Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 02 September 2020

Kenapa Kucing Mendengkur?

Merawat hewan peliharaan menjadi hobi cukup menarik bagi sebagian masyarakat. Melihat tingkah laku mereka menghibur dan mengemaskan, beberapa perilaku mereka terkadang menjadi pertanyaan pemilik, khususnya yang baru pertama kali memelihara kucing. Salah satunya adalah pertanyaan, kenapa kucing mendengkur?

Ilustrasi foto: Pixabay


Kucing yang termasuk hewan vertebrata (hewan bertulang belakang) sebagai makhluk mamalia digolongkan kelompok hewan karnivora (hewan pemakan daging). 

Salah satu ciri khusus dari hewan kucing yang memiliki bantalan dibagian kaki, ternyata bisa mendengkur dengan suara yang berbeda dihasilkan saat bernapas mengambil oksigen maupun menghembuskan.

Jika suara dengkuran kucing diukur dengan peralatan gelombang Hertz, dengkuran mereka berkisar pada angka 25-150 Hertz. Saat ambang batas berada di titik lebih rendah, dengkuran yang dikeluarkan oleh kucing mirip dengan kecepatan getaran dari mesin diesel menyala.

Kenapa Kucing Mendengkur?


Kenapa kucing mendengkur? Apakah karena sakit, senang atau ada hal lainnya?

Makhluk hidup yang bisa mendengkur ternyata bukan hanya manusia saja, kucing saat tidur atau di elus bisa juga mengeluarkan dengkuran.

Ketika hewan berkaki 4 berbulu halus ini mendengkur, maka tubuh mereka terlihat bergetar yang menandakan suatu hal. 

Sebagian kucing akan mendengkur saat merasa senang dan bahagia, pada saat merasa sakit hingga stres, kucing melakukan cara yang sama, yakni mendengkur.

Penyebab pada hewan peliharaan yang sakit bisa mendengkur, rata-rata pengaruh dari saluran pernapasan hingga tenggorokan yang terhambat dan mengalami penyumbatan.

Jadi, ketika kucing mendengkur bisa diartikan mereka mengalami kebahagiaan dan senang atau sebaliknya sedang bermasalah pada saluran pernapasan karena tersumbat.

Hewan lain yang memiliki ciri khusus bisa mendengkur, bukan hanya pada kucing. Beberapa spesies yang tergolong kelompok kucing seperti kucing hutan, cheetah, lynx, puma, harimau, singa hingga macan, mampu mendengkur melalui cara yang mirip seperti kucing. Misalnya menghembuskan napas mereka.

Manfaat dengkuran kucing untuk kesehatan manusia


Para peneliti yang menyelidiki pengaruh dengkuran kucing terhadap kesehatan manusia sudah cukup banyak diungkapkan di media laporan penelitian. 

Dengkuran yang dikeluarkan oleh kucing, ternyata mampu memberikan manfaat positif untuk kesembuhan dan meredakan stres manusia. Suara dengkuran hewan ini memiliki kekuatan meredakan tekanan darah sehingga banyak dipelihara oleh manusia lanjut usia dan menjadi hewan terapi di panti jompo dan lingkungan masyarakat.

Fakta Dengkuran Kucing


Kita tahu dengkuran yang keluar dari kucing, dihasilkan melalui hembusan napas mereka saat bahagia ataupun sakit.

Dalam metode pengobatan dan terapi secara tradisional, dengkuran kucing ini selain bisa menurunkan tekanan darah dan menenangkan, juga meningkatkan peluang kesembuhan pada tulang.

Kebiasaan perilaku kucing akan mendengkur, bisa terjadi pada induk kucing yang akan melahirkan maupun menyusui anak kucing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar