Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 08 September 2020

Memilih Bibit Kelinci yang Baik Dipelihara dari Umur Hewan

Budidaya ternak kelinci oleh manusia memberi manfaat pada kesehatan sekaligus menjaga metabolisme tubuh karena kandungan vitamin B12 dalam daging kelinci termasuk tinggi. Hal ini mengundang sebagian masyarakat mencoba mengembangbiakkan kelinci sebagai investasi dan menyalurkan hobi.

Ilustrasi foto: Pixabay/JACLOU-DL



6 Manfaat daging kelinci


Sebelum kita mulai membahas cara memilih bibit kelinci yang baik dipelihara dari umur hewan, penulis dunia hewan memaparkan 6 manfaat daging kelinci yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat.

Apa saja manfaat daging kelinci untuk kesehatan manusia?

Pengolahan manfaat daging kelinci sebagai sumber makanan yang dikonsumsi manusia memiliki aneka ragam sajian. Mulai dari sajian resep sate, bakso, abon hingga menu resep berupa sop, rata-rata tekstur dagingnya hampir mirip dengan daging ayam.

1. Obat penyakit asma


Mengutip penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran Universitas Brawijaya Malang mengungkapkan, daging kelinci memiliki ketotifen yang digunakan untuk pengobatan penyakit asma.

Bagian daging kelinci yang tinggi kandungan ketotifen terdapat pada hati yang di olah dengan cara merebus sesuai petunjuk kesehatan. Meski banyak pilihan mengolah sumber makanan, merebus dipilih karena kadar kandungan ketotifen lebih terjaga.

2. Menjaga stamina pria


Kandungan daging kelinci memberi manfaat kesehatan untuk pria menjaga stamina. Protein yang didapatkan dari daging hewan ini termasuk tinggi sekaligus mudah dicerna dalam metabolisme tubuh.

3. Meningkatkan masa pertumbuhan


Usia anak yang bertumbuh dan berkembang dalam umur tertentu, perlu mendapat nutrisi hingga protein sesuai saran ahli kesehatan. Mengonsumsi daging kelinci secara teratur dapat mendorong peningkatan pertumbuhan badan anak lebih maksimal.

4. Menjaga kesehatan jantung


Daging kelinci kaya dengan kandungan protein dan memiliki kadar lemak rendah. Penderita sakit jantung menjadi menu yang aman dikonsumsi.

5. Menjaga metabolisme tubuh


Sumber makanan yang berasal dari daging kelinci memberi kandungan vitamin B12 hampir sama dengan daging sapi.

6. Menjaga berat badan


Manfaat daging kelinci tinggi protein dengan kadar lemak rendah sehingga menjadi pilihan sebagian masyarakat menjaga berat badan tetap stabil. Cara mengolah yang tepat bahan makanan ini, dengan merebus hingga kukus karena rendah campuran minyak penggorengan atau bumbu penyedap tambahan.

Tips Memilih Bibit Kelinci yang Baik Dipelihara dari Umur


Memulai budidaya ternak maka hal dasar yang penting untuk kita adalah bibit yang dipilih harus tepat agar hasilnya berlipat ganda.

Faktor pengaruh bibit yang dipelihara sebagai ternak juga tergantung tujuan Anda memelihara.

Bibit kelinci yang terkenal populer untuk memanfaatkan bulu, rata-rata menggunakan jenis kelinci kelompok Angora, American Chinchilla dan Rex.

Sedang bibit kelinci bertujuan pada daging, rata-rata menggunakan bibit dari kelompok Belgian, Californian, Flemish Giant, Havana, Himalayan dan New Zealand.

Cara memilih bibit kelinci


Setelah kita menentukan tujuan budidaya pengembangbiakan kelinci berdasarkan manfaat dan tujuannya, cara memilih bibit kelinci mempertimbangkan faktor berikut:



Cara memilih bibit kelinci berdasar kesehatan


Salah satu tips dasar memilih bibit kelinci yang baik dipelihara selain menggunakan umurnya, ciri-ciri hewan kelinci yang sehat dilihat pada tubuh dengan bentuk ideal dan baik. Misalnya kaki yang tidak terlihat melengkung atau bengkok, telinga berdiri tegak, tampilan bulu tidak kusam atau berkilau hingga sinar mata yang tidak layu.

Hal ini diungkapkan seorang pakar tentang kelinci, Mashur dan menambahkan faktor lain yang mempengaruhi bibit kelinci yang baik adalah aktivitas mereka gesit dan lincah sehingga jarang berdiam diri.

Cara memilih bibit kelinci dari masa reproduksi


Masing-masing kelompok kelinci bisa melakukan reproduksi berbeda-beda. Selain bersumber dari kemampuan genetik bibit, hal lainnya pengaruh keturunan induk awal kelinci.

Misalnya, ada induk yang bisa beranak hingga 10 ekor atau lebih banyak sementara ada juga induk kelinci hanya melahirkan 2-4 ekor anakan saja.

Jumlah kelahiran induk kelinci yang ideal secara rata-rata adalah 8 ekor anak, karena tidak terlalu banyak menyebabkan anak kelinci menjadi sulit mendapatkan air susu dari induk.

Bibit kelinci yang baik dipelihara hendaknya berumur 35 hari


Bibit kelinci yang baik dipelihara hendaknya berumur antara 35 - 60 hari. Pada masa umur kelinci kurang dari 35 hari ini, anak kelinci masih membutuhkan air susu induk mereka.

Manfaat anak kelinci yang memperoleh air susu induk mereka, selain belajar secara alamiah sebelum masa penyapihan, juga meningkatkan kemampuan imun tubuh anak kelinci dari resiko fatal.

Selama masa perawatan dan pemeliharaan bibit kelinci umur 35-60 hari, kelinci dianggap dewasa dan masuk masa produksi setelah umur 4-7 bulan.

Faktor umur kelinci dewasa dianggap mampu berkembang biak dipengaruhi berbagai sebab, salah satunya berdasarkan ukuran tubuh bibit yang kecil atau besar.

Info dasar kelinci
  • Memiliki umur sekitar 5-10 tahun
  • Memerlukan waktu melahirkan sekitar 28-35 hari
  • Rata-rata kemampuan produksi sekitar 1-3 tahun
  • Waktu penyapihan anak menjadi mandiri sekitar 6-8 minggu
  • Kelinci dianggap dewasa setelah umur 4-10 bulan dan dipertemukan dengan pasangan pada umur 6-12 bulan
  • Waktu adaptasi dan pengenalan pasangan kelinci rata-rata 1 minggu setelah kelahiran pertama
  • 1 tahun waktu mengandung induk kelinci bisa mencapai hingga 5 kali atau kurang
  • Masa panas berlangsung antara 2 mingguan

Selain menjadi hewan ternak yang dibudidayakan manusia, di Indonesia terdapat daerah yang menjadi habitat kelinci secara komersial. Misalnya peternak kelinci dari Lembang dan sekitarnya. Manfaat kelinci sering menjadi hewan peliharaan hobi atau hiasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar