Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 22 September 2020

Mengenal Hewan Sea Monkey dan Cara Merawatnya

Habitat makhluk hidup yang mendiami bumi memiliki ragam bervariasi. Tidak sedikit nama hewan masih asing dan mungkin belum pernah didengar sama sekali oleh kita. Misalnya Hewan transparan, kita mungkin membayangkan spesies ini ada kaitan dengan laut dan monyet. Seperti apa hewan Sea Monkey?

Berawal tahun 1950 an, ada ilmuwan menciptakan hewan untuk peliharaan sesuai minat pasar barat yang menginginkan kepraktisan. 

Dikutip metro.co.uk, masyarakat saat itu mengira Sea Monkey atau monyet laut merupakan mitos dan legenda masyarakat yang tak pernah ada.

Hewan Sea Monkey ada dan diciptakan laboratorium New York Oceanic Society dalam spesies hewan Artemia NYOS.

Cara berkembang biak makhluk transparan tidak seperti organisme yang terjadi secara alamiah. Makhluk Artemia NYOS ini adalah persilangan berasal dari spesies udang laut.

Kredit foto: Lazada.co.id



Ciri-ciri Sea Monkey


Ciri-ciri hewan Sea Monkey adalah fungsi organ mereka yang terdapat lapisan cryptobiosis. Lapisan cryptobiosis rata-rata terdapat pada family Crustacean yang memberi manfaat seperti cryosleep dalam film sains fiksi.

Kemampuan lapisan cryptobiosis adalah sistem fungsi tubuh yang bisa terhenti periode khusus karena kondisi tertentu, misalnya dalam suhu beku, dikeringkan sempurna atau tidak terdapat oksigen.

Penundaan metabolisme tubuh hewan akan berfungsi normal ketika berada dalam lingkungan yang sesuai.

Cara hewan Artemia menjalani aktivitas memiliki perbedaan dengan makhluk lain, misalnya bernapas dengan kaki dan senang mendatangi sumber cahaya.

Ciri-ciri hewan transparan ini memiliki organ kepala, dada dan perut dan lingkungan hidup mereka tidak di laut atau mirip dengan monyet.

Perkembangan awal makhluk transparan ini menetas di air garam tanpa klorinasi selama 24 jam. Saat bertumbuh semakin besar berbentuk udang transparan, ekornya saat diperhatikan menyerupai ekor monyet.

Supaya hewan Sea Monkeys tetap hidup hingga besar, cara perawatan mereka menjaga air tetap bersih dan mengandung oksigen.

Cara merawat Sea Monkeys


Jika ingin memelihara hewan peliharaan berbadan transparan, alat pendukung yang dibutuhkan harus lengkap. Beberapa sarana seperti wadah plastik atau tempat lainnya harus bersih sebagai penetasan sekaligus tempat tinggal mereka.

Kriteria tempat yang baik untuk mereka hidup, pilih kapasitas wadah minimal 2 liter atau lebih karena berguna untuk berenang mereka.

Isi wadah menggunakan sumber air suling, air mineral atau air nonklorinasi. Disarankan tidak memakai air berasal dari keran atau jenis air yang memiliki fluorida karena mempengaruhi kesehatan mereka.

Cara menjaga sirkulasi oksigen dalam wadah tetap bekerja, gunakan pompa udara atau turkey baster dan mengaerasi perlahan. 

Untuk menjaga kondisi air tetap murni, kita bisa menggunakan alat khusus untuk hewan trnsparan dijual di toko kebutuhan hewan.

Saat mengisi air ke wadah yang sesuai, masukan garam dan dilarutkan di suhu ruangan minimal 24 jam lebih, lalu bibit telur Sea Monkey bisa di masukan.

Jika kondisi air memenuhi syarat, bibit telur Sea Monkey menetas sekitar 5 harian dan mereka akan terlihat berenang di wadah tersebut.

Cara memberi makan hewan Artemia


Kredit foto: Kinkong.ru

Usia bibit hewan transparan baru lahir belum memerlukan makanan dari luar, mereka mulai membutuhkan asupan setelah hari ke-5 sejak menetas.

Cara memberi makan Sea Monkey menggunakan sendok kecil di bagian ujungnya. Taburkan 1 ujung sendok makan sekitar hari ke-2. Pakan khusus untuk mereka bisa dibeli di toko hewan dan tidak bisa menggunakan jenis makanan dari luar.

Setelah usia mereka lebih dari 5 hari, makanan bisa diberikan setiap 5 hari. Waktu pemberian makanan untuk mereka, sebaiknya dikonsultasikan dengan staf atau penjual pakan. Pemberian makanan berlebihan, beresiko membuat mereka mengalami hal yang tidak kita inginkan.

Memiliki tubuh transparan, Hewan air menjadi unik dilihat saat diamati. Asupan makanan yang dimakan mereka setelah berada di sistem pencernaan menunjukkan garis hitam dan menjadi transparan kembali setelah dikeluarkan.

Sekitar seminggu, wadah atau akuarium tempat mereka akan tumbuh alga atau sumber makanan alamiah mereka. Secara tidak langsung, porsi makanan dari luar yang diberikan mulai dikurangi karena mereka akan makan dari alga hijau.

Cara membersihkan wadah atau akuarium Sea Monkey

Kebersihan tempat tinggal mereka memerlukan perhatian ekstra supaya populasi mereka tetap stabil. Selain kebutuhan oksigen dari pompa terus menerus, cara membersihkan wadah atau akuarium dilakukan 2 kali dalam sehari dengan aerasi.

Waktu mengaerasi air akuarium yang tepat saat pagi dan malam hari. Sedangkan penempatan wadah atau akuarium yang baik di ruangan suhu sekitar 22 derajat Celsius, jangan terlalu panas atau terlalu dingin.

Hewan bertubuh transparan yang hidup di tempat terlalu dingin atau terlalu panas, cenderung menjadi diam. Sementara jika mereka bisa bergerak, biasanya pertumbuhan tubuh tidak berkembang seperti spesies sejenis di tempat bersuhu yang tepat.

Untuk mengganti air dalam wadah atau akuarium hewan transparan, tidak boleh terlalu sering. Tanda khusus air perlu diganti jika sudah bau atau kejernihan menjadi keruh gelap.

Saat menggunakan peralatan pembuang air, tempatkan penyaring untuk kopi menjaga kemungkinan hewan Artemia terhisap. 

Cara bermain dengan hewan transparan 

Seperti yang sudah dijelaskan, hewan Sea Monkey senang dengan cahaya. Jika ingin bermain dengan mereka, bisa menggunakan senter yang diarahkan ke wadah akuarium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar