Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 22 September 2020

Manfaat Latihan Peregangan Otot

Otot yang terdapat pada manusia tersusun dalam jaringan dan memiliki fungsi penting untuk beraktivitas dalam sehari-hari. Fungsi otot yang dimiliki hewan dan makhluk hidup lain, diantaranya menggerakan tulang dan organ tubuh lain seperti pembagian jenisnya.

Dalam otot makhluk hidup yang ada pada manusia dan hewan terbagi 3 jenis, otot lurik, otot polos dan otot jantung. 

Manfaat latihan peregangan otot


Kredit foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Apakah kita pernah melihat seorang sebelum melakukan olahraga utama, sering memulai dengan latihan awal. Kegiatan latihan peregangan otot pada manusia, ternyata tidak untuk olahraga saja namun bisa menjaga fungsi organ tubuh tetap baik.

Manfaat latihan peregangan otot yang kita lakukan secara rutin, selain melancarkan kemampuan juga bisa meningkatkan fleksibilitas otot semakin baik. 

Ketika seseorang melatih otot lebih siap digunakan atau disebut stretching, maka melibatkan organ lain untuk bergerak dan bekerja.

Apa saja manfaat latihan peregangan otot bagi manusia?


Mengutip dari situs kesehatan, banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan melatih dan olahraga secara rutin. Beberapa manfaat dari relaksasi otot, diantaranya:
  1. menjaga kemampuan otot tubuh tetap lentur
  2. membantu peredaran darah 
  3. melatih tubuh menjaga keseimbangan 
  4. membuat otot lebih siap digunakan
  5. menjaga tubuh selalu bugar
  6. mencegah punggung mudah sakit
  7. mencegah stres

Menjaga kemampuan otot tubuh tetap lentur


Ketika otot dilatih rutin dengan cara peregangan seperti saran ahli kesehatan, manfaat untuk kita bisa menjaga kemampuan otot tubuh selalu lentur. Peningkatan fleksibilitas tubuh bergerak akan semakin maksimal, sekaligus mencegah resiko cedera yang terjadi jika tidak dilatih secara rutin.

Membantu peredaran darah 


Tubuh manusia tersusun otot dan jaringan yang membawa aliran darah beredar. Ketika latihan peregangan otot di lakukan, bisa bermanfaat melancarkan sirkulasi aliran darah.

Melatih tubuh menjaga keseimbangan 


Kelebihan dari relaksasi otot secara rutin, selain menjaga tubuh sehat, dampak lain yang positif adalah menjadi tubuh terlatih semakin seimbang dalam bergerak. Semakin terlatihnya koordinasi organ tubuh dengan olahraga, sering dilakukan para pekerja hingga olahragawan.

Membuat otot lebih siap digunakan


Fungsi yang bermanfaat latihan peregangan otot sebelum olahraga membuat lebih siap mengerjakan gerakan yang lebih sulit. Dengan kegiatan pemanasan sebelum memulai olahraga, otot lebih stabil menjalani aktivitas kontraksi.

Menjaga tubuh selalu bugar


Jarang diketahui manfaat relaksasi otot yang dilakukan secara rutin, misalnya bisa menjaga tubuh selalu bugar. Kebugaran tubuh yang diperoleh dapat diketahui dari lamanya otot menjadi lelah.

Mencegah punggung mudah sakit


Kebiasaan berlatih peregangan otot bermanfaat pada punggung bagian bawah. Misalnya sakit daerah punggung hingga pinggul jarang terjadi pada individu yang terbiasa berolahraga.

Mencegah stres


Selain pengaruh langsung untuk kesehatan tubuh, secara psikologis dan mental kegiatan peregangan otot memberi efek positif. Sirkulasi darah yang lancar mengangkut oksigen dalam tubuh, membuat otak lebih baik dan mencegah ketegangan saraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar