Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 18 September 2020

Penyebab Anjing Hidung Basah

Ilustrasi foto: Pexels/Film Bros

Majikan dan sosok individu terbiasa merawat anjing sepakat dengan kondisi hidung anjing yang basah, sejuk dan dingin menjadi tanda umum hewan peliharaan tersebut sehat.

Namun pernahkah kita mencari tahu penyebab anjing memiliki ciri hidung basah?

Kemampuan indera penciuman anjing sudah dikenal dapat mengidentifikasi bermacam aroma tertentu yang tidak bisa dilakukan manusia. Peranan hidung untuk hewan yang mengandalkan indera pengendusan menjadi organ penting dan saling mendukung aktivitas harian.

Kelebihan hewan spesies anjing dengan indera penciuman, penglihatan, pendengaran hingga kecepatan membuat perbedaan dengan spesies lain yang mengandalkan fungsi lain.

Salah satu cara yang dilakukan manusia berkembang biak dan bertahan hidup, sebagian besar menggunakan indera penglihatan dan indera lain berkomunikasi dengan lingkungan. Organ lain seperti otak manusia bagian yang sering digunakan untuk melakukan informasi yang didapat secara visual dibanding indera penciuman hidung.

Perbedaan fungsi otak inilah membuat anjing lebih fokus pada indera penciuman dan indera lain yang menyebabkan hidung basah yang dimiliki anjing lebih maksimal bekerja dibanding mereka berhidung kering.

Penyebab Anjing Hidung Basah


Kelebihan penciuman hidung yang terdapat pada anjing didukung lebih dari 100 juta reseptor sensorik yang terdapat di rongga hidung. Sementara manusia memiliki sekitar 6 juta reseptor sensorik.

Cara menganalisa aroma dan bau-bauan yang didapat oleh anjing, juga mendapat dukungan otak mereka yang mampu menganalisa aroma sekitar 40 kali lebih banyak dari manusia. 

Oleh karena itu, hidung yang terdapat pada anjing bisa membedakan lebih dari 1.000 hingga 10.000 lebih baik dibanding manusia.

Anjing yang memiliki hidung basah, lembab atau dingin mampu menerjemahkan berbagai partikel aroma yang didapat lebih banyak dibanding anjing dengan hidung kering.

Fungsi hidung anjing basah, lembab dan dingin


Selain memberi keuntungan pada kemampuan mengenali partikel yang ada di lingkungan sekitar, fungsi hidung anjing basah, lembab dan dingin memiliki kelebihan lain.

Beberapa fungsi pada hidung anjing yang basah diantaranya menjaga suhu tubuh tetap stabil saat cuaca panas. Hidung pada seekor anjing basah dan lembab digunakan mengeluarkan hawa panas tubuh melalui indera dan organ tubuh seperti hidung, lidah menjulur dan bantalan kaki. Hal ini bisa terlihat pada anjing setelah bermain atau latihan lari, kebiasaan menjulurkan lidah salah satu cara anjing menjaga suhu tubuh yang berkeringat dan suhu tubuh yang agak panas menjadi lebih stabil.

Cara anjing menjaga hidung tetap basah, dingin dan lembab


Proses anjing menjaga hidung tetap basah, lembab dan dingin dilakukan secara alamiah tanpa bantuan majikan secara langsung. Perilaku hewan peliharaan ini menjaga keadaan hidung selalu baik dilakukan dengan cara berikut:
  • Menjilat hidung
  • Hidung melakukan produksi lendir khusus

Kebiasaan anjing menjilati hidung mereka dilakukan untuk menjaga selalu basah, dingin dan lembab. Cara ini dilakukan dengan baik oleh banyak ras anjing, meski ada perbedaan hidung yang lebih panjang atau lidah yang lebih pendek dibanding ras anjing lainnya.

Kebiasaan anjing menjilat hidung juga berfungsi membersihkan kotoran setelah mencium sesuatu hal, dengan demikian hidung selalu bersih saat selesai mengidentifikasi suatu partikel bau atau aroma.

Cara alamiah yang dilakukan hidung milik hewan anjing menjaga selalu basah dan dingin, organ dalam hidung anjing memproduksi kelenjar khusus seperti lendir. Lapisan lendir tipis ini dialirkan melalui saluran hidung dan berada di area lubang hidung sehingga kemampuan mengendus partikel selalu bagus.

Apakah anjing hidung kering tidak sehat?


Kondisi hidung anjing yang basah, dingin dan lembab menjadi ciri kesehatan hewan peliharaan dalam kondisi baik. Sementara hidung pada hewan anjing yang kering belum tentu tanda kesehatan mereka tidak baik.

Anjing dengan hidung kering bisa terjadi karena beberapa hal, seperti:
  • baru bangun dari tidur
  • melakukan kegiatan fisik yang berlebihan sehingga mengalami dehidrasi
  • cuaca berupa hembusan angin dan sinar matahari di tempat tinggal 
  • kemungkinan hidung luka terkena benturan

Untuk mendapatkan penyebab pasti dari hidung anjing yang kering, disarankan memeriksakan ke dokter hewan terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar