Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 10 September 2020

Panduan Cara Memilih dan Menggunakan Hair Dryer untuk Hewan Peliharaan

Menjaga kesehatan hewan peliharaan yang dirawat dalam rumah maupun di luar sangat penting. Jenis peliharaan yang cukup populer kucing atau anjing setiap periode waktu tertentu memerlukan bantuan pemilik atau anggota keluarga supaya bulu hingga kulit hewan tetap segar dan tidak berbau.

Ilustrasi foto hair dryer (Pixabay)



Salah satu cara merawat hewan yang menjadi peliharaan , memandikan mereka sesuai saran dokter hewan atau petunjuk ahli dunia hewan adalah kebutuhan yang tidak bisa dihindari. 

Anda yang belum pernah memandikan hewan yang dipelihara dalam rumah, mungkin bisa menggunakan jasa profesional dibidang grooming terpercaya di lokasi terdekat, karena pekerjaan yang dilakukan mereka rata-rata mencakup hampir keseluruhan perawatan bulu dan kulit tetap sehat dan bebas kutu.

Sementara ada juga pemilik hewan peliharaan  ingin mencoba memandikan kucing atau anjing mereka, disarankan mengetahui dasar penting yang perlu diketahui sebelum memandikan peliharaan.


Apakah pengering rambut boleh digunakan untuk kucing atau anjing?


Pada tulisan kali ini, penulis dunia hewan mencoba membagi pengalaman cara memandikan peliharaan di rumah. Jadi pada tulisan ini, saya mengasumsikan Anda sebagai pemilik hewan peliharaan mengetahui cara memandikan mereka dalam standar dasar.

Pengalaman cara memandikan kucing dibandingkan dengan anjing memiliki perbedaan cukup jauh, khususnya untuk kucing yang belum pernah dimandikan sama sekali. 

Kucing pertama kali yang akan dimandikan oleh pemilik, memiliki kecenderungan berontak, lari, mencakar dan perilaku agresif lain yang terkadang bisa muncul tanpa terduga. Oleh karena itu, sebelum memandikan kucing, antisipasi bagian yang mudah di cakar, tergores hingga tergigit dengan sarung pelindung jika akan membersihkan bulu dan badan kucing yang kotor.

Anjing relatif lebih tenang dan tidak agresif, perilaku yang bisa muncul saat anjing akan dimandikan kemungkinan tidak bisa diam selama dimandikan.

Proses membersihkan bulu dan badan kucing atau anjing setelah selesai dimandikan dengan sampo khusus hewan, perlakuan penting lainnya adalah mengeringkan sisa air dan sisa sampo yang mungkin masih menempel di sela bulu terdalam hingga melekat di permukaan kulit.

Bilas badan hewan peliharaan dengan benar dan proses selanjutnya pengeringan menggunakan alat bantu seperti handuk atau kain lembut.

Bagian bulu atau kulit peliharaan yang masih terasa lembab, dapat dikeringkan dengan pengering rambut atau hair dryer.

Pengering rambut atau hair dryer rata-rata masih bisa dipakai mengeringkan bulu dan badan hewan seperti kucing dan anjing sepanjang cara memakai alat pengering ini sesuai petunjuk penggunaan untuk hewan.

Mengapa hair dryer dipilih untuk mengeringkan bulu dan badan kucing atau anjing?


Penggunaan pengering rambut atau hair dryer bersifat alternatif yang bisa tidak digunakan jika Anda ragu pengaruhnya untuk hewan peliharaan. Namun hal terpenting adalah bulu dan permukaan badan mereka dijaga supaya tidak lembab atau masih basah bekas sisa air tertinggal.

Keadaan lembab bulu dan badan hewan yang tidak kering, mudah mengundang iritasi kulit dan berkembang biak jamur. 

Alternatif cara mengeringkan bulu hewan peliharaan bisa juga menggunakan kipas angin, beberapa kain memiliki daya hisap kuat pada air atau bahan lain menurut saran dokter hewan terdekat atau ahli hewan.

Ciri-ciri hair dryer yang baik saat dipakai pada hewan peliharaan


Cara menggunakan hair dryer untuk mengeringkan bulu atau bagian badan yang dianggap masih lembab, tes terlebih dulu dengan menyemprotkan bagian tangan kita. 

Pilih suhu yang paling rendah agar semburan panas yang keluar dari corong pengering rambut tidak berlebihan dan menimbulkan suara bising lebih kuat.

Pengaturan jarak semprot kira-kira sekitar 30-50 sentimeter diarahkan ke bulu atau badan hewan peliharaan.

Ciri-ciri hair dryer yang baik digunakan untuk kucing atau anjing, pilih pengering rambut dengan fitur lengkap mengatur suhu panas hingga fitur tambahan lain yang dianggap perlu untuk hewan peliharaan.

Tahapan memulai mengeringkan bulu dan badan kucing atau anjing

Mulai pada bagian belakang hewan, misalnya area kaki dan bagian yang memiliki bulu dan bukan termasuk bagian peka terhadap panas

Setelah bagian belakang sudah selesai, tahap ke-2 yang perlu dikeringkan adalah tengah atau badan

Tahap ke-3 bagian depan dengan posisi semprotan diarahkan pada atas kepala. Jangan menyemprotkan bagian muka atau wajah secara langsung, karena bisa membuat mereka takut dan bisa membahayakan.

Tahap ke-4, lakukan pemeriksaan ulang kemungkinan bagian bulu atau kulit yang masih basah. Kemungkinan bulu atau kulit masih basah karena semburan hair dry bisa mendorong air berpindah tempat lain.

Cara memeriksa bulu dan badan hewan peliharaan sesudah dimandikan dengan memakai tangan Anda langsung yang diletakkan dan meraba bulu hingga kulit hewan.

Jangan lupa memberikan hadiah kesukaan mereka seperti makanan atau camilan berkualitas tinggi setelah proses pengeringan selesai.

Hadiah berupa makanan, camilan dan pujian dari pemilik memberi pengalaman menyenangkan untuk kucing atau anjing tentang kebiasaan mandi di masa mendatang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar