Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 19 September 2020

Fakta Menyebabkan Kucing Tidak Mau Makan

Kredit foto: Pexels.com

Punya hewan peliharaan perlu perhatian dan tanggung jawab pemilik menjaga kucing tetap sehat. Ketika kita mempersiapkan kebutuhan dasar mereka, mulai dari kandang, mainan, sampo, sampai ke makanan berkualitas tinggi, di luar hal tersebut kebersihan dan kesehatan menjadi perhatian yang penting bagi kucing.

Situasi tak terduga saat kita tahu perilaku kucing tidak mau makan, bisa membuat pusing sebagian pemilik. Semua tahu fungsi makanan untuk makhluk hidup dipakai menunjang kebutuhan kalori, nutrisi hingga gizi yang diperlukan tubuh. 

Sama seperti kucing secara tiba-tiba menolak mau makan, ada beberapa fakta yang perlu kita ketahui agar tidak terulang lagi.

4 Fakta Menyebabkan Kucing Tidak Mau Makan


1. Mulai bosan dengan makanan yang tidak pernah berubah


Menu makanan yang disajikan menjadi faktor yang paling besar menyumbang rasa tertarik untuk mengkonsumsi. Sama seperti dengan kucing, hewan berkaki 4 memiliki keinginan mirip seperti manusia, yakni bisa bosan jika asupan makanan tidak pernah berubah.

Sumber makanan untuk kucing berdasarkan sejarah dan genetik, terdiri dari daging dan sumber hewani sebagai makanan pokok mereka. 

Jenis makanan untuk kucing yang dijual dalam merk dan produk khusus hewan, terbagi pada 2 jenis, yakni makanan kering atau makanan basah.

Tak ada salahnya sebelum kucing menunjukkan perilaku menolak makan, kita memperkenalkan variasi makanan yang cocok sebagai konsumsi mereka lebih awal sehingga tidak membuat kaget jika diberikan secara bergantian.

Solusi mencegah kucing tidak mau makan dengan jenis makanan hewan yang tersedia lengkap, kita bisa mencampurkan menurut petunjuk pemakaian yang tertera dalam kemasan.

Cara lain mencegah penyebab kucing menolak makan yang diberikan untuk mereka, bisa juga membuat makanan di rumah dengan bahan berkualitas untuk mereka. Misalnya menggunakan campuran bahan dari daging ayam, tuna, makarel dan jenis ikan yang baik untuk kesehatan kucing.

2. Sedang sakit


Kucing salah satu hewan yang mudah mengalami sakit jika aktivitas bermain kurang pengawasan. Ras kucing rumahan cenderung lebih rentan sakit dibanding kucing liar yang hidup bebas di luar rumah.

Usaha kita memberi makanan terbaik untuk mereka, sering tidak membawa manfaat sama sekali membuat kucing makan. 

Solusi yang bisa kita lakukan dalam jangka pendek untuk kucing yang tidak mau makan, bisa mencoba memberi vitamin. Untuk menemukan jenis vitamin cocok dikonsumsi mereka, bisa bertanya langsung ke Petshop, puskeswan, klinik hewan atau rumah sakit hewan karena tidak semua kucing memerlukan dosis sama.

Kemungkinan lain bisa membuat kucing tiba-tiba menolak makan, bisa juga karena sakit pada organ mulut. 

Beberapa ciri-ciri penyakit mulut dan tenggorokan kucing, diantaranya menimbulkan bau tak sedap saat kita dekati.

Gejala kucing sakit sebagian memperlihatkan tanda lain seperti:
  1. kucing malas bergerak dan senang berdiam diri
  2. tampak lesu dan tidak berdaya
  3. menolak makanan yang tersedia
  4. dan gejala lain yang bisa muncul

Agar kesehatan kucing terpelihara dengan baik, sebaiknya membawa mereka ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa secara medis.

3. Sedang stres


Siapa menyangka bahwa kucing bisa stres juga, namun fakta hewan menjadi stres bisa terjadi karena faktor eksternal seperti lingkungan yang berubah menjadi tidak nyaman, aman dan menyenangkan mereka. Mereka dapat menjadi stres juga saat cara perlakuan yang didapat dari majikan, berbeda dengan waktu sebelumnya.

Cobalah membawa kucing ke suasana baru yang lebih tenang, misalnya ke taman atau mengajak mereka bermain dengan mainan yang kita miliki.

4. Memasuki masa panas


Kemungkinan lainnya penyebab kucing menolak makan, bisa terjadi karena sirklus masa panas. Kucing memiliki periode tertentu membuat mereka mengalami perubahan metabolisme tubuh dalam musim kawin.

Solusi mencegah penyebab kucing tidak mau makan akibat masa panas, konsultasikan dengan dokter hewan terdekat, kapan waktu tepat memberi kastrasi dan kebiri.

Ada banyak fakta menyebabkan kucing tidak mau makan, selain 4 penyebab tadi berikut solusinya, namun tidak membuat mereka menyukai makanan yang diberikan, sebaiknya ke dokter hewan terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar