Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 26 September 2020

Sehat Alamiah Turunkan Kolesterol Tanpa Obat


Konsultasi ke dokter kesehatan menjadi cara efisien dan efektif menurunkan kolesterol yang tinggi. Munculnya kadar kolesterol semakin tinggi pada orang dewasa sering kita temui pada pola makan yang tidak sehat disertai gaya hidup berubah menjadi kurang baik.

Dilansir situs kesehatan yang dirangkum beberapa sumber, selain pemakaian obat direkomendasikan dokter kesehatan, cara menurunkan kadar kolesterol bisa juga tanpa obat. 

Cara yang cukup cepat turunkan kadar kolesterol di tubuh, sebagian terkait dengan pola makan sehat dan gaya hidup yang baik. Dilansir Harvard Health Publishing, jika pengobatan dengan obat yang diresepkan dokter tanpa menerapkan cara sehat alamiah turunkan kolesterol, hasilnya tidak maksimal bahkan bisa dikatakan tidak menjamin berhasil.

Tubuh manusia membutuhkan kolesterol pada batas normal. Meningkatnya kadar kolesterol total bersamaan lemak jahat (LDL), akibat pola makan sehat yang telah dijalani beralih menjadi buruk dan jarang melakukan olahraga.

Sehat Alamiah Turunkan Kolesterol Tanpa Obat


Rangkuman sehat alamiah turunkan kolesterol tanpa obat, ada sekitar 10 tips perlu kita tahu. Dilansir situs kesehatan Healthy, beberapa cara alamiah mengurangi kolesterol sebagai berikut:
  1. Konsumsi makanan mengandung magnesium
  2. Mengurangi takaran gula
  3. Utamakan makanan kaya serat
  4. Memilih makanan lemak tak jenuh
  5. Menjauhi makanan lemak trans
  6. Menerapkan pola diet makan seimbang
  7. Rajin olahraga
  8. Stop merokok
  9. Mengendalikan stres
  10. Memberi tubuh istirahat cukup


Konsumsi makanan mengandung magnesium


Magnesium merupakan zat penting untuk tubuh manusia dalam menjaga kesehatan tulang dan membantu metabolisme tubuh lebih maksimal menyerap kalsium dan mineral lain.

Manfaat makanan yang kaya magnesium pada tubuh manusia, selain mencegah munculnya hipomagnesemia, beberapa gangguan kesehatan lain seperti sering kram, cemas, osteoporosis, cepat lelah, hingga tekanan darah tinggi menjadi lebih baik.

Contoh makanan mengandung magnesium tinggi bisa ditemui dalam kacang-kacangan seperti almond, mete, hingga kacang Brazil. Buah dan sayuran memiliki kandungan magnesium tinggi terdapat pada buah ceri, brokoli, alpukat, pisang, bayam, hingga oat.

Kelebihan makanan magnesium yang dikonsumsi secara teratur pada kolesterol tubuh, dapat mencegah penyumbatan darah akibat plak kolesterol.

Mengurangi takaran gula


Gula dan produk olahan makanan dengan bahan tambahan pada sumber makanan telah menjadi trend saat ini. Penambah rasa manis makanan, dapat membuat kita lebih berminat mengonsumsi dalam jumlah semakin banyak.

Konsumsi makanan mengandung gula tinggi secara berlebihan, meningkatkan kadar gula tubuh semakin banyak. Saat tubuh terdapat kadar gula tinggi, selain mengundang penyakit diabetes juga mempengaruhi kestabilan kolesterol.

Dilansir Cleveland Clinic, asupan gula dalam tubuh mendorong hati memproduksi kolesterol jahat (LDL) menjadi tidak terkendali. Pengaruh lain tubuh dengan gula tinggi, otomatis menekan produksi kolesterol baik (HDL) semakin sedikit dan berubahnya tubuh menghasilkan enzim pengurai kolesterol trigliserida.

Utamakan makanan kaya serat


Makanan kaya serat sering dianjurkan sebagai makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebagian besar makanan serat berasal dari asupan nabati yang tidak bisa dicerna dan diserap tubuh sehingga mengikat air untuk melancarkan saluran pencernaan.

Makanan berserat tinggi terbagi dua jenis, serat yang larut dalam air dan serat tidak larut dalam air.

Contoh buah dan sayuran memiliki serat larut dalam air, yakni pada kacang-kacangan, apel, jeruk, pisang, wortel, oat dan buah hingga sayuran lain.

Contoh buah dan sayuran dengan serat tidak larut dalam air, misalnya kacang hijau, gandum, bayam, kangkung, kembang kol dan lainnya.

Manfaat dasar dari makanan berserat untuk tubuh

Saking pentingnya makanan serat tinggi yang dikonsumsi teratur setiap hari, sejumlah manfaat kesehatan terjadi secara alamiah. Beberapa manfaat makanan serat, diantaranya:
  • Menjaga proses pencernaan tubuh bekerja efektif
  • Menjaga kolesterol tubuh stabil
  • Mengurangi kadar gula 
  • Membantu berat badan ideal

Jika makanan mengandung serat tinggi menjadi menu sarapan secara teratur, selain menurunkan kadar kolesterol jahat berkurang, makanan tersebut sangat baik menjaga sistem usus pencernaan.

Memilih makanan lemak tak jenuh


Lemak tak jenuh atau dikenal Unsaturated fat merupakan jenis asam lemak yang didapat dari makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, ikan salmon, ikan tuna hingga ikan sarden.

Manfaat makanan yang kaya lemak tak jenuh untuk tubuh adalah kemampuan produksi kolesterol baik (HDL) sekaligus mencegah kolesterol jahat (LDL).

Beberapa manfaat dari makanan lemak tak jenuh jika dikonsumsi secara tepat, selain menambah produktivitas kolesterol baik (HDL) diantaranya sebagai berikut:
  • Mempercepat regenerasi sel baru dalam tubuh karena kaya dengan vitamin E
  • Mencegah timbulnya resiko penyakit jantung hingga stroke
  • Memelihara berat badan lebih ideal


Menghindari jenis makanan lemak trans


Kemampuan makanan mengandung lemak trans berbeda dengan makanan lemak tak jenuh. Kelebihan tubuh terhadap asupan dari lemak trans akan mempercepat produksi kolesterol jahat menjadi banyak dan berimbas jumlah kolesterol baik semakin sedikit.

Contoh jenis makanan mengandung lemak trans tinggi, misalnya pada makanan goreng seperti kerupuk, keripik dan makanan cepat saji.

Menerapkan pola diet makan seimbang


Cara sehat alamiah turunkan kolesterol tanpa obat adalah menerapkan pola makan diet seimbang. Faktor pengaruh makanan terhadap kadar kolesterol, sebagian besar berdampak cukup besar. 

Seorang memiliki kebiasaan pola makan sehat dengan diet seimbang, rata-rata memerlukan kalori sekitar 2.000 sehari. Sementara beberapa jenis pekerjaan tertentu, bisa lebih sedikit atau lebih banyak sehingga perlu mengukur batas wajar kalori pengganti.

Penerapan cara makan tidak seimbang yang dilakukan dengan semauan, sebagian besar bisa membuat badan menjadi semakin gemuk hingga kegemukan.

Rajin olahraga


Olahraga salah satu cara sehat alamiah menurunkan kolesterol tubuh menjadi seimbang. Jenis olahraga yang mudah diterapkan dalam lingkungan sesuai kebutuhan, efektif mencegah perkembangan kolesterol jahat sekaligus melatih organ tubuh terbiasa bergerak.

Stop merokok


Rokok memiliki kandungan zat kurang baik untuk tubuh manusia. Mulai dari percepatan produksi kolesterol jahat, detak jantung menjadi tidak sehat hingga menurunnya fungsi paru-paru menyaring zat beracun.

Mengendalikan stres


Stres terjadi tanpa mengenal waktu dan situasi. Tingginya tuntutan hidup dan kebiasaan kerja yang buruk, menjadikan kadar kolesterol terus meningkat. Cara sehat alamiah menurunkan kolesterol tubuh yakni mulai belajar mengendalikan stres agar tidak mempengaruhi hormon tubuh.

Seorang yang hidup dalam situasi stres tinggi, selain menyebabkan kolesterol baik menurun juga meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Memberi tubuh istirahat cukup


Tubuh perlu mendapat kesempatan istirahat setelah bekerja seharian. Faktor tidur yang cukup mengendalikan kolesterol tinggi. Cara sehat alamiah turunkan kolesterol tanpa obat bisa dimulai memberi kesempatan untuk tubuh istirahat dan tidur nyaman sesuai saran dokter.

Sebelum menerapkan tips kesehatan cara sehat alamiah menurunkan kolesterol tubuh tanpa obat, disarankan berkonsultasi dengan dokter kesehatan untuk mendapat metode yang paling tepat.

Demikian tulisan tentang cara sehat alamiah turunkan kolesterol tanpa obat, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar