Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 10 September 2020

Google Rilis Android 11 dengan 15 Fitur Baru

Ponsel terbaru mendukung Android 11 semakin memudahkan pengguna HP melakukan efisien waktu. Google belum lama ini merilis Android terbaru yang mampu bekerja lebih praktis mengolah pesan penting sampai urusan santai bermain game. Dengan 15 fitur terbaru dalam sistem operasi Android 11 versi final, mengandalkan dukungan untuk Conversation Notifications dan Devide Control.

Ilustrasi foto Android 11 (validnews.id)



15 Fitur Terbaru di Android 11


  1. Melihat History notifikasi
  2. Mengelompokkan notifikasi di 1 aplikasi
  3. Screen recorder
  4. Akses cepat aplikasi 
  5. Akses smart home dengan ponsel
  6. Memilih prioritas percakapan
  7. App permission
  8. Media control
  9. Emoji unik
  10. Fitur Dark theme otomatis
  11. Pindah aplikasi lain tanpa keluar
  12. Screen shoot layar lebih panjang
  13. Pemberitahuan khusus
  14. Fitur share untuk banyak penerima
  15. Quick mini game

Seperti apa kemampuan 15 fitur terbaru Android 11?


Melihat History notifikasi

Fitur terbaru dari Android 11 yang dirilis Google dan dikutip dari androidcentral.com, keunggulan ditawarkan dalam notifikasi adalah kemampuan melihat seluruh pesan pemberitahuan yang sudah masuk ke ponsel namun belum sempat di periksa.

Situasi dan kondisi tidak memungkinkan menggunakan ponsel, beberapa notifikasi masuk sering terabaikan atau ditutup.

Keunggulan operasi sistem dari Android 11 mampu menampilkan kembali sehingga mudah dibaca setelah Anda siap.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur terbaru juga mudah dilakukan, Anda bisa mengatur di menu pengaturan ponsel yang mendukung fitur tersebut.


Mengelompokkan notifikasi di 1 aplikasi


Masih tentang pesan dan notifikasi yang sering datang untuk Anda melalui HP terbaru mendukung Android terbaru, fitur unik yang cocok untuk Anda jika punya banyak aplikasi tertentu, kadang repot membuka dan membaca satu persatu notifikasi yang sampai dalam smartphone. 

Keunggulan Android 11 yang diumumkan Google baru-baru ini, fitur andalan bisa mengelompokkan semua notifikasi yang masuk dalam 1 aplikasi.

Cara kerja aplikasi dari Android 11 ini, pesan yang datang menyesuaikan menurut aplikasi secara mandiri. Dengan pengurutan secara otomatis ini, Anda lebih mudah mengolah dan membalas pesan yang masuk tanpa resiko terlewati.

Screen recorder

Tambahan fitur screen recorder dibenamkan dalam Android 11 makin efisien dan menarik.  Cara menggunakan screen recorder mendukung kecepatan membuka, cukup dengan menarik ke bawah menggunakan 2 jari hingga terbuka menu merekam.


Akses cepat aplikasi 

Semakin banyak aplikasi yang diunduh ke dalam HP, bisa membuat pengguna bingung aplikasi mana saja yang sering digunakan. Operasi sistem versi final yang dirilis Google mampu memberi rekomendasi jenis aplikasi apa saja sering dipakai, sekaligus memberi fungsi mengelompokkan secara otomatis.

Manfaat yang didapatkan pengguna, fitur terbaru ini mengorganisir aplikasi yang memiliki peranan terbanyak dipakai.


Akses smart home dengan ponsel

Kecepatan yang mendukung keamanan makin nyaman karena flesibel dalam operasi sistem Android 11. Dengan fitur terbaru mampu mengontrol smart home, Anda bisa terhubung langsung mengontrol situasi dan kondisi melalui akses perangkat smart home.

Akses smart home dengan ponsel Android 11 ini perlu tersambung dengan Google Home.


Memilih prioritas percakapan

Keterbatasan waktu dan kepadatan pekerjaan sering memaksa Anda untuk memilih percakapan tertentu yang dianggap penting atau sekedar obrolan biasa. Dengan fitur terbaru milik Google Android 11, semua itu bisa dilakukan dengan mudah.

Cara memilih prioritas percakapan menurut fungsi khusus, aktifkan "Mode Do Not Disturb" sehingga notifikasi yang masuk prioritas kurang penting, bisa dilewatkan untuk sementara waktu. 

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini, Anda bisa menggunakan menu pengaturan menu.


App permission

Faktor keamanan ponsel menjadi prioritas yang tak terlewati sebagai perhatian jajaran pengembang operasi sistem Android 11. Fitur yang disediakan pada App permision, mampu mengamankan izin yang diperlukan aplikasi tertentu saat akses hardware dan software HP. Dengan demikian, kamera hingga urusan lokasi terbaru Anda bersifat sementara.


Media control

Kecanggihan ponsel terbaru semakin memanjakan pengguna bersantai mendengar musik hingga menonton film. Lewat operasi sistem Android 11, Anda dengan mudah mengalihkan media control yang ada untuk digunakan. Misalnya output media eksternal speaker bluetooth dan perangkat lain yang mendukung media control.


Emoji unik

Untuk urusan generasi remaja, tak ketinggalan Android 11 makin asik dengan emoji unik. Ada banyak fitur emoji unik dan baru yang cocok dipakai remaja modern, yang cenderung menggunakan gambar dibanding menulis panjang lebar.


Fitur Dark theme otomatis
Jika sebagian HP canggih masih belum bekerja otomatis beralih ke model gelap, kelebihan yang ditawarkan Android 11 telah menyediakan kemampuan ini. Fitur Dark theme otomatis mengalihkan mode gelap saat hari berubah pagi hingga malam.


Pindah aplikasi lain tanpa keluar

Fitur tak kalah keren yang dikeluarkan dalam Android 11 adalah kemampuan pindah aplikasi tanpa keluar aplikasi lain. Dengan demikian, Anda bisa bekerja lebih praktis dan efisien tanpa harus menunggu layar membuka aplikasi yang ditutup. 

Kelebihan lain dari Android 11 adalah mampu memperkecil atau memperbesar ukuran size video sesuai keinginan Anda.


Screen shoot layar lebih panjang

Fitur screen shoot layar saat ini, rata-rata hanya mampu menangkap tampilan layar sesuai tampilan yang muncul. Perbedaan screen shoot layar dari Android 11, mampu menangkap seluruh tampilan layar semakin panjang semua keinginan.

Cara menggunakan screen shoot layar agar semakin panjang, gulirkan layar mulai bagian atas hingga menuju bagian bawah yang ingin di screen shoot.

Pemberitahuan khusus

Pemberitahuan khusus pesan yang masuk masuk terkait dengan fitur sebelumnya. Perbedaan dari pemberitahuan khusus ini, Anda mendapat notifikasi hingga memeriksa melalui panel atas HP di layar atas.


Fitur share untuk banyak penerima

Membaca dan memperoleh informasi bermanfaat sering mengugah keinginan Anda memberitahukan pada orang lain, sehingga tahu hal penting dan menarik untuk dibaca mereka.

Dengan fitur terbaru share dari Android 11, Anda bisa melakukan hal ini dengan mudah. Anda bisa mengirim informasi ke beberapa penerima secara banyak, sehingga tidak merepotkan untuk mengirim satu persatu.


Quick mini game

Saatnya untuk bersantai memanjakan diri bermain game. Google menyiapkan fitur terbaru dalam Android 11 untuk Anda mengakses dengan cepat permainan. Dengan akses cepat seperti Quick, Anda dibawa langsung ke permainan yang tersedia dengan cara menekan tombol daya dan memilih ikon 3 titik.

Jika Anda ingin mencoba kecanggihan yang ditawarkan operasi sistem Android 11, beberapa ponsel dan HP terbaru merk Pixel, OnePlus, Xiaomi, OPPO, dan realme sudah bisa digunakan. Untuk merk lain diperkirakan mendapat pemberitahuan beberapa bulan mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar