Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 23 September 2020

Dari Pola Hidup Tidak Sehat, 7 Tanda Kolesterol Jarang Disadari

Perubahan teknologi semakin memudahkan manusia mencapai suatu tujuan, tidak jarang pengaruh buruk dari teknologi yang terus berkembang bisa membuat individu mengalami perubahan pola hidup menjadi tidak sehat. 

Ada banyak contoh dari pola hidup manusia sebelum sehat menjadi tidak sehat, seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan serba instan, bahkan tidak jarang asupan yang dipilih jenis Junk Food.

Pengaruh dari perubahan kebiasaan manusia semakin cepat, tidak jarang membuat seseorang menjadi jarang olahraga dan melatih fisik dengan mandiri sekedar jalan.

Tingkat kesibukan yang semakin menyita waktu termasuk salah satu contoh membuat tubuh menjadi kurang istirahat dan menjadi stres.

Kredit foto Pexels.com


Dari Pola Hidup Tidak Sehat, 7 Tanda Kolesterol Jarang Disadari


Meningkatnya kolesterol dalam tubuh sering tidak disadari banyak orang karena kesibukan dan aktivitas sangat padat. Tubuh dengan kolesterol sesuai ahli gizi, sebenarnya tidak mempengaruhi kesehatan jika dalam batas normal.

Manfaat kolesterol dalam tubuh dalam batas normal, berfungsi untuk senyawa lemak kompleks dalam kegunaan masing-masing.

Misalnya manfaat kolesterol bisa meningkatkan produksi hormon pasangan telah menikah, kegunaan lainnya mempercepat produksi hormon korteks adrenalin, menjaga asupan vitamin D, menghasilkan garam empedu supaya usus mudah menyerap lemak, menjaga sel jaringan tubuh hingga meningkatkan kemampuan kognitif otak.

Namun kadar kolesterol yang meningkat hingga di luar batas normal, berubah menjadi bahaya pada aliran darah tidak lancar.

Pengaruh buruk kolesterol tubuh berlebihan, membuat reaksi tambahan dalam tubuh sehingga meningkatkan resiko pengendapan di pembuluh darah arteri.

Resiko yang dikhawatirkan pada tubuh dengan kolesterol tinggi, misalnya penurunan kesehatan organ tubuh dan menimbulkan serangan jantung.

Melansir Health Line, tingginya kandungan kolesterol dalam tubuh, tidak sekedar bermasalah untuk kesehatan jantung, beberapa jenis penyakit lainnya disebabkan dari tinggi kandungan kolesterol seperti jantung koroner, penyakit stroke hingga peredaran aliran darah yang tidak maksimal.

Batas standar kolesterol tubuh manusia


Dilansir situs resmi Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI, ternyata kolesterol yang normal untuk manusia berkisar pada <200 mg/dL. Pengukuran batas <200 mg/dL untuk orang dewasa.

Saat kita memeriksa kadar kolesterol dan melihat hasil laporan laboratorium secara keseluruhan, gabungan kolesterol baik, kolesterol jahat dan trigliserida di batas 200 - 239 mg/dL, dapat dikategorikan dalam golongan agak tinggi kadar kolesterol. Jika hasil pemeriksaan kadar kolesterol lebih dari 249 mg/ dL, maka termasuk dengan kelompok kolesterol tinggi.

Dengan membandingkan tingkat kandungan kolesterol tubuh, kita bisa lebih tenang jika hasil pemeriksaan masih di batas normal. Namun hasil pemeriksaan kadar kolesterol di atas rata-rata hingga masuk kelompok kolesterol tinggi, disarankan konsultasi dengan dokter kesehatan terdekat.
Dokter kesehatan akan memberi saran dan masukan yang terbaik untuk pencegahan dan menurunkan kadar kolesterol.


Cara menurunkan kadar kolesterol tinggi


Menjaga tubuh sehat sangat penting agar kita terhindar dari penyakit. Sama seperti kolesterol jika berlebihan, cara menurunkan kolesterol tinggi bisa dimulai dengan perubahan pola makan dan kebiasaan lebih baik.

Dilansir Mayo Clinic,  cara menurunkan kadar kolesterol tinggi tetap membutuhkan bantuan medis dari dokter kesehatan agar tetap terkendali dan bisa menurun perlahan-lahan.

5 Cara menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dari pola kebiasaan lebih sehat
  1. Mulai memilih jenis makanan menyehatkan jantung
  2. Rajin olahraga menurut saran dokter kesehatan
  3. Berhenti merokok
  4. Menerapkan pola makan seimbang 
  5. Hindari minuman alkohol

1.Mulai memilih jenis makanan menyehatkan jantung

Salah satu faktor yang mempengaruhi kadar kolesterol menjadi tinggi adalah konsumsi makanan sembarangan. 

Untuk menjaga kandungan kolesterol menjadi turun, cara menurunkan kadar kolesterol dengan pemilihan jenis makanan sangat penting sehingga kesehatan jantung semakin optimal.

Jenis makanan kurang baik untuk kesehatan jantung, seperti asupan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Beberapa dari menu makanan yang terdapat lemak jenuh tinggi seperti dalam daging merah hingga produk yang menggunakan lemak penuh.

Selain menghindari makanan kurang baik bagi kesehatan jantung, beralihnya menggunakan makanan sehat untuk jantung sangat baik. Jenis makanan yang baik untuk jantung, terdapat pada makanan yang kaya serat, seperti oatmeal, kacang merah, apel hingga pir.

2.Rajin olahraga menurut saran dokter kesehatan

Cara menurunkan kolesterol tinggi diimbangi dengan olahraga menurut saran dokter. Dengan mulai olahraga secara rutin, tubuh dengan organ lainnya dilatih menekan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

Untuk mendapat cara efektif menurunkan kolesterol tinggi, tanyakan olahraga yang cocok dan waktu yang diperlukan dilakukan.

Umumnya jenis olahraga yang bisa menurunkan kolesterol tinggi seperti olahraga sepeda, jalan cepat setelah jam makan siang sekitar 30 menit dalam 1 minggu.

3.Berhenti merokok

Rokok mengandung banyak zat yang kurang baik untuk tubuh. Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol jahat jika seseorang merokok adalah berhenti total.

Kebiasaan berubah menjadi semakin sehat, tubuh berhenti untuk 20 menit bisa membuat aliran darah dan detak jantung lebih sehat.

Kebiasaan tidak merokok yang dilakukan orang yang berubah selama 3 bulan, peningkatan yang terasa adalah membaiknya organ paru-paru semakin sehat.

4.Menerapkan pola makan seimbang

Mengubah pola makan ke arah sehat perlu didukung cara mengonsumsinya secara seimbang. Nutrisi, gizi hingga mineral yang didapat dari makanan perlu disesuaikan menurun kebutuhan tubuh sehari-hari.

Jika ingin menurunkan kadar kolesterol yang baik, caranya berkonsultasi langsung dengan ahli gizi sehingga asupan kalori, gizi hingga nutrisi terjaga dengan baik.

5.Hindari minuman alkohol

Cara menurunkan kadar kolesterol yang tinggi bisa dengan mengubah kebiasaan yang kurang baik seorang terbiasa minum minuman beralkohol, dapat mempengaruhi kadar kolesterol sulit turun. Gangguan kesehatan yang timbul pada minuman alkohol yang berlebihan, bisa mengundang tekanan darah tinggi, gagal jantung hingga penyakit stroke.

7 Tanda Kolesterol Jarang Disadari


Faktor tanda kolesterol mulai tinggi punya gejala yang tidak berlangsung secara pasti dalam tubuh manusia. Namun beberapa tanda kolesterol dianggap lewat batas normal, memiliki kemiripan dan gejala yang perlu disadari, seperti:
  1. Nyeri dada
  2. Difungsi organ pria
  3. Gampang cape dan kaki sering nyeri
  4. kulit muncul warna kekuningan
  5. Cepat mengantuk di waktu yang tidak tepat
  6. Tengkuk pegal
  7. Timbul benjolan pada urat

1. Nyeri dada

Dilansir Mayo Clinic, nyeri dada bisa terjadi saat kadar kolesterol sangat tinggi. Penyebab nyeri dada dialami seseorang jika ada penumpukan plak di area pembuluh darah jantung sehingga aliran darah tidak langsung dialirkan ke seluruh tubuh dan dibawa ke jantung. Penyakit yang bisa terjadi dari nyeri dada, diantaranya penyakit jantung koroner.

2. Difungsi organ pria

Dilansir Medical News Today, gangguan kemampuan pria bisa akibat kolesterol tinggi. Biasanya istilah difungsi organ pria tersebut adalah sulitnya bertahan dibanding waktu keadaan sehat. 

3. Gampang cape dan kaki sering nyeri

Seorang yang terindikasi kolesterol tinggi sering tidak disadari karena faktor penyebab jarang memeriksa kesehatan ke dokter. Namun tanda yang sering dialami sebagian individu, yakni keadaan mereka mudah cape dan lelah dibanding sebelumnya.

Meningkatnya faktor kelelahan pada diri seseorang akibat kadar kolesterol tinggi karena penumpukan plak pada pembuluh darah membuat aliran darah semakin sulit mengalir.

4. kulit muncul warna kekuningan

Perubahan kulit dengan warna kekuningan bisa terjadi banyak faktor penyebab, salah satunya jika penumpukan plak terjadi dalam jaringan tubuh yang terdapat dalam kulit dan urat. Tanda yang terlihat dari penumpukan tersebut, munculnya bengkak dengan warna kekuningan. Perubahan warna menjadi kekuningan bisa juga di bawah kelopak mata.

5. Cepat mengantuk di waktu yang tidak tepat

Kebiasaan sering mengantuk sering dihubungkan dengan kolesterol tinggi karena dugaan aliran darah yang mengalir dalam tubuh tidak mencapai jantung dan cenderung menurun. Selain itu, banyak faktor penyebab lain membuat seorang mudah mengantuk membutuhkan pemeriksaan medis.

6. Tengkuk pegal

Gangguan pegal di bagian tengkuk memerlukan pemeriksaan dokter kesehatan jika terjadi terlalu sering. Seseorang yang mengalami tengkuk nyeri, bisa kaitkan dengan kolesterol tinggi jika penumpukan plak terjadi di leher.

7. Timbul benjolan pada urat

Salah satu ciri-ciri dari tanda kolesterol tinggi dapat dikaitkan dengan benjolan yang muncul tiba-tiba. Sebagian dari masalah benjolan permukaan kulit, rata-rata pengaruh genetik terdapat pada urat sekitar buku jari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar