun: 84 – 97 cm

Selain faktor pengaruh genetik orang tua terhadap tinggi yang diturunkan pada badan anak, salah satu upaya yang bisa kita lakukan membantu anak bertumbuh dan berkembang secara ideal adalah kegiatan olahraga yang direkomendasikan ahli kesehatan.

Sementara mengkonsumsi asupan makanan dengan nutrisi tinggi bisa membantu mengoptimalkan tinggi pada tubuh anak menjadi ideal seperti diharapkan orang tua.

Makanan membantu tinggi badan anak lebih maksimal


Jenis makanan yang diberikan setiap hari memiliki pengaruh cukup penting bagi pertumbuhan tinggi pada tubuh anak menjadi ideal. Oleh karenanya, menu yang baik sebagai sarapan hingga makanan siang maupun malam bisa dipilih mendorong masa pertumbuhan anak semakin ideal.

Telur

Sumber bahan makanan berasal dari telur merupakan menu cukup sering dipakai untuk anak dan keluarga. Manfaat makanan dari telur ternyata bisa membantu pertumbuhan badan anak menjadi tinggi jika diberikan secara teratur menurut rekomendasi dokter gizi. Bahan yang terdapat pada telur sangat tinggi kandungan protein sehingga terlihat perbedaan tinggi setiap badan anak yang sedikit mengkonsumsi protein.

Daging ayam

Cara membantu tinggi melalui makanan yang baik di masa pertumbuhan anak lebih optimal bisa dilakukan dengan asupan berasal dari daging ayam. Sumber makanan hewani berasal dari daging ayam, kaya dengan vitamin B12 yang membantu kebutuhan nutrisi untuk anak.

Manfaat makanan daging ayam untuk anak bukan sekedar mendorong perkembangan tubuh menjadi maksimal, konsumsi yang diberikan secara teratur memberi manfaat tambahan untuk tubuh mereka, diantaranya asam amino taurine sebagai gizi membentuk pertumbuhan tulang.

Kacang almond

Jenis makanan yang baik dan berpengaruh pada tinggi badan anak adalah kacang almond. Dalam kacang almond yang dikonsumsi menjadi makanan tambahan, memberi vitamin E untuk membantu masa pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Sayuran hijau

Bahan makanan yang baik untuk pertumbuhan tinggi badan anak adalah sayuran hijau. Jenis sayuran warna hijau kaya dengan vitamin K dan banyak terdapat pada bayam, kubis dan sayuran hijau lain.

Yogurt

Jenis minuman yang baik mendukung pertumbuhan badan anak menjadi tinggi secara ideal adalah minuman yogurt. Kandungan minuman olahan seperti yogurt memiliki banyak probiotik untuk menjaga kesehatan dan sistem imun tubuh selalu sehat dan terhindar peradangan.

Ubi jalar

Makanan baik berasal dari ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga masa pertumbuhan dan perkembangan anak lebih optimal. Manfaat mengkonsumsi ubi jalar sesuai saran ahli gizi adalah bagian serat yang diberikan untuk kesehatan dan sistem pencernaan anak.

Kacang kedelai

Jenis makanan yang baik untuk anak mendapat tinggi badan ideal berasal dari sumber makanan nabati seperti kacang kedelai. Produk olahan menggunakan kacang kedelai cukup beragam yang bisa disesuaikan selera anak.

Buah

Sumber makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menambah tinggi badan anak bisa berasal dari daging, sayuran hingga telur, buah-buahan tertentu bisa bermanfaat maksimal untuk pertumbuhan dan kesehatan.

Ikan salmon

Dari sumber makanan berasal di laut, terdapat jenis ikan memberi manfaat kesehatan untuk manusia. Selain kelebihan yang diperoleh saat teratur mengkonsumsi ikan menjadi lauk pauk, ikan salmon punya nutrisi yang kaya dengan asam lemak omega-3. Fungsi asam lemak omega-3 dalam tubuh anak di masa pertumbuhan dan perkembangan fisik, membuat tulang sehat serta mengoptimalkan pertumbuhan badan menjadi ideal.

Susu

Minuman susu sangat dekat dalam kehidupan seorang anak. Konsumsi susu untuk anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan fisik memberi keseimbangan nutrisi, gizi hingga vitamin yang dibutuhkan mereka.

Olahraga

Olahraga menjadi kebutuhan yang cukup banyak dianjurkan ahli kesehatan melatih tubuh tetap terjaga dan sehat. Beberapa jenis olahraga yang baik untuk meningkatkan tinggi badan anak, misalnya renang di tempat yang sesuai hingga bermain dengan teman sepermainan lompat tali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar