Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 08 September 2020

Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkan hingga Sumber Suara

Seni budaya di dunia memiliki keunikan yang khas dan sebagian besar melibatkan manusia untuk memainkan berdasarkan sumber suara tiap alat. Salah satu contoh hasil seni budaya yang dihasilkan manusia berupa kerajinan tangan berwujud karya seni khas, memiliki makna yang dalam tentang nilai seni dan keindahan.

Ilustrasi foto: Pixabay/312kasia



Berasal dari seni budaya inilah beberapa adat turun temurun hingga terbentuknya upacara bersifat keagamaan bertujuan memuja dan melayani dari generasi ke generasi berikutnya.

Jenis Cabang Seni


Minat dan ketertarikan individu fokus belajar jenis cabang seni, sedikitnya 4 cabang jenis seni populer bisa di pelajari, yakni:
  • seni rupa yang digolongkan seni budaya berupa bentuk seperti gambar, melukis, arca patung, kerajinan tangan dan kebudayaan seni lain.
  • seni teater termasuk kategori seni budaya yang membutuhkan kemampuan mengaktualisasikan ekspresi dalam pertunjukan.
  • seni tari kelompok seni budaya jenis keindahan mengabungkan unsur gerakan tubuh sebagai komunikasi dengan penonton
  • seni sastra kelompok jenis seni budaya hasil kreatif berupa keindahan susunan kata dan makna.

Jenis alat musik


Sama hal dengan peralatan seni yang ada di seluruh dunia, sebagian besar jenis alat musik menjadi unik dan bisa berdasarkan cara memainkan hingga sumber suara yang dihasilkan menjadi keindahan.

Alat kesenian yang dibuat manusia mendukung kesenian dan tujuan lain, selain dimainkan dengan cara tertentu oleh pakar alat musik. Sosok individu yang lihai bermain alat pendukung ini disebut musisi dan ilmu yang mengkhususkan belajar alat musik disebut organologi.

Ciri-ciri alat musik berdasarkan sumber bunyi


Untuk memudahkan kita mengenali alat kesenian berupa musik, berdasarkan ciri-ciri dan pengelompokan sesuai standard, jenis seni budaya musik dikelompokkan pada sumber bunyi dan cara memainkan.

Contoh dan istilah untuk alat musik berdasarkan sumber bunyi, diantaranya:
-idiofon, kesenian yang dihasilkan dari bahan dasar menjadi suara, seperti terdapat pada drum, angklung, kolintang dan lainnya
-Aerofon, kesenian yang dihasilkan dari hembusan udara yang terdapat pada rongga. Contoh alat kesenian musik ini terdapat pada suling, terompet, harmonika, trombon dan alat lain
-Kordofon merupakan alat kesenian musik bersumber dari dawai setika dipetik atau ditekan. Contoh alat kesenian musik ini terdapat pada piano, gitar, biola, kecapi dan alat kesenian musik lain
-Membranofon salah satu peralatan musik cukup populer dalam masyarakat karena sumber suara yang muncul berasal pada selaput atau membran. Contoh alat musik membranofon terdapat pada drum, kendang, rebana dan alat kesenian musik lain
-Eltektrofon merupakan alat musik yang menghasilkan sumber suara cukup banyak digunakan masyarakat modern. Peralatan ini  memakai sarana pendukung lain seperti listrik atau tenaga lainnya menjadi keindahan suara. Contoh alat musik elektrofon terdapat pada keyboard listrik, gitar listrik, piano listrik dan alat kesenian musik lain.

Jenis alat musik berdasarkan cara memainkan


Pengelompokan alat musik bisa juga berdasarkan cara memainkannya. Sebagian besar seni budaya dengan peralatan menghasilkan keindahan jika dimainkan dengan cara sebagai berikut:
  • berdasarkan cara tiup
  • berdasarkan cara pukul
  • berdasarkan cara petik

Contoh alat musik berdasarkan cara memainkan ditiup adalah suling, terompet sehingga muncul suara tinggi rendah dalam gelombang tertentu

Contoh alat musik berdasarkan cara memainkan dipukul terdapat pada drum, dan alat kesenian musik lain

Contoh alat kesenian musik lain berdasarkan cara memainkannya adalah gitar yang dipetik dan biola sebagai alat musik yang digesek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar