Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 23 September 2020

Faktor Internal dan Eksternal Mempengaruhi Proses Perkecambahan

Membahas ilmu pengetahuan alam dalam dunia tumbuhan selalu dimulai dari tahap awal cara berkembang biak sebelum menjadi besar. Hal yang sama dalam faktor internal dan eksternal yang saling terkait, istilah perkecambahan atau germinasi adalah tahapan awal tumbuhan berkembang biak secara khusus dalam kelompok tumbuhan biji. Faktor lingkungan yang mengawali proses perkecambahan bisa kita ketahui dalam tulisan berikut ini.

Faktor lingkungan yang mengawali proses perkecambahan dimulai dari embrio berupa biji, saat menjadi besar dan terus bertumbuh maka disebut kecambah.

Faktor Internal dan Eksternal Mempengaruhi Proses Perkecambahan


Kredit foto: Pexels/Viola Raw  Woolcott

Pengaruh proses kimia dan fisika terhadap tumbuhan berbiji memiliki faktor internal dan eksternal. 

Apa saja faktor internal mempengaruhi perkecambahan?

Faktor lingkungan yang mengawali proses perkecambahan dari tumbuhan berbiji menjadi perkecambahan bergantung pada fisiologis, bibit, lingkungan yang tepat hingga faktor penghambat.

Berikut penjelasan dari faktor internal yang mempengaruhi proses perkecambahan.


Fisiologis

Salah satu pengaruh cukup besar pada tumbuhan berbiji melakukan perkecambahan adalah fisiologis usia benih yang digunakan karena sebagian belum mempunyai daya hidup dan daya kecambah sesuai fungsi.

Beberapa penyebab dari fisiologis umur benih menentukan keberhasilan atau kegagalan karena dalam biji tidak tersedia sumber makanan yang cukup untuk cadangan embrio yang muncul belum sempurna.

Bibit

Pemilihan bibit unggulan atau bibit yang biasa-biasa saja menjadi faktor internal proses perkecambahan. Hal ini disebabkan bibit unggulan yang dipakai, rata-rata ukuran lebih besar sehingga kandungan cadangan sumber makanan lebih banyak dibanding bibit standar.

Sumber makanan cadangan dalam bibit memiliki kandungan kotiledon yang lebih maksimal sehingga berfungsi untuk energi perkecambahan.

Lingkungan

Penempatan lingkungan yang tepat menjadi faktor internal yang cuku penting dalam proses perkecambahan. Misalnya dormansi yang ada dalam lingkungan bibit walau benih bisa hidup, namun bisa menjadi tidak mendukung proses perkecambahan.

Faktor penghambat

Faktor yang mempengaruhi proses perkecambahan adalah pengaruh faktor penghambat. Misalnya inhibitor yang ada dalam lingkungan benih bisa mencegah embrio berkembang biak maksimal, jika tercampur inhibitor  kimia maupun secara fisik.

Setelah kita mengetahui faktor internal memberi pengaruh proses perkecambahan, faktor eksternal ikut berperan penting.

Ringkasan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan eksternal seperti air, suhu, oksigen, cahaya hingga dukungan media.

Air yang cukup

Faktor lingkungan yang mengawali proses perkecambahan yaitu air yang cukup berfungsi menghilangkan inhibitor penganggu perkecambahan. Manfaat dari air pada perkembangan sebagai pengurai karbohidrat yang terdapat pada kotiledon biji sebagai dukungan embrio tetap bertumbuh.

Oleh karena itu, budidaya tanaman perkecambahan oleh petani sering memakai takaran air sebelum merendam benih di suatu area.

Suhu sesuai

Faktor lingkungan sekitar ikut mempengaruhi proses perkecambahan adalah suhu. Suhu yang ideal dan sesuai untuk benih menjadi embrio sekitar 26-35 derajat Celsius atau seperti suhu ruangan.

Oksigen sesuai

Kadar oksigen dari lingkungan menjadi faktor penting benih menjadi embrio lebih maksimal. Kadar oksigen yang sesuai memulai proses perkecambahan sekitar lebih dari 29 persen .

Kebutuhan cahaya

Kebutuhan cahaya dalam proses perkembangan biak perkecambahan bergantung menurut benih masing-masing. Cahaya tetap diperlukan namun takaran insinsitasnya menyesuaikan jenis benih. Misalnya, ada benih yang butuh cahaya sangat banyak, ada benih yang butuh cahaya sekedarnya atau benih yang bisa berkecambah lebih cepat dalam ruangan gelap tanpa cahaya.

Media

Pengaruh media dalam keberhasilan perkecambahan memiliki peranan penting. Benih yang berkembang menjadi embrio dipengaruhi media yang sesuai seperti gembur dan bebas penyakit.

Faktor lingkungan yang mengawali proses perkecambahan sedikitnya ada 9 faktor, fisiologis, bibit, lingkungan, faktor penghambatan, air, suhu, oksigen, cahaya dan media.

Demikian tulisan tentang faktor lingkungan yang mengawali proses perkecambahan agar berhasil, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar