Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 07 September 2020

Ciri Kucing Persia

Kucing merupakan ras hewan di dunia yang termasuk makhluk hidup tertua yang pernah ada. Ketika manusia merawat mereka karena karakter dan ciri yang dimiliki hewan cantik ini, hobi ini terus meningkat di tengah kalangan pecinta kucing. 

Ilustrasi foto: Pixabay.com



Salah satu ras kucing cukup populer yang sering kita dengar, kucing Persia.

Ciri kucing Persia nampak anggun dengan keunikan bulu halus yang panjang. Hewan berkaki 4 dari Mesopotamia yang dikenal sebagai Persia atau Iran di jaman modern, diyakini sebagai ras murni yang berkembang biak secara alamiah dalam mutasi gen.

Bentuk wajah dan bulu hewan yang terdapat dalam ciri kucing Persia, sudah menarik perhatian masyarakat jaman tersebut hingga bangsawan Italia di abad ke-17. 

Bersama penjelajah dunia, Pietro Della Valle sosok yang tertarik dengan kucing bulu panjang dilihatnya, tahun 1626 membawa kucing Persia ke Eropa.

Ciri kucing Persia pertama kali yang datang ke Eropa saat itu diungkapkan memiliki karakter bulu panjang warna keabu-abuan dengan kilau mengkilap dan halus. Karakter ras Persia jaman modern seperti sekarang, rata-rata makin variatif dari pengembangbiakan secara selektif, sehingga muncul pilihan warna bulu lain seperti bicolor.

Bacaan Kucing Persia terkait lainnya:


Ciri kesehatan umum kucing Persia


Cara merawat kucing Persia agar mereka tetap sehat dan nyaman dalam kesejahteraan menjadi kebutuhan penting bagi ras murni. Meski ciri kesehatan secara umum kucing Persia dengan kucing domestik campuran atau yang sering disebut kucing Persia Mixdome ada kemungkinan gangguan kesehatan secara personal, rata-rata faktor pengaruhnya dari genetik.

Ciri kesehatan kucing Persia yang sering muncul dikaitkan struktur wajah yang kurang proposional, yakni penyempitan maloklusi gigi, sulit bernapas, bentuk gigi kurang menyatu secara sempurna, peka dengan suhu panas, infeksi jamur, kulit kemerahan, hingga bulu rontok.

Cara merawat kucing Persia


Antisipasi kemungkinan timbul gangguan kesehatan yang menjadi ciri kucing Persia, pemilik hewan perlu melakukan perawatan harian secara teratur. 

Misalnya, bulu kucing Persia yang panjang dan halus saat kurang diperhatikan, sangat mudah kusut sehingga menjadi mengumpal.

Perawatan bulu kucing Persia agar tetap sehat dan terhindar dari kusut, selain memandikan mereka dengan sampo khusus kucing minimal sebulan 1 kali, cara lain dalam perawatan harian adalah menyisir untuk menjaga kebersihan bulu.

Faktor lain menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kucing Persia, kotoran berupa pup yang tertinggal di litter box atau kotak penampungan perlu dibersihkan agar mereka tetap menggunakan dengan nyaman.

Ciri karakter kucing Persia


Diluar dari cara merawat kucing Persia untuk kebersihan mereka, hewan peliharaan ini memiliki sifat yang menjadi ciri khas sebagai kucing Persia.

Ciri kucing Persia

  • jenis kucing rumahan
  • memiliki ciri sifat ramah
  • bulu Persia mudah kusut dan kotor ketika dibiarkan bermain di luar
  • penampilan kepala kucing Persia sangat khas, yakni kepala besar bulat, bentuk mata besar membulat, hidung pendek dan pesek, pipi berisi penuh, hingga telinga kecil bulat dibagian ujung.

Diluar ciri-ciri kucing Persia murni yang disebutkan tadi, ketika Anda memelihara mereka, sifatnya sangat mengemaskan dan berwibawa. Ras kucing asal Persia yang pendiam dan jarang beraktivitas penuh dibanding dengan kucing lain, membuat mereka tampil anggun dan cenderung santai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar